Buah-Buahan

12 Khasiat Buah Leci untuk Kesehatan

Buah leci atau lici yang memiliki rasa manis dan sangat harum ini sudah banyak kita jumpai di berbagai macam produk olahan. Mulai dari sirup leci, jus leci, es leci hingga jelly leci. Buah leci berasal dari China, namun saat ini sudah ditemukan di sebagian besar negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini masih termasuk dalam keluarga buah Sapindaceae yang memiliki nama ilmiah Litchi chinensis. Pohon leci biasa tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis.

Leci memiliki kulit yang kasar, sedangkan daging buahnya berwarna putih dan lembut. Leci merupakan buah yang tergolong kecil tetapi mengandung nutrisi-nutrisi yang sehat bagi tubuh. Oleh karenanya, buah leci ini sering dianggap sebagai buah eksotis yang memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat buah leci bagi kesehatan.

Manfaat Buah Leci

1. Memperkuat Imunitas

Leci merupakan sumber vitamin C dan mengandung 71,5 mg per 100 g porsi. Tingginya jumlah vitamin C yang terkandung di dalam buah leci, terbukti dapat menjadi antioksidan yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Leci meningkatkan kekebalan untuk melindungi tubuh dari penyakit umum seperti batuk, pilek dan flu. Vitamin C juga melindungi dari infeksi. Buah ini sangat dianjurkan bagi anak-anak yang sangat rentan terhadap infeksi dan dingin.

2. Perlindungan Terhadap Radikal Bebas

Selain menjadi antioksidan, leci juga mengandung vitamin B-kompleks dan flavonoid phytonutrient. Antioksidan dan flavonoid phytonutrient merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

Antioksidan diperlukan untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif, yaitu stres tinggi yang disebabkan karena polusi dan radiasi sinar UV. Proses ini menciptakan radikal bebas dari molekul oksigen. Radikal bebas merusak sel normal DNA dan mengubah fungsi sel-sel untuk membentuk sel-sel kanker.

Antioksidan inilah yang akan menetralkan radikal bebas dan bertindak sebagai pelindung sel dari kerusakan. Disamping itu, leci juga dapat mengurangi peradangan dan penyakit degeneratif seperti arthritis akibat radikal bebas.

3. Meningkatkan Metabolisme

Leci juga mengandung serat dan vitamin B-kompleks yang meningkatkan metabolisme. Metabolisme diperlukan untuk mengasimilasi, menyerap dan membuang kelebihan gizi dari tubuh kita yang terdiri dari lemak, protein, gula dan karbohidrat.

Orang yang menderita resistensi insulin karena metabolisme yang buruk harus mengkonsumsi makanan seperti leci yang kaya akan antioksidan dan flavonoid. Karena kandungan gulanya tinggi, leci tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.

4. Membantu Merawat Kulit

Kulit kita menanggung beban penuaan, polusi, paparan sinar UV yang berbahaya, stres dan gangguan terkait gaya hidup lainnya. Vitamin C dan kadar air yang tinggi dalam leci merupakan perpaduan ideal untuk menunda penuaan dini. Perpaduan kedua unsur ini akan menjaga kulit dari keriput dan garis-garis halus.

5. Mengatur Tekanan Darah

Serat yang tinggi dan vitamin C pada leci akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, serta kalium yang terkandung pada leci berfungsi mengatur detak jantung yang akan berpengaruh pada kesehatan jantung secara keseluruhan.

Leci juga dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah. Dengan demikian, leci dapat meningkatkan aliran darah ke jantung dan mengurangi risiko serangan jantung, stroke dan hipertensi.

6. Membantu Pencernaan dan Kesehatan Usus

Serat, pektin dan air di dalam leci akan membantu gerakan usus yang sehat. Selain itu leci juga bermanfaat untuk mencegah sembelit, kanker usus besar dan ambeien.

7. Menjaga Berat Badan dan Cairan Tubuh

Leci juga mengandung kalium yang diperlukan tubuh untuk mempertahankan tingkat natrium. Serta kalium tinggi dalam leci juga diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh. Menjaga berat badan sangat penting bagi tubuh kita. Tetapi yang lebih penting adalah cara dan sarana yang kita gunakan.

Terkadang diet yang sering dilakukan kurang memperhatikan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga tubuh akan kekurangan nutrisi atau bahkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh hilang jika kita salah mengkonsumsi makanan untuk diet.

8. Memperkuat Pembuluh Darah

Leci adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi, terutama polifenol. Leci termasuk buah yang paling kaya polifenol diantara buah-buahan yang lain. Polifenol ini dikenal dapat memperkuat pembuluh darah. Hal ini dapat melindungi tubuh dari timbulnya varises, wasir, dan memar.

9. Antivirus

Proanthocyanidins di dalam leci memiliki kemampuan antivirus. Hal ini akan bermanfaat untuk mencegah penyebaran atau wabah virus, termasuk coxsackie virus dan herpes simplex virus.

10. Mencegah Penyakit Kanker

Leci mengandung flavonoid dan quercitin. Flavonoid bermanfaat untuk membantu melawan penyakit mematikan seperti kanker. Selain itu quercitin dalam leci juga ampuh mengurangi poliferasi sel kanker.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi buah leci secara teratur dapat membuat tulang Anda kuat. Buah leci mengandung senyawa penting yang diperlukan oleh  tulang, seperti magnesium, fosfor, mangan, tembaga, dan zat besi. Senyawa-senyawa tersebut dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang, sehingga tulang menjadi kuat dan sehat.

12. Mencegah Anemia

Buah leci juga memiliki kandungan tembaga yang membantu meningkatkan jumlah RBC dalam darah. Kita semua tahu bahwa anemia terjadi karena penurunan kadar hemoglobin. Hal ini dapat dihindari dengan mengkonsumsi buah leci.


Efek Samping Mengkonsumsi Buah Leci

Leci merupakan buah-buahan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes atau memiliki keturunan diabetes, maka mengkonsumsi leci sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu bagi mereka yang sensitif terhadap makanan, agar berhati-hati dikarenakan dalam beberapa kasus, leci juga dapat menyebabkan alergi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa beras buah leci memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah leci untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Khasiat Beras Merah serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat buah leci :

  • wiki-fitness.com/lychee-fruit-health-benefits/
  • id.wikipedia.org/wiki/Lici
  • www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-litchis/
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.