Buah-Buahan

12 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Buah Zuriat, yang juga dikenal sebagai buah Ziziphus atau buah Sidr atau buah Doum, adalah buah yang berasal dari pohon Ziziphus spina-christi yang tumbuh luas di wilayah Timur Tengah, termasuk Arab Saudi. Buah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan dianggap memiliki berbagai manfaat kesehatan. Dalam artikel ini, Khasiatsehat.com akan menjelaskan tentang berbagai manfaat buah Zuriat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Zuriat

Buah Zuriat memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan digunakan dalam berbagai konteks. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah Zuriat:

  1. Sebagai Sumber Nutrisi

Buah Zuriat mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, serat, dan senyawa bioaktif. Nutrisi ini memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai contoh, buah Zuriat mengandung vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, fosfor, dan serat.

  1. Antioksidan Alami

Buah Zuriat mengandung antioksidan alami seperti vitamin C, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan adalah senyawa yang membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan mengurangi risiko perkembangan penyakit kronis.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah Zuriat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini adalah pertahanan alami tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Karena seperti yang diketahui, meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah kunci untuk menjaga kesehatan yang baik.

  1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah Zuriat mengandung serat diet, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatur gerakan usus, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

  1. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Minyak yang diekstrak dari buah Zuriat sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena memiliki sifat anti-inflamasi dan pelembab. Khasiat minyak Zuriat dapat membantu meredakan iritasi kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan mengurangi masalah kulit seperti jerawat.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah Zuriat memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga penglihatan yang baik dan mencegah masalah mata terkait kekurangan vitamin A.

  1. Sebagai Efek Penenang

Beberapa varietas Zuriat memiliki sifat penenang alami dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi kecemasan dan gangguan tidur. Beberapa orang menggunakan minyak Zuriat atau ekstraknya sebagai bahan dalam ramuan penenang alami.

  1. Sebagai Sumber Energi

Buah Zuriat mengandung karbohidrat yang memberikan energi bertahap. Ini berarti bahwa dengan makan buah Zuriat dapat memberikan dorongan energi yang tahan lama, serta membantu menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, baik buah, daun, atau akar dari pohon Zuriat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare, dan masalah saluran kemih. Zuriat sering digunakan sebagai bahan dalam ramuan tradisional yang digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan saluran kemih.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian awal menunjukkan bahwa senyawa bioaktif dalam buah Zuriat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini termasuk potensi untuk mengurangi tekanan darah dan mendukung kesehatan kardiovaskular.

  1. Sebagai Pengobatan Alternatif

Di beberapa budaya, baik buah Zuriat maupun berbagai bagian pohonnya (seperti daun atau akarnya) telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai pengobatan alami untuk berbagai kondisi kesehatan. Hal ini termasuk demam, batuk, penyakit jantung, dan bahkan diabetes. Meskipun manfaat zuriat ini telah digunakan secara tradisional, perlu penelitian lebih lanjut dan bukti ilmiah yang kuat untuk mengkonfirmasi efikasi pengobatan ini.

  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Manfaat minyak Zuriat juga dapat digunakan dalam perawatan rambut tradisional. Minyak ini dianggap baik untuk rambut karena dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe dan menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

Hal yang perlu diperhatikan

Penting untuk diingat bahwa meskipun buah Zuriat memiliki banyak manfaat kesehatan, reaksi individu terhadap makanan atau pengobatan dapat bervariasi. Konsultasi dengan profesional medis atau seorang ahli kesehatan sebelum konsumsi buah Zuriat merupakan langkah yang bijak, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Selain itu, pastikan bahwa buah Zuriat yang Anda konsumsi berasal dari sumber yang terpercaya dan aman.

Referensi

https://akg.fkm.ui.ac.id/apa-itu-buah-zuriat/ – diakses pada 6 November 2023
https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-buah-zuriat?page=all – diakses pada 6 November 2023
https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/manfaat-buah-zuriat – diakses pada 6 November 2023
Ringkasan
Judul Artikel
12 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan
Deskripsi
Buah Zuriat, dikenal sebagai buah Ziziphus atau buah Sidr ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah zuriat untuk kesehatan
Penulis
Share

Recent Posts

5 Manfaat Buah Jatake untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Buah jatake, atau yang juga dikenal sebagai gandaria, adalah buah tropis asli Asia Tenggara. Buah…

7 Manfaat Telur Ayam untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Telur ayam adalah salah satu bahan makanan paling serbaguna di dunia. Telur dapat dimasak dengan…

6 Manfaat Buah Kokosan untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Kokosan, si manis berwarna putih dengan kulit keras ini, adalah salah satu buah tropis yang…

9 Manfaat Buah Lerak: Si Hitam Ajaib dengan Banyak Kegunaan

Lerak, atau rerek, merupakan tanaman perdu yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman ini…

Buah Senna: Pencahar Alami Kaya Manfaat

Buah senna, yang juga dikenal sebagai Cassia angustifolia, adalah tanaman herbal yang telah lama digunakan…

Manfaat Tempe: Makanan Tradisional Kaya Akan Gizi

Tempe merupakan makanan fermentasi khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai. Proses fermentasi ini menghasilkan…