Buah-Buahan

12 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang paling terkenal di seluruh dunia. Meskipun terdapat banyak jenis pisang di muka bumi ini (kurang lebih 1000 macam), pisang ambon adalah jenis pisang yang paling umum dikonsumsi banyak masyarakat di Negara Indonesia. Untuk selengkapnya mari simak artikel mengenai manfaat pisang ambon untuk kesehatan berikut ini.

Kandungan gizi pisang ambon

Dilansir dari nilaigizi, dalam satu buah pisang ambon dengan sajian per 100 gram mengandung sejumlah nutrisi sebagai berikut:

  • Vitamin C 9 mg
  • Vitamin B1 0,05 mg
  • Vitamin B2 0,11 mg
  • Vitamin B3 0,10 mg
  • Serat pangan 1,9 gram
  • Kalisum 20 mg
  • Fosfor 30 mg
  • Tembaga 200 mcg
  • Dan beberapa mikro nutrisi lainnya

Adanya berbagai kandungan nutrisi dalam buah pisang ambon tersebut, tak mengherankan jika buah ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Pisang Ambon

Tak heran jika banyak masyarakat yang menyukai buah pisang ambon, selain memiliki rasa yang enak, jenis pisang ini juga dapat memberikan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Simak manfaat pisang ambon untuk kesehatan berikut ini:

1. Menjaga kadar gula darah tetap terkontrol

Manfaat pisang ambon yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan kandungan pektin, yaitu sejenis serat yang dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah setelah makan dan mencegah keinginan makan berlebih.

Buah pisang ambon juga memiliki indeks glikemik rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sehat. Meskipun demikian, bagi penderita diabetes tipe 2 sebaiknya menghindari konsumsi buah pisang yang terlalu masak karena memiliki kandungan gula yang lebih tinggi.

Baca juga: Cara menurunkan gula darah tinggi

2. Membantu menjaga berat badan ideal

Kandungan rendah kalori yang terdapat pada buah pisang ambon dipercaya dapat membantu menjaga berat badan agar tetap terkontrol. Meskipun hanya mengandung sedikit kalori, sekitar 100 kalori per sajian, namun buah ini kaya akan nutrisi dan cukup membuat perut Anda terasa lebih kenyang.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan, konsumsi rutin pisang ambon dapat menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena asupan serat dari buah terbukti membantu menurunkan berat badan lebih cepat dengan cara membantu menekan nafsu makan agar terhindari dari makan berlebih.

Baca juga: Buah-buahan penurun berat badan

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu kandungan pada pisang, yaitu kalium (potasium), berperan penting untuk menunjang kesehatan jantung, terutama dalam mengontrol tekanan darah. Asupan makanan tinggi kalium seperti pisang terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menekan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Buah-buahan penurun tekanan darah

4. Mengatasi depresi dan mencegah stres

Manfaat buah pisang ambon selanjutnya yaitu dapat membantu untuk mengatasi depresi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan tryptophan yang kemudian diubah menjadi serotonin. Dengan begitu, neurotransmitter di otak akan membuat suasana hati menjadi lebih rileks dan tenang.

Selain itu, vitamin B yang terkandung dalam pisang ambon juga dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Sehingga, Anda pun dapat terhindar dari gejala stres dan depresi.

5. Meningkatkan stamina tubuh

Pisang jenis ambon juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh, terutama saat berolahraga. Hal ini didukung beberapa penelitian yang telah dilakukan, yang menunjukkan bahwa pisang dapat menjadi sumber utama dalam menggantikan elektrolik dalam tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Selain itu, khasiat pisang ambon juga dapat memberikan manfaat yang lebih besar jika dibandingkan dengan konsumsi minuman energi biasa. Hal ini karena berbagai kandungan gizi alami yang dimiliki buah ini seperti serat, vitamin B6, kalium, dan karbohidrat yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh Anda.

6. Mengurangi risiko kanker

Manfaat pisang ambon dapat membantu mengurangi risiko kanker. Hal ini ditunjukkan melalui beberapa studi yang menyebutkan bahwa dengan konsumsi buah pisang secara teratur sekitar 4 hingga 6 buah pisang dalam seminggu dapat mencegah penyakit kanker ginjal hingga lima puluh persen.

7. Baik untuk kesehatan pencernaan

Khasiat buah pisang ambon baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini karena terdapat pati tahan cerna (resistant starch) yang terkandung di dalamnya. Dimana pati tahan cerna merupakan bagian dari pati yang resisten terhadap hidrolisis enzim pencernaan amilase yang membuatnya sulit dicerna di dalam usus halus.

Di dalam usus besar, fraksi pati ini kemudian akan difermentasi oleh bakteri usus yang menghasilkan pembentukan asam lemak rantai pendek yang disebut dengan asam butirat atau asam butanoat. Dimana butirat ini berperan penting untuk menjaga kesehatan usus.

8. Meningkatkan kepadatan tulang

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa pisang ambon kaya akan mineral, salah satunya mineral tembaga. Dimana mineral ini dibutuhkan dalam pembentukan kolagen yang akan mempercepat penyerapan zat besi dan meningkatkan energi. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari penyakit yang terkait dengan kesehatan tulang seperti pengeroposan tulang atau osteoporosis.

9. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh adalah proses dimana tubuh mengolah makanan dan minuman yang masuk menjadi sumber energi. Selama proses ini, kandungan mangan dalam pisang ambon berperan penting dalam membantu penyerapan berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B, vitamin E, dan magnesium agar terserap secara optimal.

10. Obat maag alami

Jika Anda mengidap sakit maag, konsumsi pisang ambon mungkin dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi sakit maag. Pasalnya pisang mengandung senyawa kimia yang disebut dengan sitoindosides. Senyawa ini mempromosikan sekresi lendir di saluran pencernaan yang bertindak sebagai lapisan pelindung guna mencegah asam lambung merusak lapisan mukosa lambung.

11. Menjaga kesehatan kulit

Pisang ambon diketahui memiliki kandungan air yang tinggi, sebanyak 75% buah pisang terdiri atas air. Seperti yang telah diketahui bahwa konsumsi makanan yang tinggi kandungan air mampu membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membantu meremajakan kulit.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah pisang juga dapat diolah menjadi masker wajah alami. Manfaat pisang ambon untuk kecantikan ini dipercaya dapat membuat wajah Anda lebih sehat dan terlihat lebih cerah berseri berkat kandungan vitamin A di dalamnya, yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Baca juga: Manfaat kulit pisang untuk kecantikan kulit

12. Membantu mengatasi kram otot

Salah satu penyebab utama kram otot adalah dikarenakan kurangnya mineral dalam tubuh. Terkait hal ini pisang ambon memiliki banyak kandungan mineral seperti potasium, kalsium, dan magnesium yang berperan penting dalam mengatasi kram otot.

Efek samping pisang ambon jika dikonsumsi terlalu banyak

Konsumsi buah buahan memanglah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun segala sesuatu bila dikonsumsi secara berlebihan pun dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Tak terkecuali konsumsi buah pisang ambon yang berlebihan.

Salah satu efek samping pisang ambon yaitu dapat membuat Anda mudah mengantuk. Hal ini karena adanya kandungan triptofan dalam buah ini yang dapat memicu sertonin. Dimana senyawa ini dapat merangsang otak menjadi lebih rileks sehingga membuat Anda menjadi lebih merasa ngantuk.

Selain itu, rasa manis pada buah pisang sejalan dengan kadar gula di dalamnya. Oleh karena itu, hindari konsumsi buah ini secara berlebihan terutama ketika buah ini sudah terlalu masak.

Ringkasan
Judul Artikel
12 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan - Khasiatsehat.com
Deskripsi
Pisang ambon adalah salah satu jenis buah pisang yang digemari orang. Simak ulasan manfaat pisang ambon untuk kesehatan berikut ini.
Penulis
Share

Recent Posts

5 Manfaat Buah Jatake untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Buah jatake, atau yang juga dikenal sebagai gandaria, adalah buah tropis asli Asia Tenggara. Buah…

7 Manfaat Telur Ayam untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Telur ayam adalah salah satu bahan makanan paling serbaguna di dunia. Telur dapat dimasak dengan…

6 Manfaat Buah Kokosan untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Kokosan, si manis berwarna putih dengan kulit keras ini, adalah salah satu buah tropis yang…

9 Manfaat Buah Lerak: Si Hitam Ajaib dengan Banyak Kegunaan

Lerak, atau rerek, merupakan tanaman perdu yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman ini…

Buah Senna: Pencahar Alami Kaya Manfaat

Buah senna, yang juga dikenal sebagai Cassia angustifolia, adalah tanaman herbal yang telah lama digunakan…

Manfaat Tempe: Makanan Tradisional Kaya Akan Gizi

Tempe merupakan makanan fermentasi khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai. Proses fermentasi ini menghasilkan…