Rempah-Rempah

8 Khasiat Habbatussauda untuk Kesehatan

Habbatussauda bisa juga disebut sebagai jinten hitam atau jintan hitam, telah digunakan sejak dahulu kala karena dipercaya memiliki sifat penyembuhan bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat habbatussauda untuk kesehatan yaitu meliputi kesehatan jantung, kesehatan hati, kesehatan rambut, dan masih banyak lagi yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Asal Usul Habbatussauda

Catatan paling awal akan budidaya habbatussauda dan penggunaannya berasal dari Mesir kuno. Minyak habbatussauda pada kenyataannya ditemukan di pharaoh mesir makam Tutankhamun, kemudian muncul kembali sekitar 3.300 tahun yang lalu. Dalam budaya Arab, habbatussauda dikenal sebagai Habbatul barakah, yang berarti “seed of blessing”.

Manfaat Habbatussauda atau Jinten Hitam

Berikut 8 manfaat habbatussauda atau jinten hitam bagi kesehatan :

1. Diabetes tipe 2

Para peneliti menemukan bahwa hanya dengan mengkonsumsi dua gram habbatussauda setiap hari dapat memberikan efek mengurangi kadar gula darah, bersamaan dengan penurunan resistensi insulin, dan peningkatan fungsi sel beta di pankreas.

2. Mencegah Epilepsi

Sebuah studi yang diterbitkan Medical Science Monitor menemukan bahwa habbatussauda dapat secara efektif mengurangi frekuensi terjadinya kejang pada anak-anak yang menolak akan pengobatan konvensional. Hal ini dikarenakan habbatussauda memiliki sifat anti kejang.

3. Mencegah Kanker Usus Besar

Dalam sebuah studi mengenai sel, habbatussauda menunjukkan memiliki sifat anti-kanker, serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker usus besar secara khusus.

4. Kesehatan Jantung

Ekstrak dari habbatussauda telah terbukti memiliki kemampuan dalam melindungi kesehatan jantung, meredakan kerusakan yang terkait dengan serangan jantung, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

5. Mencegah Kanker Otak

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal online PLoS One menunjukkan bahwa kandungan thymoquinone pada habbatussauda dapat menginduksi kematian sel pada sel glioblastoma. Glioblastoma adalah salah satu tumor otak yang paling agresif.

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penggunaan ekstrak habbatussauda sehari-hari sekitar 100 – 200 mg, dua kali sehari, selama 2 bulan, habbatussauda dapat memberikan efek penurun tekanan darah pada penderita hipertensi ringan.

7. Kesehatan Hati

Hati merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Hampir setiap racun akan diproses melalui hati, dan empedu dari hati merupakan kunci dalam mencerna lemak dan menjaga pikiran dan tubuh agar tetap sehat.

Dalam sebuah penelitian terbaru, para ilmuwan menemukan bahwa minyak habbatussauda memiliki manfaat bagi fungsi hati dan dapat membantu mencegah kerusakan dan penyakit pada hati.

8. Kesehatan Rambut

Salah satu manfaat minyak habbatussauda yaitu dapat membantu memulihkan rambut rontok. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan antioksidan dan sifat antimikroba yang dimiliki habbatussauda. Dengan memperkuat folikel rambut, merupakan hal yang tepat sebagai alasan bagaimana minyak habbatussauda dapat membantu memperkuat akar rambut.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa habbatussauda atau jinten hitam memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat habbatussauda untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Spirulina serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat habbatussauda atau jinten hitam untuk kesehatan :

naturalsociety.com/10-health-benefits-of-black-cumin-seed-nigella-sativa/

draxe.com/black-seed-oil-benefits/

www.greenmedinfo.com/blog/black-seed-remedy-everything-death

Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…