Buah-Buahan

19 Khasiat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan

Buah anggur merah pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan anggur hijau, hanya saja anggur merah biasa diolah dan digunakan sebagai bahan utama untuk membuat minuman red wine. Selain memiliki rasa yang enak, anggur merah juga dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat buah anggur merah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Buah anggur merah via homeremediesweb.com

Kandungan Gizi Buah Anggur Merah

Sebelum membahas tentang beragam manfaatnya, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja kandungan yang terdapat buah anggur merah. Dimana buah ini mengandung vitamin K, vitamin B2 (Riboflavin), mineral tembaga, elektrolit, dan fitonutrien. Selain itu, anggur merah juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti fosfor, magnesium, asam folat, kalsium, potasium, zat besi, selenium, dan sebagainya. Berbagai kandungan tersebutlah yang membuat buah ini sangat bermanfaat.

Manfaat Buah Anggur Merah

Berikut 19 manfaat buah anggur merah bagi kesehatan:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah anggur merah yang pertama yaitu dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Seperti yang telah diketahui bahwa kadar gula yang berlebihan dapat memicu penyakit diabetes. Namun tidak hanya mencegah diabetes, buah ini juga diduga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat buah anggur merah yang mengandung senyawa fenol memiliki sifat yang sama seperti antioksidan. Antioksidan ini berperan penting bagi jantung untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan pada jantung, termasuk radikal bebas.

3. Mengatasi Gangguan Tidur seperti Insomnia

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa anggur merah mengandung zat melatonin. Dimana zat melatonin ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dalam mengontrol waktu untuk tidur. Oleh karena itu, jika Anda mengalami insomnia, Anda dapat mengonsumsi buah anggur merah (secukupnya) beberapa saat sebelum tidur.

4. Baik Dikonsumsi oleh Penderita Hipertensi

Manfaat buah anggur merah lainnya ternyata dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan anggur merah mengandung suatu zat yang disebut dengan melatonin dan kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Oleh karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi atau hipertensi.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Buah anggur merah mengandung suatu zat yang disebut dengan senyawa boron, yaitu zat yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Dengan begitu, buah ini dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang, seperti osteoporosis.

6. Mengatasi Sembelit atau Sulit Buang Air Besar

Buah anggur merah mengandung kadar serat yang cukup tinggi. Dimana kandungan serat inilah yang membuat anggur merah bermanfaat untuk mengatasi sembelit atau susah BAB. Oleh karena itu, Anda dapat mengkonsumsi buah ini dalam membantu memperoleh kesehatan pencernaan yang lebih baik.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat anggur merah untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan dan berbagai senyawa yang ada di dalamnya. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka tubuh dapat menangkal bakteri dan virus sebagai penyebab penyakit.

8. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah anggur ini sangat berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh Anda, yang selanjutnya dapat menjaga keutuhan sel-sel agar tetap terawat dan terhindar dari penuaan dini akibat radikal bebas.

9. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Buah anggur merah ini juga biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional atau herbal untuk mencegah kanker. Berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya diyakini dapat melemahkan fungsi kerja sel-sel abnormal.

Artikel terkait: Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Selain 9 manfaat anggur merah yang telah dijelaskan diatas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beragam manfaat lainnya dari buah anggur merah:

10. Membantu Mengobati Sakit Kepala

11. Menjaga Kesehatan Kuku

12. Membantu Menurunkan Berat Badan

13. Memperbaiki Sel-Sel Tubuh yang Rusak

14. Detoksifikasi Tubuh

15. Membantu Meredakan Batuk dan Sakit Maag

16. Bertindak Sebagai Antivirus dan Antibakteri

17. Memutihkan Warna Gigi

18. Mencerahkan dan Melembabkan Wajah

19. Memberikan Tambahan Energi bagi Tubuh


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat buah anggur merah untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Kundur atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…