Categories: Sayuran

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com – Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Sebagian besar jenis sayuran memiliki kalori yang rendah, namun tinggi akan vitamin, mineral, dan serat.

Meskipun begitu, beberapa jenis sayuran ternyata dapat memberikan manfaat untuk kesehatan yang lebih banyak dibandingkan beberapa jenis sayuran lainnya. Lalu apa saja sayuran tersebut?

Sayuran Paling Menyehatkan

Berikut 10 macam sayur mayur paling menyehatkan yang ada di bumi:

1. Bayam

Image by Aline Ponce from Pixabay

Bayam menduduki peringkat pertama sebagai sayur-sayuran tersehat, hal ini karena terdapat banyak kandungan gizi didalamnya.

Satu cup kangkung (30 gram) dapat menyediakan 56% kebutuhan harian Anda akan vitamin A serta mencukupi kebutuhan harian vitamin K yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Bayam juga mengandung tinggi antioksidan, yang dipercaya dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis.

Sebuah studi menemukan bahwa sayur bayam tinggi akan beta karoten dan lutein, yaitu dua jenis antioksidan yang berperan penting dalam penurunan risiko kanker.

Sebagai tambahan, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 menemukan bahwa konsumsi bayam secara teratur dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung.

2. Brokoli

Image by ImageParty from Pixabay

Brokoli menjadi salah satu sayuran paling menyehatkan karena kaya akan nutrisi. Satu cup brokoli (91 gram) dapat menyediakan 116% kebutuhan harian Anda akan vitamin K, 135% kebutuhan harian vitamin C. Serta kandungan lainnya seperti folat, mangan, dan kalium.

3. Sayuran Kale

Image by Anna Sulencka from Pixabay

Kale adalah jenis sayuran yang tergolong dalam keluarga kubis seperti sawi, kembang kol, dan brokoli. Sama seperti anggota keluarga lainnya, sayur kale juga dikenal sangat kaya akan nutrisi.

Kale tinggi akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan juga antioksidan. Beberapa studi bahkan menunjukkan hasil yang signifikan dalam penurunan tekanan darah dan kolestrol jahat, diwaktu yang bersamaan meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh.

4. Kacang Hijau

Image by Rajesh Balouria from Pixabay

Kacang hijau dianggap sebagai sayuran yang memiliki zat tepung. Hal ini berarti kacang hijau mengandung tinggi karbohidrat dan kalori dibanding sayuran yang tidak memiliki zat tepung.

Terlepas dari hal tersebut, kacang hijau ternyata sangat bergizi tinggi.

Satu cup kacang hijau (160 gram) yang telah dimasak dapat mengandung 9 gram serat, 9 gram protein, serta beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan folat. Karena kaya akan serat, kacang hijau dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

5. Asparagus

Image by Yvonne Huijbens from Pixabay

Asparagus kaya akan beberapa jenis vitamin dan mineral, membuatnya sangat ideal untuk dimasukkan ke dalam menu diet Anda.

Hanya dengan setengah cup asparagus (90 gram) menyediakan sepertiga dari kebutuhan harian akan folat. Selain itu, asparagus juga memiliki kandungan gizi lainnya seperti selenium, vitamin K, thiamin, dan riboflavin.

6. Kubis Merah

Image by congerdesign from Pixabay

Kubis merah termasuk dalam sayuran cruciferous, seperti sayur sejenisnya, kubis merah mengandung tinggi antioksidan dan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Terdapat sebuah studi yang menemukan bahwa ekstrak kubis merah dapat mencegah peningkatan kolesterol dan melindungi jantung dan hati dari kerusakan.

7. Collard Green

Image by PurpleOwl from Pixabay

Collard green merupakan sayuran hijau sejenis sawi yang kaya akan nutrisi. Faktanya, collard green adalah salah satu sayur terbaik sebagai sumber kalsium.

Satu cup collard green (190 gram) yang telah dimasak mengandung 5 gram serat, 4 gram proten dan 27% kebutuhan harian akan kalsium yang diperlukan oleh tubuh.

Selain itu, sayuran collard green juga mengandung tinggi akan antioksidan dan juga dapat menurunkan risiko akan pertumbuhan penyakit tertentu.

8. Kohlrabi

Image by lucas_holiday from Pixabay

Kohlrabi adalah sayuran dari spesies yang sama dengan kubis. Dimana sayur ini dapat dimakan mentah-mentah ataupun dijadikan olahan masakan.

Satu cup sayur kohlrabi (135 gram) mengandung cukup tinggi serat yaitu sebesar 5 gram dan cukup vitamin C yang dapat memenuhi hingga 140% kebutuhan harian tubuh.

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dari kohlrabi membuatnya efektif dalam melawan peradangan (inflamasi) dan diabetes.

9. Kubis Brussel

Image by Ulrike Leone from Pixabay

Sama seperti brokoli, kubis brussel termasuk dalam anggota famili cruciferous yang memiliki kandungan gizi yang sangat beragam.

Kubis brussel mengandung antioksidan yang disebut dengan kaempferol, yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif pada sel dan mencegah penyakit kronis.

10. Swiss Chard

Image by PMAnguita from Pixabay

Swiss chard adalah salah satu jenis sayuran hijau yang termasuk dalam kelompok super food. Hal ini karena sayur ini memiliki beragam kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Satu cup swiss chard (36 gram) hanya mengandung 7 kalori, namun kaya akan serat dan protein. Selain itu sayur swiss chard juga tinggi akan vitamin A, C, K, mangan, dan magnesium.


Hal yang perlu diperhatikan

Sudah sangat jelas bahwa konsumsi sayur berperan penting untuk kesehatan, hal ini karena sayur sayuran menyediakan sejumlah vitamin dan mineral yang berperan penting dalam melawan berbagai serangan penyakit.

Beberapa jenis sayuran yang disebutkan dalam artikel ini telah dipelajari secara luas. Meskipun begitu, masih terdapat banyak sayuran lain yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Selain itu, pastikan bahwa sayur sayuran yang Anda konsumsi telah di cuci secara bersih dan diolah secara tepat agar manfaat sayuran dapat Anda peroleh secara maksimal.

Baca juga: 10 Sayuran Terbaik untuk Diet

Sumber:
www.healthline.com/nutrition/14-healthiest-vegetables-on-earth#TOC_TITLE_HDR_2

Ringkasan
Judul Artikel
10 Jenis Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi
Deskripsi
Beberapa jenis sayuran ternyata dapat memberikan manfaat untuk kesehatan yang lebih banyak dibandingkan jenis sayuran lainnya.
Penulis
Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

Jangan Dikupas! 8 Kulit Buah ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Tahukah Anda, bagian kulit buah tertentu ternyata mengandung zat gizi dan mineral yang lebih kaya…