Minuman

9 Manfaat Teh Tawar untuk Kesehatan

Teh tawar yang diminum tanpa tambahan gula umumnya jarang disukai oleh masyarakat Indonesia. Meskipun memiliki rasa yang cenderung pahit dan tidak sedap, siapa sangka bahwa terdapat banyak manfaat di baliknya. Lalu apa saja manfaat teh tawar untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

via tahlil.com

Manfaat Teh Tawar

Berikut sejumlah manfaat minum teh tawar bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat teh tawar yang pertama yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini karena adanya unsur flouride pada kandungan teh yang dapat membantu dalam mencegah tumbuhnya karier pada gigi serta dapat memperkuat gigi agar tidak mudah keropos.

Selain itu, teh juga memiliki kandungan flavonoid yang memiliki fungsi untuk meningkatkan asam email gigi dan sebagai anti bakteri. Hal inilah yang membuat dengan mengonsumsi teh sangat efektif untuk mengatasi dan mengurangi bau mulut.

2. Mengurangi Stres

Konsumsi teh tanpa gula secara terbukti dapat mengurangi hormon kortisol sebagai penyebab stres. Khasiat teh tawar ini dapat Anda rasakan dengan minum teh tawar secara rutin setidaknya selama 6 pekan dengan minimal 3 cangkir setiap harinya.

Artikel terkait:

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dan vitamin E yang ada di dalam teh dapat bermanfaat untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh. Oleh karena itu, tak heran jika orang yang sedang sakit disarankan untuk minum teh tawar hangat agar daya tahan tubuhnya dapat kembali pulih dengan segera.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Teh tawar mengandung senyawa anti inflamasi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dimana dengan minum teh tawar secara rutin juga dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah dan menurunkan risiko serangan jantung secara signifikan.

5. Mencegah Kanker

Rutin minum teh tawar dapat membantu Anda agar terhindar dari kanker. Hal ini karena teh tawar memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan juga senyawa polifenol yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas sebagai penyebab kanker.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Minum teh tawar secara teratur juga dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah karena adanya kandungan mangan yang berfungsi menjaga kadar gula dalam darah berada dalam posisi normal. Dengan begitu manfaat teh tanpa gula ini dapat membantu Anda agar terhindar dari penyakit diabetes.

Artikel terkait:

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teh memiliki kandungan yang disebut dengan polifenol katekin, yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, dengan rutin minum teh tawar juga sangat bermanfaat untuk menjaga pencernaan tetap sehat karena adanya kandungan zat tanin di dalamnya.

8. Mengatasi Flu dan Demam

Saat tenggorokan mulai terasa sakit dan tidak nyaman, minumlah secangkir teh tanpa gula. Hal ini karena minuman ini dapat memberikan efek menenangkan dan membuat kondisi tenggorokan menjadi lebih nyaman. Selain itu, kandungan L-theanine dalam teh dapat melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh dan mengatasi berbagai gejala flu.

9. Menurunkan Berat Badan

Minum teh tawar sebanyak 3 hingga 4 cangkir sehari dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Hal ini berkaitan dengan kandungan teh yang bebas kalori, tentu saja tanpa dicampur dengan zat-zat lainnya seperti gula, krim, ataupun susu.

Jika memang digunakan untuk program diet penurunan berat badan, disarankan untuk memilih jenis teh hijau dibanding dengan jenis teh yang lainnya. Hal ini karena manfaat teh hijau dipercaya dan terbukti dapat menunda lapar.


Kelebihan Teh Tawar Dibanding Teh Manis

Pada dasarnya teh tawar dan teh manis sama-sama memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang baik untuk kesehatan. Meskipun begitu, teh tawar lebih direkomendasikan untuk diminum daripada teh manis yang menggunakan gula atau pemanis lainnya. Hal ini karena teh manis ternyata dapat merusak gigi.

Selain itu, teh yang telah diberi gula akan meningkatkan jumlah kalori jika dikonsumsi. Misalnya dalam 355 ml teh manis kemasan setidaknya memiliki jumlah kalori sebanyak 129-143, sedangkan teh tawar hanya mengandung 4 kalori saja. Jika mendapat asupan kalori yang berlebih tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh bukan.

Agar manfaat teh tawar yang telah disebutkan di atas dapat Anda peroleh secara maksimal, disarankan untuk merendam teh lebih lama. Hal ini karena semakin lama teh direndam atau dicelup dalam air panas, semakin banyak flavonoid yang dilepaskan oleh teh. Selain itu, berkonsultasi dengan dokter tentang berbagai manfaat teh juga merupakan langkah yang tepat jika ingin menggunakannya sebagai program kesehatan jangka panjang Anda.


Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat teh tawar untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
Judul Artikel
9 Manfaat Teh Tawar untuk Kesehatan - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Berbagai manfaat teh tawar untuk kesehatan meliputi menjaga kesehatan mulut, mengurangi stres, memperkuat daya tahan tubuh, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, mengontrol kadar gula, meningkatkan metabolisme tubuh, mengatasi flu, dan membantu menurunkan berat badan
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.