17 Manfaat Susu Sapi Murni untuk Kesehatan

Susu sapi murni merupakan salah satu satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bukan karena rasanya saja yang enak dan membuat tubuh terasa hangat, melainkan susu segar ini juga dapat memberikan beragam manfaat yang luar biasa untuk kesehatan loh. Lalu apa saja manfaat susu sapi murni untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Susu Sapi Murni
via insajderi.com

KELEBIHAN SUSU SAPI MURNI

Berikut beberapa kelebihan susu sapi murni dibandingkan susu biasa:

  • Tanpa tambahan bahan pengawet
  • Tanpa tambahan bahan pewarna
  • Harga susu sapi murni yang relatif lebih murah
  • Kandungan gizi yang masih terjaga kualitasnya

KANDUNGAN GIZI SUSU SAPI MURNI

Satu gelas susu sapi murni (100 ml) setidaknya mengandung:

  • Energi 60 kkal
  • Lemak 3,25 gr
  • Kalium 132 mg
  • Karbohidrat 5,26 gr
  • Kalsium 113 mg
  • Protein 3,4 gr
  • Lemak 3,7 gr

Tidak hanya itu saja, susu sapi murni juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, iodium, seng, zat besi, tembaga, dan magnesium. Serta beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin B, serta asam amino yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.


MANFAAT SUSU SAPI MURNI

Berikut 17 manfaat susu sapi murni bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat susu sapi murni yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kesehatan organ jantung. Hal ini karena adanya kandungan kalium di dalamnya, yang memiliki kegunaan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari serangan penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi.

2. Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam minuman susu sapi murni sangat baik untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika minum susu murni dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang perkembangan tulang yang sehat bagi anak-anak. Selain itu, kalsium juga dapat mencegah terjadinya tulang keropos.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, minum susu murni juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki kulit yang tampak lebih halus, kencang, dan cerah Anda cukup mengonsumsi susu sapi murni secara teratur.

4. Mencegah Diabetes

Terdapat banyak penelitian yang telah menemukan adanya kaitan antara konsumsi susu sapi dengan risiko terkena diabetes. Hal ini karena susu jenis ini kaya akan berbagai nutrisi dan mineral yang berperan penting dalam mengatur kadar insulin, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat susu sapi murni juga dapat berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti yang Anda ketahui bahwa dengan memiliki daya tahan tubuh yang baik dapat membuat Anda lebih kebal terhadap serangan penyakit dan membuat tubuh Anda tidak mudah lelah. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan daya tahan tubuh, sangat disarankan untuk minum susu sapi murni secara rutin.

6. Meningkatkan Kekuatan dan Massa Otot

Susu sapi murni mengandung protein dengan kualitas yang baik, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan massa otot dan membantu dalam memperbaiki otot. Bahkan terdapat penelitian yang menyatakan bahwa dengan minum susu seusai olahraga dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot. Oleh karena itu sangat cocok bagi Anda yang sedang membentuk otot.

7. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak menjadi salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia. Pada kasus ini, susu berperan penting meningkatkan kinerja otak. Dimana senyawa yang baik untuk otak yaitu seng (Zn) leticin, dan iodium. Senyawa tersebut secara signifikan dapat meningkatkan efisiensi kinerja otak sekaligus membantu meringankan kerja otak besar.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Secara psikologis, mengonsumsi susu dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks dan tenang. Hal ini karena adanya senyawa tyrosine yang berfungsi untuk mendorong kerja hormon serotonin untuk terus berproduksi. Dimana salah satu fungsi dari hormon ini yaitu mengatur kualitas tidur Anda, sehingga dapat mencegah terjadinya insomnia.

9. Mempercepat Proses Pemulihan Tubuh

Manfaat susu sapi segar lainnya yang tidak kalah penting yaitu dapat membantu proses pemulihan tubuh menjadi lebih cepat. Hal ini karena adanya senyawa seng yang bekerja bersama dengan fibrinogen dalam membentuk benang-benang fibrin untuk menutup luka. Sehingga mencegah bahkan menghentikan pendarahan.

Artikel terkait:

Selain 9 manfaat susu sapi murni untuk kesehatan yang telah disebutkan, ternyata masih banyak manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari susu sapi murni:

10. Mengurangi Risiko Penyakit Gondok

11. Baik untuk Penderita Anemia

12. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

13. Menjaga Tubuh Tetap Bugar

14. Mempertajam Penglihatan

15. Menetralkan Racun dalam Tubuh

16. Sebagai Sumber Energi

17. Melancarkan Peredaran Darah


EFEK SAMPING SUSU SAPI MURNI

Pada dasarnya susu sapi murni dapat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan efek samping. Misalnya saja jangan mengonsumsi susu ini secara berlebihan. Karena susu murni mengandung kadar lemak yang cukup tinggi, yang dapat meningkatkan kolesterol jahat jika dikonsumsi berlebihan.

Salah satu senyawa yang terkandung di dalam susu murni adalah kalium. Mendapat asupan kalium yang berlebihan juga dapat berbahaya bagi yang memiliki gangguan fungsi ginjal. Dimana ginjal yang bermasalah akan kesulitan dalam membuang kelebihan kalium dari dalam darah, sehingga dapat membahayakan jiwa.

Disamping hal tersebut, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap susu ataupun memiliki intoleransi laktosa, sebaiknya menghindari minum susu segar ataupun produk susu lainnya seperti yogurt dan keju. Karena dapat menimbulkan gejala alergi seperti mual, diare, hingga sulit bernafas.


Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat susu sapi murni untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Susu Beruang atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
17 Manfaat Susu Sapi Murni untuk Kesehatan
Judul Artikel
17 Manfaat Susu Sapi Murni untuk Kesehatan
Deskripsi
Bukan karena rasanya saja yang enak, susu segar ini juga sangat bermanfaat loh. Lalu apa saja manfaat susu sapi murni untuk kesehatan? Berikut ulasannya.
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat