Olahraga

17 Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan

Senam aerobik merupakan salah satu jenis senam yang tidak memerlukan banyak tenaga sehingga dapat dilakukan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga lanjut usia (lansia). Jika dilakukan secara teratur, senam aerobik dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat senam aerobik untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Gambar beberapa orang sedang melakukan senam aerobik via manageyourlifenow.com

Manfaat Senam Aerobik

Berikut 17 manfaat senam aerobik bagi kesehatan:

1. Menjaga Stamina Tubuh

Manfaat senam aerobik yang pertama yaitu dapat membantu menjaga stamina tubuh Anda. Jika dilakukan secara teratur, senam aerobik dapat membantu memperbaiki sistem pernapasan supaya dapat berfungsi secara lebih optimal dan pada akhirnya Anda pun tidak akan mudah merasa lelah.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat senam aerobik selanjutnya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dapat terjadi karena racun atau toksin yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat. Selain itu, semua organ tubuh pun akan bekerja secara optimal sehingga tubuh tidak mudah untuk terserang penyakit.

3. Mengurangi Stres

Stres yang dialami akibat melakukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari dapat membuat tubuh Anda merasa kaku dan tegang, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk itu diperlukan aktivitas yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, salah satunya dengan cara melakukan senam aerobik ini.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Aktivitas fisik seperti senam aerobik dipercaya dapat membakar kalori secara efektif dan dapat mengurangi lemak dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan. Oleh karena itu bagi Anda, terkhususnya wanita yang ingin memperoleh berat badan yang ideal dan tubuh langsing sangat disarankan untuk melakukan senam aerobik secara rutin.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan dengan melakukan senam ini dapat membuat detak jantung menjadi lebih stabil. Hal inilah yang membuat banyak kalangan dewasa, terutama orang tua yang melakukan senam aerobik untuk menjaga kesehatan jantung mereka.

6. Menjaga Kesehatan Otot

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otot adalah dengan melakukan senam aerobik. Dengan melakukan senam aerobik ini, maka akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot dan menjauhkannya dari berbagai limbah. Disamping hal tersebut, aktivitas ini juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.

7. Meningkatkan Kemampuan Pernapasan

Jika Anda termasuk memiliki keluhan seperti mudah lelah saat beraktifitas, maka senam aerobik merupakan salah satu kegiatan olahraga yang perlu Anda ikuti. Ketika Anda merasa mudah lelah meski belum lama beraktivitas, bisa jadi karena Anda mengalami gangguan aliran oksigen. Salah satu manfaat aerobik ini adalah untuk mengembalikan kinerja fungsi pernafasan dalam tubuh.

8. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan gejala kelainan berupa sulit tidur yang dapat disebabkan karena berbagai faktor. Terlepas dari hal tersebut, ternyata senam aerobik juga dapat membantu Anda dalam mengatasi insomnia dan membuat Anda lebih nyenyak pada malam harinya.

Baca juga: Manfaat Jogging

Selain 8 manfaat dan khasiat senam aerobik untuk kesehatan yang telah disebutkan di atas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari olahraga ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari senam aerobik:

9. Memperbaiki Suasana Hati

10. Meningkatkan Efisiensi Sirkulasi Darah

11. Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

12. Membuat Tubuh Tidak Mudah Lelah

13. Mencegah Terjadinya Diabetes

14. Membuat Awet Muda

15. Meningkatkan Elastisitas Otot pada Ibu Hamil

16. Memperkuat Otot Jantung

17. Pereda Nyeri Alami


EFEK SAMPING SENAM AEROBIK

Meski senam aerobik dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi jika dilakukan secara berlebihan tentu dapat memberikan dampak negatif. Senam aerobik yang dilakukan dengan intensitas dan frenkuensi tinggi dapat menyebabkan:

  • Kelelahan.
  • Gangguan tidur.
  • Cedera.
  • Serta membuat otot justru tidak terbentuk dengan baik.

Oleh karena itu, untuk menghindari dampak negatif dari senam aerobik tersebut, Anda perlu memperhatikan dan melakukan senam aerobik ini dengan cermat agar memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini khasiatsehat.com juga membahas tentang tips sebelum memulai senam aerobik yang baik.


TIPS SEBELUM MEMULAI SENAM AEROBIK

Pastikan bahwa Anda bergabung di pusat kebugaran. Selain dapat memberikan motivasi karena memiliki banyak rekan yang ikut melakukan senam ini, latihan yang Anda lakukan juga akan menjadi lebih terarah dengan bantuan seorang instruktur. Namun bagi Anda yang mempunyai sedikit waktu luang, senam aerobik juga dapat dilakukan di rumah.

Lakukan pemanasan atau peregangan sekitar enam menit sebelum melakukan senam. Pendinginan sesudah melakukan senam aerobik juga tidak kalah pentingnya. Hal ini dikarenakan pemanasan sebelum dan pendinginan sesudah melakukan senam aerobik berfungsi untuk mengurangi cedera.

Jika Anda ingin memulai senam aerobik tetapi sudah lama tidak melakukan olahraga, mulailah dengan durasi dan intensitas ringan, misalnya saja dengan melakukan gerakan lima menit di pagi hari, kemudian meningkat menjadi sepuluh menit pada hari berikutnya, dan seterusnya.

Jika Anda memiliki penyakit kronis, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum berolahraga. Misalnya saja, jika Anda mengidap penyakit artritis, Anda dapat bertanya seputar bagaimana agar tetap dapat melakukan senam aerobik tanpa melakukan gerakan yang menekan sendi.

Baca juga: Manfaat Berolahraga

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat senam aerobik untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…