13 Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan

Sarapan pagi merupakan waktu makan yang sangat penting sebelum memulai aktivitas. Hal ini dikarenakan tidak hanya dapat memberi asupan energi bagi tubuh Anda, pentingnya sarapan juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat sarapan pagi untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Sarapan Pagi
Menu sarapan via download-wallpaper.net

Manfaat Sarapan Pagi

Berikut 13 manfaat sarapan pagi bagi kesehatan yang tidak boleh dilewatkan:

1. Mencegah Penyakit Maag

Manfaat sarapan pagi yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit maag. Hal ini dikarenakan dengan membiasakan sarapan pagi dapat membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung, sebagai penyebab terjadinya sakit maag.

2. Mencegah Diabetes

Terdapat suatu studi yang menyatakan bahwa orang-orang yang rutin sarapan memiliki tingkat risiko lebih rendah sebesar 32% untuk terkena diabetes pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan yang mereka yang melewatkan sarapan. Hal ini dikarenakan orang-orang yang melewatkan sarapan lebih rentan mengalami resisten insulin.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat sarapan pagi lainnya yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak hingga meningkatkan kewaspadaan. Hal ini dikarenakan otak membutuhkan asupan dari makanan untuk bekerja dengan baik. Oleh karena itu, sarapan tidak boleh Anda lewatkan, terkhususnya bagi pelajar dan pekerja kantoran.

4. Menjaga Berat Badan Tubuh yang Sehat

Ketika Anda sarapan, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti yang berbahan dasar biji-bijian utuh yang tinggi akan serat namun rendah gula. Karena dicerna secara perlahan oleh tubuh, makanan tersebut dapat memberi energi stabil yang dapat membuat Anda tetap merasa kenyang dan mencegah keinginan untuk mengemil, sehingga dapat membantu Anda dalam menjaga berat badan tubuh yang sehat.

5. Menjaga Suasana Hati

Terdapat hasil penelitian mengenai dampak sarapan pagi yang menunjukkan bahwa orang yang melakukan sarapan pagi memiliki mood atau suasana hati yang berbeda dengan yang melewatkan sarapan. Dimana orang yang sarapan memiliki mood yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.

6. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi pada Tubuh

Melewatkan waktu untuk sarapan dapat membuat dosis harian akan vitamin dan nutrisi sulit untuk diperoleh oleh tubuh. Oleh karena itu, sarapan merupakan waktu untuk makan yang paling menyehatkan serta orang yang terbiasa sarapan cenderung memiliki pola makan sehat secara keseluruhan.

7. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Fit

Manfaat sarapan pagi dengan mengonsumsi menu yang tinggi protein dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh sepanjang hari. Dimana hal ini dapat membuat tubuh menjadi lebih fit dan tidak mudah lelah ketika Anda menjalani aktivitas sepanjang hari.

8. Kesehatan Jangka Panjang

Khasiat sarapan pagi yang dilakukan secara rutin dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung kesehatan tubuh di kemudian hari. Dengan tidak melakukan sarapan dapat membantu Anda mengurangi risiko terkena berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, hingga diabetes.

Artikel terkait: Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Selain 8 manfaat sarapan pagi yang telah disebutkan diatas, masih terdapat berbagai manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan ketika rutin sarapan, terkhususnya untuk jangka panjang. Berikut manfaat lain dari sarapan pagi bagi tubuh:

9. Mengurangi Risiko Stres

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

11. Koordinasi Fungsi Tubuh yang Lebih Baik

12. Menghindari Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat

13. Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan


MENU SARAPAN PAGI YANG SEHAT

Menu sarapan pagi yang tepat tentu menjadi salah satu faktor penting untuk memperoleh manfaat dari sarapan itu sendiri. Menu makanan sehat untuk sarapan yang dianjurkan yaitu yang mengandung biji-bijian utuh (seperti sereal gandum utuh), protein (seperti selai kacang, daging tanpa lemak, ikan, dan telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama namun tetap menyehatkan.


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat sarapan pagi untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Biji Pepaya atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
One Comment