Rempah-Rempah

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam hingga memanennya. Oleh karena itu, tidak semua orang dapat memproduksi dan juga mengonsumsi jenis rempah ini. Namun sebanding dengan harga jualnya, terdapat banyak manfaat dari saffron yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat saffron untuk kesehatan? Simak artikel berikut ini.

Image by hodihu from Pixabay

Mengenal Apa itu Saffron

Pada umumnya, saffron merupakan jenis rempah yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa dan perisa pada makanan. Dimana rempah ini berasal dari benang berwarna merah pada bunga Crocus sativus atau bunga pacar. Selain itu, rempah saffron sendiri terkadang dikenal juga dengan nama kuma-kuma ataupun bumbu matahari.

Baca juga: 17 Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan


Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat saffron untuk kesehatan yang harus Anda ketahui:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat dari saffron yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara mengurangi tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap jenis penyakit jantung tertentu.

Terdapat suatu penelitian yang menyebutkan bahwa rempah saffron efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Selain itu, rempah ini juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh.

Maka dari itu, sangat disarankan bila Anda mengonsumsi rempah-rempah ini secara rutin untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda, terutama dalam menjaga kesehatan jantung.

  1. Melindungi dari Kanker

Manfaat rempah saffron yang kedua adalah dapat melindungi dari kanker. Disebutkan bahwa ekstrak dari rempah ini memiliki kandungan komponen aktif yang efektif dalam menghambat sel-sel ganas yang berpotensi membahayakan manusia.

Tidak hanya menghambat perkembangan sel kanker saja, namun saffron juga dapat merangsang pembentukan sel kekebalan yang berguna untuk menghancurkan sel kanker.

  1. Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Rempah-rempah saffron mengandung antioksidan yang dapat berperan untuk melindungi tubuh dari gangguan sistem saraf. Dimana senyawa crocin pada rempah ini dapat mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif di otak.

Hal tersebut dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Bahkan, seseorang yang mengidap Alzheimer ringan yang rutin mengonsumsi saffron dapat mengalami peningkatan kognitif layaknya mengonsumsi obat-obatan.

  1. Meningkatkan Suasana Hati dan Mengurangi Gejala Depresi

Faktanya, manfaat saffron ternyata lebih efektif dibandingkan dengan plasebo dalam menangani depresi ringan hingga sedang. Bahkan, rempah ini dikatakan memiliki manfaat yang setara dengan obat depresi.

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Manfaat saffron untuk meningkatkan libido ternyata bukan hanya sebuah isu belaka. Terdapat suatu penelitian yang menyebutkan konsumsi 30 mg saffron per hari selama 4 minggu dapat memberikan efek memperbaiki gejala disfungsi ereksi pada pria yang mengalami efek samping dari obat anti depresan.

Disamping hal tersebut, khasiat saffron untuk wanita juga dirasakan dapat memberikan efek mengurangi nyeri saat berhubungan intim, serta meningkatkan libido pada wanita dan lubrikasi.

  1. Mencegah Kenaikan Badan Berlebih

Mengonsumsi ekstrak saffron dapat memberikan manfaat membuat kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan cemilan dapat berkurang.

Selain itu, wanita yang mengonsumsi ekstrak saffron dengan dosis tepat selama 8 minggu juga ditemukan mengalami penurunan berat badan lebih signifikan dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi rempah ini.

  1. Meringankan Nyeri Haid dan Gejala PMS

Pada sebuah penelitan, kelompok wanita yang mengonsumsi kapsul saffron (15 mg) sebanyak 2 kali sehari mengalami gejala fisik dan emosional akibat premenstrual syndrome (PMS) yang lebih ringan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi.

  1. Membantu Mengobati Penyakit Diabetes

Pada penelitian awal yang melibatkan tikus uji coba, rempah saffron dapat meningkatkan sesitivitas hormon insulin. Mekipun begitu, tentu saja diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat saffron untuk mengobati diabetes pada manusia.


Efek Samping Saffron untuk Tubuh Manusia

Meskipun rempah-rempah ini memiliki segudang manfaat, Anda juga perlu tahu efek samping dan risiko yang dapat timbul saat mengonsumsi saffron secara berlebihan.

Dikutip dari halodoc, mengonsumsi rempah ini lebih dari 1,5 gram setiap hari dapat menjadi racun bagi tubuh. Beberapa efek samping yang mungkin muncul seperti sakit kepala, mual, perubahan nafsu makan, mulut kering, dan rasa ngantuk. Selain itu, reaksi alergi juga mungkin dialami oleh sebagian orang.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin mengonsumsi rempah safron untuk pengobatan alternatif dalam jangka panjang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar dapat meminimalkan risiko terjadinya efek samping.

Baca juga:

Ringkasan
Judul Artikel
Ketahui 8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya Disini
Deskripsi
Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat saffron tersebut? Simak artikel berikut ini
Penulis
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…