Minyak Esensial

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com – Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit Anda. Tak terkecuali minyak zaitun, yang merupakan salah satu jenis minyak yang sering digunakan untuk menjaga kecantikan wajah. Sebelum membahas terkait manfaat minyak zaitun untuk wajah, berikut beberapa kandungan yang ada dalam minyak esensial ini.

Kandungan Minyak Zaitun

Minyak zaitun terkenal akan kandungan nutrisi dan antioksidan yang sangat baik bagi kulit manusia. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun, antara lain vitamin K, vitamin E, omega 3, omega 6, omega 9, lemak, serta zat besi.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol, yaitu zat yang dinilai mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dikarenakan banyaknya kandungan baik di dalamnya, minyak zaitun memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Bagi Anda yang mencari cara alternatif untuk merawat kulit wajah tanpa harus mengeluarkan biaya besar mungkin dapat mencoba untuk menggunakan minyak zaitun. Pasalnya, perawatan rumahan terkadang dapat memberikan manfaat yang tidak kalah baik. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan wajah:

  1. Melembapkan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama adalah dapat melembabkan kulit. Hal ini karena minyak zaitun mempunyai sifat yang dapat meningkatkan kelembapan pada kulit.

Hal tersebut tentu merupakan kabar baik bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering. Untuk penggunaannya sendiri pun cukup mudah, Anda cukup oleskan 1 hingga 3 tetes minyak zaitun pada bagian wajah yang kering.

Selain penggunaan secara langsung, Anda juga bisa memperoleh khasiat minyak zaitun untuk wajah dengan cara mencampur produk perawatan wajah dengan beberapa tetes minyak zaitun guna menjaga kulit wajah tetap terhidrasi, lembap, dan halus.

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Siapa sangka bahwa minyak zaitun dapat digunakan untuk perawatan wajah alami dan sederhana untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah ini ialah dengan mengoleskan minyak zaitun ke area kulit secara merata, lalu lakukan pijatan kecil untuk membantu penyerapan yang lebih baik. Setelah itu diamkan hingga 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Mencerahkan Wajah

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah, adalah untuk mencerahkan wajah. Hal ini karena kandungan polifenol dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas.

  1. Mengencangkan Wajah

Zat linoleic acid dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada area kulit wajah, sehingga Anda dapat terhindar dari gejala penuaan dini, seperti keriput pada wajah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mencampurkan sedikit minyak zaitun dengan madu murni, kemudian aplikasikan ke permukaan wajah sebagai masker. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Memberikan Efek Lembut di Kulit

Ketika wajah Anda terasa kasar, minyak zaitun adalah solusinya! Tidak hanya mampu melembapkan kulit, manfaat minyak zaitun juga dapat membuat kulit terasa lebih lembut.

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memperoleh manfaat ini. Pertama, Anda dapat meneteskan minyak zaitun sebanyak tiga tetes pada permukaan wajah. Kedua, Anda bisa membuat scrub dengan campuran minyak zaitun, gula pasir atau bubuk kopi hitam, dan madu.

  1. Membersihkan Wajah

Tahukah Anda, Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti sementara sabun wajah untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran, serta dari riasan wajah.

Caranya Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke permukaan wajah secara merata, disertai dengan pijatan ringan. Setelahnya, lap kelebihan minyak di wajah dengan kain lembut. Ulangi proses tersebut hingga wajah terasa bersih, lalu bilas dengan air.

  1. Membantu Mengatasi Kulit yang Bermasalah

Minyak zaitun telah terbutki dapat mengatasi kulit yang bermasalah seperti kulit kering, kulit gatal, ataupun peradangan. Pasalnya, minyak ini memiliki kandungan oleochantal yang dapat menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit wajah.

Cara penggunaannya pun tergolong cukup mudah, Anda hanya perlu mandi pada bak air hangat yang telah ditambahkan beberapa sendok teh minyak zaitun.

Setelah itu Anda pun dapat mandi atau sekedar membilas area wajah yang bermasalah dengan air yang sudah tercampur dengan minyak zaitun.

  1. Mengecilkan Pori-Pori

Terkadang memiliki pori-pori wajah yang lebar dapat mengurangi rasa percaya diri. sehingga Anda menutupinya dengan sebuah riasan wajah. Namun tahukah Anda, manfaat minyak zaitun untuk wajah pun ternyata dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori.


Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah

Penggunaan minyak zaitun memang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali untuk kesehatan kulit wajah. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan efek negatif.

Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit sensitif tidak disarankan menggunakan minyak zaitun untuk perawatan pada kulit wajah. Terutama kalau wajah Anda berjerawat dan memiliki masalah dermatitis.

Hal tersebut dikarenakan terdapat sebuah hasil studi yang menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun untuk wajah bayi dan orang dewasa tertentu dapat membuat kulit semakin meradang ataupun munculkan gejala alergi.

Oleh karena itu, langkah terbaiknya adalah melakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak ini. Caranya adalah dengan mencoba gosok beberapa tetes minyak zaitun pada lengan tangan Anda, lalu perhatikan dengan seksama.

Jika dalam 24-48 jam Anda tidak merasakan reaksi pada lengan Anda, itu berarti Anda aman untuk menggunakan minyak ini. Sebaliknya, bila ada reaksi seperti kulit gatal dan memerah, sebaiknya jangan terapkan penggunaan minyak zaitun pada wajah Anda.

Baca juga:

Referensi:

Olive oil benefits for your face www.healthline.com/health/olive-oil-benefits-face
4 olive oil benefits for your face www.medicalnewstoday.com/articles/321246
5 top olive oil benefits for the skin www.treurer.com/en/blog-olive-oil-culture/health/olive-oil-benefits-for-the-skin/
5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Wajah dan Tips Memilih Produknya hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/manfaat-minyak-zaitun-untuk-wajah/
Ringkasan
Judul Artikel
8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya
Deskripsi
Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak esensial yang sangat bermanfaat. Lalu apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah? Berikut ulasannya
Penulis
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…