Bahan Makanan

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Manfaat Mentega – Mentega adalah salah satu jenis dairy product atau jenis bahan makanan yang terbuat dari hasil olahan susu yang sudah banyak dikenal masyarakat luas.

Mentega terbentuk dari lemak susu yang sudah dipisahkan dari susu itu sendiri. Mentega kaya akan rasa dan umumnya digunakan untuk memasak dan memanggang suatu bahan makanan.

image from: pixabay

Mentega seringkali dituduh sebagai penyebab penyakit jantung karena mengandung lemak jenuh yang tergolong tinggi.

Bagaimanapun juga, mentega ternyata tergolong menyehatkan jika digunakan seperlunya. Lalu apa saja manfaat mentega untuk kesehatan tubuh manusia? Simak terus artikel ini ya.


Manfaat Mentega

Berikut manfaat mentega yang baik untuk tubuh manusia:

1. Kaya Akan Antioksidan

Mentega alami mengandung karoten yang tinggi. Karoten dapat menjadi antioksidan atau berubah menjadi vitamin A. Sekitar 60% karoten digunakan didalam tubuh untuk membantu melawan penyakit. Antioksidan juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Vitamin A larut dalam lemak sehingga dapat menutrisi bagian-bagian tubuh seperti kulit, mata, mulut, tenggorokan, saluran kemih dan saluran pencernaan untuk regenerasi sel, melindungi dari agen penyebab infeksi.

Vitamin A juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan memacu produksi limfosit, yaitu sistem imun alami tubuh yang melindungi dari serangan virus dan berbagai penyakit.

2. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin A dan beta-karoten yang tinggi mampu menghambat pertumbuhan kanker sekaligus mencegah. Kandungan asam linoleat terkonjugasi yang terdapat pada mentega juga membantu mencegah kanker.

3. Membantu Mengoptimalkan Pertumbuhan

Banyak kandungan didalam mentega yang mengoptimalkan pertumbuhan anak, namun yang utama adalah kandungan Vitamin A. Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat mengalami kebutaan, masalah pada kerangka tulang, dan cacat lahir lainnya.

4. Menyehatkan Mata

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin ketiga, vitamin A mempengaruhi kesehatan mata. Selain itu, kandungan beta karoten pada mentega juga meningkatkan kesehatan mata. Beta karoten ikut serta dalam melindungi mata, memicu pertumbuhan sel, dan mengurangi kemungkinan kerusakan retina.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol di dalam darah yang menjadi faktor resiko penyakit jantung. Namun, banyak peneliti yang tidak menemukan keterkaitan antara konsumsi lemak jenuh dengan penyakit jantung.

Peneliti menunjukkan bahwa produk olahan susu seperti mentega tidak meningkatkan resiko penyakit jantung. Faktanya, banyak studi yang telah dilakukan bahwa mengonsumsi produk olahan susu membawa manfaat bagi kesehatan jantung.

6. Memperlancar Metabolisme

Kandungan glikosfingolipid didalam mentega membantu melindungi dari masalah pencernaan. Asam lemak yang spesial ini berkontribusi dalam lapisan mukus pada membran yang membuat bakteri lebih sulit menginfeksi. Mentega juga dapat membantu melindungi sistem pencernaan.

7. Membantu Meningkatkan Kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Seperti yang sudah diketahui, mentega mengandung kolesterol yang dapat membantu perkembangan otak dan sistem saraf menjadi lebih baik. Meskipun otak dapat membuat kolesterol, tetapi ketika otak membutuhkan kolesterol lebih banyak, otak akan mengambil kolesterol yang berada d dalam plasma darah.

8. Memperkuat Tulang dan Sendi

Mentega juga mengandung stigmasterol, atau bisa disebut juga dengan Wulzen Factor. Stigmasterol adalah fitosterol yang mampu mencegah radang pada sendi. Selain itu, stigmasterol ini juga membantu mencegah pengerasan pembuluh darah arteri, kalsifikasi kelenjar pineal, dan katarak.

Zat ini hanya terdapat pada lemak hewan sperti krim atau susu, namun proses pasteurisasi menghilangkan Wulzen Factor tersebut. Maka, margarin dan pengganti mentega lainnya tidak memiliki manfaat dari Wulzen Factor ini.


Efek Samping Mentega

Di samping berbagai manfaat dari mentega yang telah disebutkan diatas, dalam mengonsumsi mentega juga tetap harus diperhatikan karena jika mengonsumsi mentega dalam jumlah besar dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan jumlah kalori dalam tubuh.

Bagi seseorang yang memiliki intoleransi laktosa, mentega masih tergolong aman jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit karena mentega lebih sedikit mengandung laktosa daripada susu. Akan tetapi, mengonsumsi mentega tidak disarankan bagi yang memiliki alergi susu karena mengandung whey protein yang berpotensi memicu alergi.

Baca juga:

Referensi:

www.healthline.com/nutrition/foods/butter
www.healthbenefitstimes.com/butter/
Ringkasan
Judul Artikel
8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan
Deskripsi
Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.
Penulis
Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…