Categories: Lain-Lain

14 Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan

Permen karet disukai banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Hal ini dikarenakan permen karet memiliki struktur yang kenyal dan biasanya tersedia dengan berbagai varian rasa. Tetapi tahukan Anda, bahwa mengunyah permen karet dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan? Berikut ulasan tentang manfaat mengunyah permen karet dan pertimbangan dalam mengonsumsinya.

Balon permen karet via theodysseyonline.com

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Berikut 14 manfaat mengunyah permen karet:

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat mengunyah permen karet yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Hal ini dikarenakan ketika mengunyah permen karet, aliran darah di otak dan denyut jantung akan meningkat serta akan membuat peredarah oksigen ke otak menjadi lebih lancar.

2. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Ketika Anda mengunyah permen karet (bebas gula) secara rutin, terutama setelah makan dan selama sekitar 20 menit, mengunyah permen karet dapat membantu dalam produksi air liur. Sehingga dapat efektif dalam mengatasi bakteri pada mulut.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Selain dapat menjaga kesehatan mulut, mengunyah permen karet ini juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada gigi. Hal ini dikarenakan permen karet (yang mengndung xylitol) dapat mengurangi terbentuknya lubang-lubang kecil pada gigi.

4. Membuat Wajah Menjadi Terlihat Lebih Segar

Manfaat mengunyah permen karet yang selanjutnya juga dapat bermanfaat untuk kecantikan, yaitu membuat wajah Anda terlihat lebih segar secara alami. Hal ini dikarenakan mengunyah permen karet sama halnya dengan melakukan senam wajah yang melatih kekencangan pada bagian kulit wajah, yang selanjutnya dapat membuat aliran darah pada wajah akan lebih lancar.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengunyah permen karet juga dipercaya dapat membuat nafsu makan menjadi lebih terkontrol. Selain itu, keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebih atau ngemil juga menjadi berkurang. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam menurunkan berat badan, perlu diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga yang rutin.

5. Mengatasi Rasa Mual

Mengunyah permen karet setelah makan juga dapat membantu mengatasi rasa mual dengan cara mengurangi asam lambung. Saat mengunyah permen karet, produksi air liur menjadi meningkat sehingga dapat membersihkan zat asam dengan cepat saat ditelan. Dengan produksi air liur yang meningkat dan turun ke dalam perut dapat mencegah terjadinya asam lambung yang menyebabkan rasa mual.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Mengunyah permen karet merupakan cara terbaik untuk mengurangi bahkan mengatasi depresi, kecemasan, ataupun stress. Hal ini dikarenakan hormon kortisol, yaitu hormon pemicu stres akan menurun kadarnya ketika Anda mengunyah permen karet.

7. Kesehatan Sistem Pencernaan yang Lebih Baik

Manfaat permen karet yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan dengan mengunyah permen karet dapat memicu produksi air liur atau saliva dalam mulut yang dapat meningkatkan proses pencernaan makanan yang lebih baik.

8. Meningkatkan Konsentrasi

Mengunyah permen karet juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi atau fokus. Hal ini karena ketika Anda mengunyah permen karet peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga asupan oksigen ke otak pun akan meningkat dan dapat meningkatkan konsentrasi.

9. Membuat Nafas Menjadi Lebih Segar

Anda juga dapat menghilangkan bau mulut dengan cara mengunyah permen karet. Ketika Anda mengunyah permen karet, produksi air liur dapat meningkat sehingga mulut Anda menjadi basah. Dengan begitu perkembangan bakteri di mulut dapat dicegah. Bakteri inilah yang menyebabkan bau mulut yang tak sedap.

10.Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Permen karet sangat baik bagi Anda yang ingin berhenti merokok. Hal ini dikarenakan ketika Anda mengunyah permen karet, tidak hanya dapat menahan keinginan mengonsumsi makanan berlebih atau ngemil, tetapi juga dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi zat stimulan adiktif, seperti kandungan nikotin dan kafein pada rokok.

11. Meredakan Sakit Telinga

Ketika Anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat, Anda mungkin akan mengalami sakit telinga. Hal ini dikarenakan perubahan tekanan udara selama penerbangan yang membuat perasaan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengunyah permen karet untuk memicu produksi air liur dan menelan air liur tersebut untuk menyamakan tekanan udara disekitar dengan telinga.

Artikel Terkait: Manfaat Kebiasaan Minum Air Putih Saat Perut Sedang Kosong

Selain 11 manfaat mengunyah permen karet yang telah disebutkan diatas, Anda juga dapat memperoleh manfaat lainnya ketika mengunyah permen karet. Berikut manfaat lainnya dari mengunyah permen karet:

12. Mengatasi Mulut Kering

13. Memperbaiki Pola Makan

14. Meningkatkan Kewaspadaan


Pertimbangan dalam Mengunyah Permen Karet

Pada dasarnya, dengan mengunyah permen karet dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Terutama jika mengunyah permen karet dalam dosis yang tepat atau tidak berlebihan dan jenis permen karet yang berkualitas baik.

Selain itu, hindari menelan permen karet (disengaja ataupun tidak) dan buang sisa permen karet di tempat sampah dengan cara dibungkus terlebih dahulu dengan tisu atau kertas agar tidak menempel, sehingga sisa permen karet tidak mengotori fasilitas umum atau bahkan pakaian Anda sendiri.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa permen karet memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kumis Kucing atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…