9 Manfaat Mandi Air Hangat dan Efek Sampingnya

Mandi merupakan kebutuhan sehari-hari untuk menghilangkan kotoran pada tubuh yang melekat dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sebagian dari Anda mungkin lebih terbiasa mandi dengan air dingin. Namun tahukah Anda, mandi dengan air hangat ternyata memiliki beragam manfaat khusus lho. Lalu apa saja manfaat mandi air hangat untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat mandi air hangat
via healthaio.com

Manfaat Mandi Air Hangat

Berikut sejumlah manfaat mandi air hangat bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Meredakan Nyeri Otot

Manfaat mandi air hangat yang pertama yaitu dapat membantu meredakan nyeri otot. Cara yang paling mudah yang dapat Anda lakukan yaitu berendam dalam air hangat. Menambahkan garam epsom dalam air hangat juga sangat efektif untuk mengurangi peradangan pada persendirian yang disebabkan karena radang sendi atau penyakit otot lainnya.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Siapa sangka bahwa dengan mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat memberikan manfaat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena saat Anda berendam menggunakan air hangat membuat suhu tubuh meningkatkan, namun saat keluar suhu tubuh Anda akan lebih cepat dingin sehingga mempercepat produksi melatonin yang membuat Anda menjadi mengantuk dan tidur dengan nyenyak.

3. Meredakan Gejala Flu

Uap dari pemandian air panas dapat membantu meredakan gejala flu seperti pilek dan batuk lho. Hal ini karena uap air panas akan membuat sirkulasi pembuluh darah di wajah dan hidung menjadi lebih lancar. Selain itu, khasiat mandi air hangat juga dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal berbagai virus penyebab penyakit lainnya.

4. Membantu Mengatasi Stres

Terdapat suatu penelitian yang dilakukan di Jepang yang menunjukkan bahwa dengan mandi atau berendam air hangat selama satu jam dapat mengurangi hormon penyebab stres seperti kortisol dan kromogranin. Maka tak heran jika setelah mandi pikiran dan tubuh Anda akan terasa lebih segar.

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar tentu dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan rasa tegang di sekitar perut. Mandi dengan air hangat dan merendam bokong dengan air hangat yang dicampur garam epsom yang mengandung magnesium dan sulfat, dipercaya dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah ini.

Artikel terkait:

6. Membantu Mengatasi Iritasi Kulit

Bagi Anda yang menderita kulit gatal atau iritasi, mandi air hangat atau berendam air hangat yang dicampur dengan bubuk khusus dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi iritasi kulit. Selain itu, efek mandi air hangat juga dapat membantu meredakan radang pada kulit.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Mandi dengan air hangat dipercaya dapat membuat kinerja pembuluh darah yang mengandung oksigen ke otak menjadi lebih maksimal. Otak yang bekerja dengan baik tentu dapat membuat organ-organ lainnya juga bekerja dengan lebih baik.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Terdapat sebuah penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa berendam dalam air panas dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini tentu sangat baik bagi Anda yang memiliki kondisi jantung tertentu yang berkaitan dengan peningkatan tekanan darah. Namun akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter dahulu jika ingin menggunakan metode ini untuk menurunkan tekanan darah.

9. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Sendi

Manfaat mandi air hangat yang selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi. Faktanya, suhu air hangat ternyata dapat membantu meredakan suatu efek kondisi seperti osteoarthritis, tanpa menyebabkan eksaserbasi gejala ataupun efek merugikan lainnya.


Pertimbangan Sebelum Mandi Air Hangat

Bila Anda ingin berendam dalam air hangat, hindari menggunakan suhu air yang terlalu panas. Dimana suhu maksimal yang disarankan untuk mandi yaitu 40 derajat Celsius. Mandi air panas dengan suhu yang terlalu tinggi dapat berisiko menimbulkan luka bakar dan kulit kering.

Saat mengeringkan badan setelah mandi, disarankan untuk menggunakan handuk yang terbuat dari katun lembut. Setelah itu, oleskan body lotion atau pelembap yang tidak mengandung bahan-bahan iritatif seperti pewarna atau parfum. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit.

Bagi Anda yang menderita penyakit jantung, disarankan untuk tidak terlalu lama berendam air hangat. Upayakan agar tidak berendam lebih lama dari 10 menit. Selain itu selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih untuk mencegah dehidrasi saat mandi air hangat.


Efek Samping Mandi Air Panas

Meskipun dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, mandi dengan suhu yang terlalu lama terutama dengan waktu yang lama ternyata dapat berisiko menimbulkan berbagai efek samping yang merugikan bagi kesehatan. Misalnya saja seperti:

  • Kulit kering dan pecah-pecah
  • Rambut bercabang
  • Menurunkan kualitas sperma
  • Tekanan darah tiba-tiba menurun

Demikian artikel kesehatan mengenai beragam manfaat mandi air hangat untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Teh Tawar atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
9 Manfaat Mandi Air Hangat dan Efek Sampingnya
Judul Artikel
9 Manfaat Mandi Air Hangat dan Efek Sampingnya
Deskripsi
Manfaat mandi air hangat yaitu untuk meredakan nyeri otot, meningkatkan kualitas tidur, meredakan gejala flu, membantu mengatasi stres, mengatasi sembelit, mengatasi iritasi kulit, melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, serta menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi.
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit