Bumbu Dapur

10 Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan

Kunir putih, biasa disebut juga dengan nama kunyit putih atau temu putih merupakan salah satu tanaman obat rimpang yang banyak tumbuh di negara Indonesia. Tanaman ini sudah lama digunakan oleh masyarakat sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit tertentu karena khasiatnya yang luar biasa. Lalu apa saja manfaat kunyit putih untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Perbedaan kunir putih dan kuning

Perbedaan yang paling umum antara kunir putih dengan kunir kuning yaitu terlihat pada permukaan kunyit putih yang memiliki warna cenderung putih terang. Sedangkan kunir kuning atau sering disebut kunyit kuning berwarna cokelat kekuningan dan bagian dalamnya pun berwarna oranye.

Manfaat kunir putih untuk kesehatan

Berbagai kandungan yang ada di dalam tanaman ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini merupakan penjelasan mengenai berbagai khasiat kunir putih untuk kesehatan:

1. Mengatasi gangguan saluran pencernaan

Manfaat kunir putih untuk kesehatan yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada saluran pencernaan. Hal ini karena kandungan baik di dalam tanaman kunir putih ini dapat membantu mengatasi BAB tidak lancar, diare, perut kembung atau perut bergas, dan lain-lain.

Pencernaan yang sehat tentu sangat penting untuk memecah makanan menjadi nutrisi secara optimal yang digunakan tubuh sebagai energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Dimana makanan dan minuman harus diubah menjadi molekul agar dapat diserap dan dibawa ke seluruh tubuh.

2. Mengatasi gangguan asma

Tanaman rimpang ini dapat membantu mengatasi gangguan asma atau sesak napas dengan cara mengencerkan penumpukan lendir atau dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Terdapat sebuah penelitian dalam journal of clinical and diagnostic research yang melibatkan 77 orang dengan penderita asma ringan hingga sedang yang mengonsumsi kapsul kunir putih selama 30 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa kunir putih dapat mengurangi gejala asma.

3. Mengatasi radang sendi

Kunir putih memiliki sifat anti radang yang dapat membantu mengatasi peradangan, terkhususnya pada penderita radang sendi. Selain itu dengan adanya kandungan kukumenol, kunir putih dapat digunakan untuk mengobati luka dan penyakit kulit lainnya.

4. Membantu mencegah kanker

Terdapat sebuah temuan yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Assam dan Pusat Nasional Ilmu Sel berbasis di Pune yang menyatakan bahwa manfaat kunir putih dapat memicu protein caspase, yang menyebabkan kematian sel kanker payudara.

5. Meredakan nyeri haid saat menstruasi

Efek analgesik atau pereda rasa sakit dalam kunir putih bermanfaat meredakan sakit akibat menstruasi. Kunir putih bekerja dengan cara memblokir sinyal rasa sakit ke otak atau mengganggu interpretasi otak dari sinyal tersebut, sehingga tubuh tidak merasakan sakit. Hal ini didukung berdasarkan Agro’s dictionary of medical plants, bahwa konsumsi kunir putih dapat membantu meredakan sakit saat menstruasi.

6. Melawan radikal bebas

Mengutip dari sebuah studi yang diterbitkan di Unpad 2019, radikal bebas merupakan molekul dengan elektron tak berpasangan yang tak stabil dan berasal dari polutan lingkungan, yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang karena dapat memicu berbagai penyakit degeneratif mulai dari penuaan dini, stroke, bahkan kanker. Khasiat kunyit putih dapat membantu mencegah risiko penyakit tersebut.

Berdasarkan ulasan jurnal Foods edisi Oktober 2017, senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunir putih dipercaya mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas, mencegah enzim tertentu menciptakan jenis radikal bebas tertentu, serta mengontrol enzim yang menetralisir radikal bebas.

7. Mengobati peradangan

Manfaat kunir putih lainnya yaitu dapat berperan sebagai anti inflamasi yang mampu membantu mengatasi peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya. Tanaman herbal ini juga seringkali digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit radang usus.

8. Menurunkan demam

Sakit demam seringkali dapat membuat orang-orang khawatir, oleh karena itu sebagian besar orang memilih langsung mengonsumsi obat-obatan penurun panas. Padahal masih ada alternatif lain yaitu dengan konsumsi tanaman kunir putih. Dimana kunir putih mengandung ekstrak etanol yang dapat berfungsi sebagai obat penurun demam.

9. Mencegah gigitan nyamuk

Terdapat suatu penelitian yang menyatakan bahwa kandungan minyak kunyit putih memiliki efek penangkal nyamuk alami, sehingga Anda dapat terhindar dari gigitan nyamuk yang mengganggu. Terutama jenis nyamuk yang bisa menyebabkan sakit demam berdarah, yaitu Aedes aegypti.

10. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Konsumsi kunir putih dapat menjadi alternatif obat herbal bagi penderita kolesterol tinggi. Pasalnya dengan mengonsumsi kunir putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Dengan begitu, risiko penyakit jantung pun dapat berkurang.

Baca juga: Macam-macam buah penurun kolesterol

Efek samping dari kunir putih

Manfaat kunir putih untuk kesehatan memanglah sangat beragam, namun jika Anda mengidap suatu alergi dan ingin mengonsumsinya, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu merupakan langkah yang paling tepat agar tidak menimbulkan efek samping.

Salah satu efek samping kunir putih adalah dapat menimbulkan sakit kepala dan mual, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, perlu diingat bahwa sejumlah manfaat kunir putih tersebut masih perlu ditinjau lebih lanjut, hal ini dikarenakan masih terbatasnya data uji klinis yang dilakukan pada manusia.

Referensi

www.kompas.com/wiken/read/2022/06/11/174228981/9-khasiat-kunyit-putih-untuk-kesehatan-yang-perlu-diketahui
www.alodokter.com/fakta-manfaat-kunyit-putih-bagi-kesehatan
www.halodoc.com/artikel/beragam-manfaat-kunyit-putih-untuk-kesehatan-tubuh
katadata.co.id/intannirmala/berita/613ab3a884b5b/11-manfaat-kunyit-putih-untuk-kesehatan-terbukti-dalam-penelitian
Ringkasan
Judul Artikel
10 Manfaat Kunir Putih untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
Deskripsi
Kunir putih memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Mulai dari mengatasi gangguan pencernaan hingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung.
Share

Recent Posts

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…

12 Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Buah Zuriat, yang juga dikenal sebagai buah Ziziphus atau buah Sidr atau buah Doum, adalah…