13 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah-buahan yang biasanya hanya digunakan sebagai penambah cita rasa pada makanan, maupun sebagai pembersih lemak pada peralatan dapur. Tapi tahukan Anda, selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan wajah. Lalu apa saja manfaat jeruk nipis untuk wajah? Berikut ulasannya.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah
Gambar buah jeruk nipis via alkalinevalleyfoods.com

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Berikut 13 manfaat jeruk nipis untuk wajah:

1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang pertama yaitu dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda dapat mengiris jeruk nipis hingga menjadi beberapa potongan, lalu ditempelkan di wajah. Alternatifnya Anda dapat menggunakan air jeruk nipis-nya terlebih dahulu kemudian dioleskan ke seluruh bagian wajah.

Pastikan bahwa perawatan ini dilakuan secara rutin atau setidaknya tiga kali dalam seminggu agar bekas jerawat dapat hilang jauh lebih cepat. Namun, jika masih terdapat jerawat yang meradang dan sangat parah, perawatan ini sebaiknya tidak dilakukan karena akan menimbulkan rasa perih.

2. Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Ketika kulit Anda kusam karena sering terpapar polusi, ada baiknya jika Anda segera menerapkan cara mencerahkan wajah dengan jeruk nipis, yaitu iris buah jeruk nipis menjadi dua bagian untuk memperoleh manfaat jeruk nipis untuk wajah cantik. Peraslah jeruk nipis tersebut, kemudian usapkan air jeruk nipis-nya ke permukaan wajah.

Air jeruk nipis dapat bekerja untuk membersihkan seluruh bakteri, kotoran, maupun minyak di wajah sehingga kulit akan terlihat tampak lebih cerah. Agar hasilnya optimal, lakukan perawatan ini setiap dua hari sekali. Dengan begitu Anda akan terhindar dari masalah kulit kusam.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat

Tidak hanya dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, kandungan vitamin C dan zat anti bakteri yang terdapat dalam jeruk nipis ini ternyata juga akan mencegah timbulnya jerawat. Oleh karena itu, lakukan peawatan dengan masker jeruk nipis ini secara rutin agar wajah Anda terhindar dari kondisi berjerawat.

4. Mengecilkan Pori-Pori

Seperti yang Anda tahu bahwa pori-pori yang lebar dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah. Karena pori-pori yang terbuka akan menimbun kotoran serta menimbulkan minyak berlebih, yang dapat memicu timbulnya jerawat dan mengakibatkan penuaan dini. Untuk mengatasi hal ini, gunakan masker jeruk nipis secara rutin agar mampu membantu mengecilkan pori-pori.

5. Mencegah Minyak Berlebih di Wajah

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Dimana kandungan vitamin C dan asam sitratnya di dalam buah ini yang tinggi akan membantu mencerahkan kulit dan menurunkan jumlah minyak pada wajah.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah, Anda harus melarutkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan beberapa sendok air bersih karena konsentrasi asam sitratnya yang tinggi. Terapkan campuran ini pada wajah Anda dan biarkan sampai mengering selama 15 menit.

6. Mencegah Infeksi

Dilansir melalui WebMD, kandungan pada jeruk nipis dapat berguna untuk membunuh bakteri pada kulit. Hal ini karena jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang menjadikan jeruk nipis sebagai buah dengan tingkat antioksidan yang tinggi. Selain tinggi antiosidan, buah ini juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Seperti yang Anda tahu bahwa bakteri pada umumnya cenderung tinggal pada tempat dengan pH basa atau tingkat keasaman yang rendah. Oleh karena itu, dengan menerapkan vitamin C pada kulit Anda, bakteri-bakteri yang terdapat pada kulit Anda akan mati sehingga mencegah aktivitas bakteri yang dapat menimbulkan infeksi pada kulit Anda.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Jeruk nipis merupakan salah satu varian buah jeruk dengan kandungan asam yang cukup tinggi. Asam yang terdapat pada jeruk adalah asam sitrat. Asam sitrat dalam jeruk nipis ini diketahui dapat menghilangkan sel kulit mati dari wajah Anda.

8. Menyamarkan Flek Hitam

Flek hitam atau bercak hitam biasanya muncul seiring bertambahnya usia dan juga kerusakan yang diakibatkan karena paparan sinar matahari. Terdapat sebuah studi yang mengungkapkan bahwa air perasan jeruk nipis mampu menyamarkan dan bahkan menghilangkan flek hitam pada wajah Anda.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Selain 8 manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk wajah yang telah disebutkan sebelumnya. Masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah jeruk nipis:

9. Memutihkan Kulit Wajah

10. Menghaluskan Kulit Wajah

11. Menghilangkan Komedo

12. Mengencangkan Kulit Wajah

13. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

Baca juga: Manfaat Buah Lemon

CARA MEMBUAT MASKER JERUK NIPIS

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat masker berbahan dasar jeruk nipis:

  1. Siapkan sebuah jeruk nipis yang masih segar, lalu belah menjadi 2 bagian.
  2. Oleskan jeruk nipis tersebut keseluruh permukaan kulit wajah dan leher secara perlahan dan merata.
  3. Selain cara tersebut, Anda juga dapat memeras jeruk nipis tersebut untuk di ambil airnya lalu mengoleskannya keseluruh permukaan kulit wajah dan leher dengan menggunakan kapas.
  4. Diamkan beberapa saat hingga air jeruk nipis tersebut mengering.
  5. Bersihkan wajah Anda dengan air dingin, kemudian keringkan dengan handuk secara lembut.
  6. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang optimal.

Baca juga: Manfaat Air Jeruk Nipis

EFEK SAMPING JERUK NIPIS PADA WAJAH

Pada dasarnya, penggunaan jeruk nipis sangat bermanfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk perawatan wajah. Namun, setiap orang memiliki tingkat kesensitifan kulit wajah yang berbeda. Jika Anda termasuk memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan air jeruk nipis karena dapat menimbulkan alergi pada wajah seperti merah-merah, timbul jerawat, serta terjadinya iritasi.

Baca juga: Manfaat Jeruk Purut

TIPS PENGGUNAAN JERUK NIPIS UNTUK MASKER WAJAH

Berikut beberapa tips cara pakai masker jeruk nipis yang perlu diperhatikan ketika menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah:

  1. Cucilah terlebih dahulu buah jeruk nipis hingga bersih.
  2. Pastikan pisau yang akan dipakai untuk memotong sudah bersih.
  3. Jangan menerapkan masker jeruk nipis pada wajah lebih dari 30 menit.
  4. Gunakan masker jeruk nipis secara rutin dalam 1 minggu sebanyak 1 hingga 3 kali saja.
  5. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi, lalu konsultasikan dengan dokter ahli.

Baca juga: Manfaat Buah Jeruk Yuzu

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat jeruk nipis untuk wajah. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: