Categories: KhasiatSayuran

11 Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Dan Nilai Gizinya

Tomat dianggap sebagai buah-buahan dan juga sayuran. Konsumsi harian tomat memberikan berbagai manfaat, termasuk khasiat tomat untuk kesehatan, selain untuk meningkatkan rasa makanan. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

via homedepot.com

Manfaat dan Khasiat Tomat

Manfaat kesehatan dari tomat telah dikenal sejak dulu kala. Buah tomat merupakan sumber yang kaya antioksidan yang telah terbukti efektif melawan berbagai bentuk kanker. Beberapa manfaat tomat untuk kesehatan yang lainnya adalah sebagai berikut :

1. Melawan Berbagai Macam Kanker

Tomat mengandung sejumlah besar lycopene, yaitu antioksidan yang sangat efektif dalam melawan kanker disebabkan karena radikal bebas seperti pada khasiat madu. Lycopene dalam tomat membela melawan kanker dan telah terbukti sangat efektif dalam memerangi kanker prostat, kanker serviks, kanker lambung dan rektum serta faring dan kanker esofagus. Hal ini juga melindungi terhadap kanker payudara dan kanker mulut, menurut studi yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health .

2. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Sebuah tomat dapat menyediakan sekitar 40 % dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C adalah antioksidan alami yang mencegah terhadap penyebab kanker radikal bebas. Buah tomat juga mengandung banyak vitamin A dan kalium, serta zat besi.

Kalium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan saraf dan besi sangat penting untuk menjaga kesehatan darah normal. Vitamin K dalam kandungan tomat, sangat penting dalam pembekuan darah dan kontrol perdarahan.

3. Mengurangi Kolesterol & Melindungi Jantung

Kandungan lycopene dalam tomat mencegah oksidasi lipid serum, sehingga memberikan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Konsumsi buah tomat secara teratur telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Lipid ini adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular dan menyebabkan pengendapan lemak di pembuluh darah.

Catatan:
Lipid adalah kelompok molekul alami yang meliputi lemak, lilin, sterol, vitamin yang larut dalam lemak (seperti vitamin A, D, E, dan K), monogliserida, digliserida, trigliserida, fosfolipid, dan lain-lain. (Wikipedia)

4. Melawan Pengaruh Asap Rokok

Dua komponen utama dari tomat, asam coumaric dan asam chlorogenic, melawan nitrosamine yang diproduksi dalam tubuh dan merupakan karsinogen utama yang ditemukan dalam rokok. Kehadiran vitamin A dalam jumlah tinggi telah terbukti mengurangi efek karsinogen dan dapat melindungi Anda terhadap kanker paru-paru.

5. Meningkatkan Fungsi Penglihatan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam tomat, membantu dalam meningkatkan penglihatan, serta dapat mencegah kebutaan dan degenerasi makula. Vitamin A merupakan antioksidan kuat yang dapat dibentuk dari kelebihan beta – karoten di dalam tubuh. Banyak masalah penglihatan terjadi karena efek negatif dari radikal bebas, dan vitamin A merupakan antioksidan kuat.

Catatan:
Makula adalah daerah kecil yang berbentuk bulat, terletak di bagian belakang retina dengan jarak sejauh 3,5 mm dari temporal dan 0,5 mm lebih kecil terhadap diskus. Makula akan terlihat dengan mudah karena bebas dari pembuluh darah retina. (Wikipedia)

6. Kesehatan Pencernaan

Seperti khasiat pisang, tomat menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan mencegah sembelit dan diare. Hal ini juga mencegah penyakit kuning dan efektif menghilangkan racun dari tubuh. Sejumlah serat yang sehat dapat membantu untuk merangsang gerak peristaltik pada otot pencernaan, dan juga melepaskan asam lambung.

7. Menurunkan Hipertensi

Konsumsi harian tomat dapat memberikan khasiat tomat, yaitu mengurangi risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini bisa disebabkan karena tingkat kalium yang ditemukan dalam tomat.

Kalium adalah vasodilator, yang berarti bahwa kalium dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga meningkatkan sirkulasi dan menurunkan stres pada jantung dengan menghilangkan hipertensi.

8. Mengurangi Risiko Diabetes

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association, menunjukkan bahwa konsumsi harian tomat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 seperti khasiat daun sirsak .

9. Kulit Menjadi Lebih Sehat

Buah tomat dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Keberadaan Kolagen keberadaannya sangat bergantung pada vitamin C. Hal ini karena vitamin C adalah nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan, yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan, dan secara keseluruhan meningkatkan tekstur kulit.

10. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Asupan Tomat juga dapat mengurangi terjadinya infeksi saluran kemih, serta kanker kandung kemih. Hal ini karena tomat yang tinggi akan kadar air dapat merangsang buang air kecil. Hal ini dapat meningkatkan menghilangkan racun dari tubuh, serta kelebihan air, garam, asam urat, dan beberapa lemak juga.

11. Mencegah Batu empedu

Konsumsi tomat yang teratur juga dapat memberikan perlindungan dari penyakit kandung empedu seperti batu empedu. Kandung empedu adalah organ berukuran kecil. Fungsi utamanya adalah menyimpan empedu yang dihasilkan oleh hati, namun juga membantu proses pencernaan.

Baca juga:


KANDUNGAN GIZI TOMAT

Banyak manfaat buah tomat untuk kesehatan yang dapat dikaitkan dengan kekayaan mereka akan nutrisi dan vitamin, termasuk vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, serta sejumlah besar vitamin B6, folat, dan thiamin.

Tomat juga sumber yang baik dari potassium, mangan, magnesium, fosfor, dan tembaga. Tomat juga memiliki serat makanan dan protein, serta sejumlah senyawa organik seperti lycopene yang juga berkontribusi besar terhadap khasiat tomat untuk kesehatan secara keseluruhan.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa makan buah tomat memiliki banyak manfaat maupun khasiat, terkhususnya khasiat tomat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul Khasiat Pisang Untuk Kesehatan dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
Judul Artikel
11 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kandungan Gizinya
Deskripsi
Manfaat tomat untuk kesehatan yaitu mengurangi risiko terkena kanker, kaya akan vitamin dan mineral, menjaga kesehatan jantung, mengurangi efek karsinogen, meningkatkan kesehatan mata, kesehatan pencernaan, menurunkan hipertensi, mengurangi risiko diabetes, kesehatan kulit, dan lain sebagainya.
Penulis
Penerbit
Khasiat Sehat
Logo Penerbit
Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…