Khasiat

10 Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang paling sehat di dunia. Karena sarat akan antioksidan dan nutrisi yang memiliki dampak baik bagi tubuh, termasuk mencegah risiko dari menjaga kesehatan mulut sampai mencegah risiko kanker, dan berbagai khasiat teh hijau untuk kesehatan lainnya.

Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah 10 manfaat teh hijau untuk kesehatan yang telah dikonfirmasi dalam berbagai studi penelitian manusia tentang teh hijau.

1. Mencegah Risiko Diabetes

Teh hijau ternyata membantu mengatur kadar glukosa seperti pada manfaat madu serta memperlambat kenaikan gula darah setelah makan. Hal ini dapat mencegah lonjakan insulin yang tinggi dan mengakibatkan penyimpanan lemak.

2. Mencegah Serangan Jantung

Menurut para ilmuwan, teh hijau berpengaruh pada lapisan pembuluh darah, yaitu membantu menjaga pembuluh darah tetap tenang dan lebih mampu menahan perubahan tekanan darah. Hal ini juga dapat melindungi terhadap pembentukan bekuan darah, yang merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung.

3. Mengurangi Risiko Terserang Kanker

Khasiat teh hijau dapat mengurangi risiko terserang kanker, dengan cara membunuh sel kanker secara umum tanpa merusak jaringan sel sehat di sekitarnya.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Sebuah studi menunjukkan bahwa antioksidan kimia ” katekin ” dalam teh dapat menghancurkan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi tenggorokan, karies gigi dan kondisi gigi lainnya.

Catatan:
Katekin (bahasa Inggris: catechin) adalah segolongan metabolit sekunder yang secara alami dihasilkan oleh tumbuhan dan termasuk dalam golongan flavonoid. Senyawa ini memiliki aktivitas antioksidan berkat karena gugus fenol yang dimilikinya. (wikipedia)

5. Mengurangi Risiko Depresi

Theanine adalah asam amino alami yang dapat ditemukan dalam daun teh. Ini adalah zat ini yang diperkirakan memberikan efek relaksasi dan menenangkan, serta memberikan manfaat besar bagi peminum teh.

6. Memiliki Sifat Antivirus dan Antibakteri

Kandungan katekin dalam daun teh merupakan antibakteri dan antivirus yang membuat mereka efektif untuk mengobati banyak penyakit dari flu hingga kanker. Dalam beberapa penelitian, teh hijau telah terbukti menghambat penyebaran berbagai penyakit.

7. Mengurangi Kolesterol

Teh hijau telah terbukti secara efektif dalam mengurangi kadar kolesterol sampai batas tertentu, mungkin dikarenakan adanya alkalinitas. Khasiat teh hijau dapat mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan rasio kolesterol baik terhadap kolesterol jahat.

Catatan:
Alkalinitas adalah kapasitas air untuk menetralkan tambahan asam tanpa penurunan nilai pH larutan. (wikipedia)

8. Detoksifikasi

Teh hijau merupakan obat terbaik untuk mengatasi mabuk yang disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol dan kelelahan karena kurang tidur karena tidur larut malam seperti pada manfaat air kelapa. Teh hijau yang dicampur perasan lemon merupakan ramuan yang efektif dalam menghilangkan efek alkohol.

9. Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Senyawa bioaktif dalam teh hijau dapat memiliki berbagai efek protektif pada neuron dan dapat mengurangi risiko terkena Alzheimer dan Parkinson seperti pada manfaat kopi, yang merupakan dua gangguan neurodegeneratif yang paling umum.

Catatan:
Penyakit neurodegeneratif (dalam bahasa inggris: neurogenerative) adalah penyakit progresif dari sistem saraf yang berhubungan dengan kerusakan dari sel sel saraf, yang mempunyai banyak fungsi mulai dari pengendalian gerakan, akuisisi pengolahan informasi sensorik, pengambilan memori dan dalam membuat keputusan.

10. Menjaga Tekanan Darah

Konsumsi rutin teh hijau diduga dapat mengurangi risiko terhadap tekanan darah tinggi seperti pada manfaat pepaya.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat, terutama khasiat teh hijau untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.