Khasiat

12 Khasiat Pepaya Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

Pepaya merupakan buah-buahan yang mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, khasiat pepaya pada bagian biji juga telah terbukti menjadi obat alami dalam obat-obatan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Khasiat Pepaya Untuk Kulit

Pepaya mampu melembutkan dan melembabkan kulit, selain itu pada bagian kulit pepaya dapat digunakan untuk mengatasi keriput yang terjadi pada bagian wajah, berikut penjelasannya.

1. Melembutkan Kulit

Pepaya bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki kulit kering. Penggunaan pepaya pada wajah bisa membuat kulit menjadi kenyal dan lembut. Kandungan enzim dalam pepaya dapat mengatasi kulit kering dan bersisik seperti pada manfaat lidah buaya.

Penggunaan:
Agar mendapatkan khasiat pepaya untuk melembutkan wajah, siapkan 1 sendok pepaya yang telah di haluskan dan 1 sendok teh madu. Campur pepaya dan madu. Kemudian oleskan ke wajah Anda, biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air.

2. Mengurangi Keriput

Kulit pepaya dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Kulit pepaya mengandung enzim yang mengangkat sel mati dari permukaan kulit. Hal ini dapat membantu menghilangkan kerutan dan bintik-bintik usia.

Penggunaan:
Agar mendapatkan manfaat pepaya untuk mengurangi keriput, siapkan kulit pepaya. Gosok kulit pepaya di seluruh wajah dan leher. Setelah 20 menit, bilas dengan air dingin.

Manfaat Pepaya Untuk Rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, pepaya juga bagus untuk perawatan rambut. Dimana pepaya dapat merangsang pertumbuhan rambut dan dapat mengurangi ketombe dengan memanfaatkan biji pepaya.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Salah satu manfaat pepaya yang jarang diketahui adalah pepaya dapat merangsang pertumbuhan rambut seperti pada manfaat daun sirsak. Pepaya memiliki asam folat yang membantu meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Mengurangi Ketombe

Biji pepaya dapat membantu mengurangi ketombe seperti pada manfaat daun salam bila diterapkan untuk rambut. Salah satu penyebab utama ketombe adalah infeksi jamur. Biji pepaya memiliki sifat anti – jamur yang membantu melawan ketombe.

Penggunaan:
Agar mendapatkan khasiat pepaya untuk mengurangi ketombe, kupas kulit pepaya lalu haluskan daging pepaya dengan bijinya. Pijat ke kulit kepala dan terapkan ke seluruh bagian rambut juga. Biarkan selama satu jam, lalu bilaslah dengan air.

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya kaya akan nutrisi seperti karoten, flavonoid dan vitamin C, serta vitamin B ( folat dan asam pantotenat ). Pepaya  juga merupakan sumber serat yang baik dan mineral seperti magnesium yang baik untuk kesehatan.

5. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Pepaya biasa digunakan untuk memperlancar pencernaan seperti pada manfaat tomat. Kandungan papain pada pepaya meningkatkan pencernaan dengan memecah protein dan juga membersihkan saluran pencernaan. Pepaya dapat mengurangi protein menjadi lemak tubuh, karena jika protein dalam makanan kita tidak dicerna dengan baik, dapat menyebabkan arthritis, sembelit, diabetes, tekanan darah tinggi dan kondisi kesehatan lain yang terkait.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pepaya adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan, dan dapat membantu menjaga jantung tetap sehat. Pepaya kaya akan vitamin A dan C. Seperti pada manfaat pisang, pepaya juga dapat membantu mencegah kolesterol. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi pepaya dapat memiliki dampak positif pada sistem kekebalan tubuh Anda.Hal ini dikarenakan pepaya kaya akan antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas, yang memiliki dampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

8. Menyembuhkan Luka

Biji pepaya yang dihaluskan dapat membantu dalam penyembuhan lebih cepat untuk mengobati luka. Hal ini karena biji pepaya menunjukkan aktivitas antimikroba yang signifikan yang membantu membunuh bakteri pada luka dan membuat proses penyembuhan lebih cepat.

9. Memiliki Efek Anti Kanker

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat memiliki efek seperti kemoterapi. Biji pepaya kaya akan flavonoid seperti pada manfaat madu yang dapat mengurangi risiko kanker dengan menangkap perkembangan sel-sel kanker.

10. Mencegah Arthritis

Arthritis adalah gangguan menyakitkan yang menyebabkan peradangan pada sendi. Konsumsi pepaya secara rutin dapat membantu mengurangi rasa sakit pada sendi. Pepaya memiliki efek anti – inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dihasilkan dari arthritis.

11. Mengurangi Risiko Radang Paru-Paru

Perokok, baik aktif maupun yang pasif, dapat meningkatkan risiko radang paru-paru. Pepaya memiliki vitamin A, yang dapat membantu dalam mencegah dan mengurangi risiko peradangan ini.

12. Mengobati Kurap

Pepaya mengandung karoten, senyawa ini jika dikonsumsi setiap hari dapat berguna dalam mengobati infeksi kurap. Berkat sifat anti – inflamasi pada pepaya, hal ini dapat memudahkan mengatasi peradangan dan kemerahan yang disebabkan oleh infeksi.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa pepaya memiliki banyak manfaat / khasiat, seperti khasiat pepaya untuk kulit, manfaat pepaya untuk rambut, dan khasiat pepaya untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 14 Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…