Categories: HerbalTumbuhan

8 Khasiat Manjakani untuk Kesehatan dan Wanita

Manjaki, atau biasa juga disebut sebagai masikai atau oak gall di negara lain, sering digunakan dalam pengobatan tradisional di Asia. Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai manfaat dan khasiat manjakani untuk wanita dan kesehatan secara keseluruhan.

Manjakani dapat digunakan untuk kalangan dewasa, lansia, dan untuk anak-anak. Pada dasarnya manjakani digunakan untuk mengatasi infeksi di mulut. Dan di Asia sendiri, manjakani biasa diolah menjadi ramuan herbal yang digunakan untuk mengencangkang otot area pribadi wanita. Selain manfaat yang telah disebutkan tersebut, masih banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari menggunakan manjakani ini.

Khasiat Manjakani

Berikut khasiat manjakani bagi kesehatan :

1. Untuk Mengobati Sariawan

Manjakani telah lama dapat digunakan untuk mengobati sariawan secara cepat. Anda dapat menerapkan ramuan yang terbuat dari manjakani langsung pada bagian yang terkena sariawan. Hal tersebut aman digunakan untuk mengatasi sariawan, dan bahkan bisa digunakan pada anak-anak.

2. Digunakan Sebagai Obat Kumur

Selain untuk mengatasi sariawan, Anda dapat menggunakan bubuk (direbus) yang terbuat dari manjakani sebagai obat kumur. Hal ini karena manjakani memiliki sifat antiseptik. Berkumur dengan manjakani dapat membantu Anda dalam megnobati gigi berlubang dan menghilangkan bau mulut.

3. Sebagai Cairan Antiseptik Pembersih Luka

Ketika manjakani direbus dengan air dan digunakan untuk mencuci bagian yang terkena luka dan lecet, hal ini akan membantu dalam proses penyembuhan yang lebih cepat. Hal ini dikarenakan manjakani dapat digunakan sebagai cairan antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan luka secara lebih cepat.

4. Membantu Mengatasi Infeksi pada Saluran Kemih

Zat yang terkandung dalam manjakani dapat membantu Anda dalam mengatasi infeksi pada saluran kemih. Penggunaan internal dianjurkan untuk dikonsumsi bersama dengan herbal lainnya agar lebih efektif.

5. Bermanfaat untuk Anak-Anak

Manjakani memiliki banyak kegunaan dan manfaat kesehatan bagi anak-anak. Anak-anak yang menderita diare dan sindrom iritasi usus besar atau prolaps rektum yang biasa terjadi setelah diare dapat diatasi dengan menggunakan manjakani.

Sifat anti diare yang terdapat pada buah manjakani dapat membantu Anda menyembuhkan berbagai gangguan perut yang terkait. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat membuat jamu manjakani, yaitu gunakan bubuk manjakani bersama dengan bubuk kayu manis yang dikonsumsi dengan madu, selama dua kali sehari.

6. Bermanfaat untuk Kulit

Manjakani dkenal dapat bermanfaat untuk kulit Anda. Sesuai dengan Wiki, dosis kecil manjakani yang tidak signifikan dapat membantu dalam memutihkan kulit dan mengobati penyakit yang terkait dengan kulit. Disamping hal tersebut, penggunakan manjakani dalam dosis besar dalam menyebabkan kulit kering.

Khasiat Manjakani untuk Wanita

Berikut khasiat buah manjakani untuk wanita :

7. Mengatasi Bau Tak Sedap di Daerah Genital

Manjakani dapat membantu mengatasi bau tak sedap pada daerah genital. Gunakan ekstrak manjakani sebagai solusi untuk mencuci bagian yang terinfeksi atau memiliki bau tak sedap di daerah genital pada wanita, disamping fungsinya untuk mengatasi bakteri atau jamur yang tumbuh pada daerah tersebut.

8. Digunakan Sebagai Perapat

Manjakani memiliki banyak kegunaan dan manfaat bagi wanita, termasuk sebagai buah manjakani untuk perapat. Ambil manjakani secukupnya lalu hancurkan. Rebus dalam air hingga terjadi perubahan warna air. Setelah itu dinginkan dan dapat digunakan untuk mencuci pada daerah pribadi wanita.

Baca juga artikel lain, seperti :

Peringatan dan Efek Samping Manjakani

Bagi ibu hamil, wanita yang sedang haid, dan orang-orang yang memiliki peyakit kronis perlu menghindari penggunaan manjakani. Anda perlu menggunakan manjakani dalam dosis yang kecil terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada dosis yang lebih besar untuk mencegah terjadinya efek samping.

Pada kasus ibu hamil, menggunakan manjakani dapat menyebabkan keguguran, sehingga perlu menghindari penggunaan manjakani ini. Selain itu, sebelum menggunakan manjakani untuk pertama kalinya, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada yang ahli atau dokter.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa manjakani memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 8 khasiat manjakani untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Minyak Kemiri serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi khasiat manjakani untuk kesehatan :

mavcure.com/manjakani-herb-uses-benefits-side-effects/

www.pinkandpink.com/2016/03/manjakani-majuphal-masikai-uses-health-benefits.html

www.wildturmeric.net/2014/10/5-amazing-health-benefits-uses-of-oak-gall-manjakani.html?showComment=1492520832952#c7059664237654115300

image by : www.worldof-herbs.com

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…