11 Khasiat Minum Kopi Yang Baik Untuk Kesehatan

Kopi mengandung antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa khasiat kopi dapat mengurangi risiko terkena beberapa jenis penyakit yang berbahaya.

11 Manfaat dan Khasiat Kopi Yang Baik Untuk Kesehatan

11 Manfaat dan Khasiat Kopi Yang Baik Untuk Kesehatan

1. Kopi Bisa Meningkatkan Tingkat Energi

Kopi dapat membantu orang yang merasa sedikit lelah dan dapat meningkatkan tingkat energi. Hal ini karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, yang sebenarnya adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Artikel terkait: Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Meningkatkan Stamina

2. Kopi Membuat Lebih Cerdas

Banyak percobaan terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Hal ini termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, tingkat reaksi dan fungsi kognitif. CNN melaporkan bahwa khasiat kopi memungkinkan otak Anda untuk bekerja dalam cara yang jauh lebih efisien dan lebih cerdas .

3. Membantu Pembakaran Lemak

Kafein adalah salah satu zat alami yang benar-benar telah terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme sekitar 3 % – 11 %.

Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10 % pada orang obesitas dan 29 % pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan bahwa efek ini akan berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

4. Kafein Dapat Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein membuat sel-sel lemak memecah lemak pada tubuh, melepaskan mereka ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuatnya tersedia sebagai bahan bakar. Karena efek ini, tidak mengejutkan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja fisik sebanyak 11 % – 12 %, pada angka rata-rata.

5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe II

Untuk beberapa alasan, peminum kopi memiliki risiko secara signifikan mengurangi diabetes tipe 2. Suatu studi menunjukkan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 23 % – 50 % lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe II.

Artikel terkait:

6. Melindungi Dari Penyakit Alzheimer & Demensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang berumur di atas 65 tahun.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini, seperti makan sehat dan berolahraga, tapi minum kopi mungkin sangat efektif juga. Beberapa studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko sampai 65 % lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

Artikel terkait: Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun Untuk Mengurangi Risiko Alzheimer

7. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit Parkinson adalah terjadinya tremor atau gemetaran.

8. Kopi Baik Untuk Hati

Beberapa penyakit umum terutama yang mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan lain-lain. Banyak dari penyakit ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut sirosis, sirosis hati adalah penyakit hati menahun yang mengenai seluruh organ hati.

Keadaan tersebut terjadi karena infeksi akut dengan virus hepatitis dimana terjadi peradangan sel hati yang luas dan menyebabkan banyak kematian sel. Ternyata kopi dapat melindungi hati terhadap sirosis. Orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko hingga 80 % lebih rendah.

9. Melawan Depresi & Membuat Lebih Bahagia

Depresi adalah gangguan mental yang serius, yang menyebabkan secara signifikan mengurangi kualitas hidup. Dalam sebuah penelitian di Harvard, wanita yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 20 % lebih rendah mengalami depresi.

Artikel terkait: Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun Untuk Mengurangi Risiko Depresi

10. Kopi Mengurangi Risiko Kanker

Suatu studi menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat pada pria sebesar 20 %, dan kanker endometrium pada wanita sebesar 25 %. Kafein juga dapat mencegah berkembangnya karsinoma sel basal, suatu jenis yang paling umum dari kanker kulit.

Artikel terkait:

11. Menurunkan Risiko Terkena Stroke

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko 20 % lebih rendah terkena stroke. Untuk mendapatkan khasiat kopi untuk menurunkan risiko terkena stroke, konsumsi kopi secara wajar ( 2-4 cangkir sehari ) dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena stroke.

Artikel terkait: Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun Untuk Mencegah Stroke


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa minum kopi memiliki banyak manfaat / khasiat, terkhususnya khasiat kopi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
5 Comments