Khasiat

10 Khasiat Jahe Untuk Mengatasi Berbagai Macam Masalah Kesehatan

Jahe penuh dengan nutrisi dan senyawa bioaktif yang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, dan telah digunakan untuk pengobatan selama berabad-abad. Jahe telah terbukti membantu banyak masalah kecil seperti sakit perut, sampai memberikan khasiat jahe yang penting untuk melawan kanker yang efektif.

10 Manfaat dan Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

1. Melawan Berbagai Kanker

Khasiat jahe telah dikenal untuk membantu pengobatan selama bertahun-tahun melawan kanker ovarium. Suatu penelitian menemukan bahwa jahe juga dapat menghancurkan sel-sel kanker ovarium. Selain membantu untuk mengobati kanker ovarium, jahe juga memberikan manfaat perlindungan untuk kanker usus besar.

Suatu percobaan yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Oncology menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi jahe memiliki tingkat yang lebih rendah mengalami peradangan usus, sehingga membantu untuk mengurangi risiko kanker usus besar.

Artikel terkait: Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker

2. Jahe Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Seperti yang disebutkan, jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Senyawa anti-inflamasi yang bertanggung jawab untuk secara signifikan mengurangi peradangan disebut gingerol. Senyawa ini membuat jahe memiliki manfaat yang luar biasa untuk berbagai kondisi inflamasi (peradangan) yang terkait.

Selain itu, jahe juga dapat bermanfaat bagi yang mengalami penyakit lain yang disebabkan atau dipicu oleh peradangan seperti obesitas, diabetes, penyakit Alzheimer, berbagai jenis kanker, dan penyakit kardiovaskular.

3. Mengobati Sakit Maag atau Asam Refluks

Maag menyerang pada bagian lambung yang terdapat enzim-enzim pencernaan seperti pepsin, asam lambung, serta mukosa untuk melindungi dinding lambung. Pada penderita maag, produksi asam lambung yang terlalu berlebihan dan ditambah dengan sedikitnya makanan yang diproses dapat membuat asam mengikis dinding lambung.

4. Jahe Dapat Mengobati Batuk

Selain manfaat jahe lainnya, jahe juga menjadi salah satu obat alami paling terkenal untuk mengatasi batuk. Minum jahe hangat akan meredakan sakit tenggorokan, dan batuk yang tak berhenti-henti.

5. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Seperti batuk, sakit perut, dan sakit kepala, teh yang dibuat dengan jahe juga bagus untuk meredakan sakit tenggorokan. Untuk mendapatkan khasiat jahe untuk mengatasi sakit tenggorokan, rebuslah sepotong 1 inci jahe atau beberapa iris secukupnya, kemudian tambahkan madu dan / atau lemon.

Artikel terkait: Manfaat Madu Untuk Mengurangi Batuk dan Iritasi Tenggorokan

6. Mengatasi Hidung Tersumbat

Salah satu khasiat jahe yang lain yaitu jahe dapat mengatasi hidung tersumbang. Caranya, cobalah membuat teh jahe dengan santan dan madu lokal. Dikatakan bahwa rasa dari campuran tersebut lumayan enak, selain itu manfaatnya dapat mencairkan dahak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artikel terkait: Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah dan Mengatasi Flu

7. Meredakan Sakit Perut

Banyak bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk mengatasi sakit perut, dan tidak terkecuali jahe. Untuk mendapat manfaat jahe untuk meredakan sakit perut, parut jahe secukupnya lalu masukkan dalam air mendidih selama beberapa menit, minumlah dengan sesendok madu untuk mengatasi sakit perut.

8. Mengobati Sakit kepala / Migrain

Jahe ini sangat berguna untuk mengatasi rasa mual yang sering disertai dengan sakit kepala migrain. Salah satu obat alami yang biasa digunakan ketika mengalami sakit kepala adalah jahe. Untuk mendapat khasiat jahe untuk mengobati sakit kepala, seduhan air jahe yang hangat dipercaya dapat meringankan sakit kepala.

9. Jahe Dapat Mengatasi Sakit Gigi

Juga di antara manfaat kesehatan dari jahe, penggunaan jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk mengatasi sakit gigi, cobalah untuk menggosok jahe mentah ke dalam gusi atau rebus lah akar jahe, lalu biarkan sampai dingin dan gunakan sebagai obat kumur.

10. Bahan Aktif Dalam Jahe Dapat Melawan Infeksi

Gingerol, zat bioaktif dalam jahe segar dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Bahkan, ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Hal ini sangat efektif melawan bakteri mulut terkait dengan penyakit inflamasi pada gusi.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa jahe memiliki banyak manfaat / khasiat, terkhususnya khasiat jahe untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.