Categories: HerbalKhasiatTumbuhan

17 Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih merupakan daun yang berbentuk hati dan menjadi obat alami atau herbal yang sangat manjur karena efektif dalam mengatasi berbagai penyakit. Beberapa masalah umum yang dapat disembuhkan oleh khasiat daun sirih yaitu batuk, sakit kepala, dan lain-lain.

Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih dapat mengatasi dan mencegah berbagai penyakit. Daun sirih dapat menjadi obat alami yang lebih baik daripada obat-obatan kimia yang mahal dan mungkin saja memiliki efek samping. Berikut khasiat daun sirih yang dijelaskan.

1. Sebagai Analgesik

Daun sirih dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan karena luka, memar, ruam kulit, inflamasi ( internal maupun eksternal ), gangguan pencernaan, sembelit, dll.

Catatan:
Analgesik ialah istilah yang digunakan untuk mewakili sekelompok obat yang digunakan sebagai penahan sakit. (wikipedia)

2. Meringankan Sembelit

Antioksidan yang terkandung dalam daun sirih dapat mengembalikan tingkat PH yang disebabkan karena sakit perut, sehingga dapat meredakan sembelit.

Penggunaan:
Untuk mendapatkan khasiat daun sirih untuk meringankan sembelit, kunyah daun sirih lalu telan saripatinya untuk meredakan sembelit.

3. Melancarkan Pencernaan

Daun sirih dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap mineral penting dan juga nutrisi. Kotoran dalam usus akan dibuang dengan mudah melalui kinerja sfingter yang lebih baik . Kinerja sfingter yang lebih baik juga merupakan hasil dari stimulasi yang disebabkan oleh daun sirih.

Catatan:
Sfingter adalah sebuah cincin serat otot yang terletak di sekitar pembukaan dalam tubuh yang mengatur perjalanan zat. (kamuskesehatan)

4. Mengurangi Nyeri Lambung

Daun sirih pada dasarnya sangat membantu dalam meningkatkan GERD. Hal ini membuat duodenum terbebas dari radikal bebas yang berbahaya dan racun. Duodenum adalah bagian pendek dari usus halus yang menghubungkannya ke lambung (biologi)

Catatan:
Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. (alodokter)

5. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Daun sirih dapat membantu menyegarkan nafas, melindungi dari kuman, bakteri, dan gangguan mulut lainnya. Dengan mengunyah daun sirih, maka dapat membersihkan mulut. Hal ini dapat mencegah kerusakan gigi, memperkuat gusi dan gigi, serta mencegah pendarahan mulut.

6. Mengobati Masalah Pernafasan

Daun sirih sangat baik dalam mengobati masalah pernafasan. Seperti mengobati batuk dan deman, memberikan manfaat bagi yang menderita sakit dada, kongesti paru-paru dan asma.

Penggunaan:
Kongesti adalah akumulasi abnormal atau berlebihan dari cairan tubuh. Istilah ini digunakan secara luas dalam pengobatan. (kamuskesehatan)

7. Meredakan Batuk

Daun sirih dapat mengatasi batuk yang terjadi terus-menerus. Dimana daun sirih sarat dengan kebaikan antibiotik. Antibiotik ini memudahkan dahak keluar dan juga mengurangi peradangan yang disebabkan karena batuk terus menerus.

8. Sebagai Antiseptik

Daun sirih kaya akan polifenol. Jadi daun sirih memberikan perlindungan ganda terhadap kuman. Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati peradangan seperti arthritis dan orchitis. Daun sirih dapat bertindak sebagai pereda rasa nyeri dan anti inflamasi.

9. Sebagai Antijamur

Daun sirih juga merupakan obat antijamur yang baik. Infeksi jamur umumnya terjadi pada bagian tubuh yang lembab. Dengan demikian, daun sirih berperan sebagai obat alami yang menakjubkan yang dapat mencegah infeksi jamur secara alami.

10. Meredakan Sakit Punggung

Daun sirih merupakan obat alami yang baik untuk meredakan sakit punggung atau pinggang. Memijat punggung bagian bawah dengan minyak daun sirih dikombinasikan dengan minyak dapat membantu untuk meringankan rasa sakit. Begitu juga dengan nyeri otot tegang, kemerahan, dan bengkak .

11. Menyembuhkan Luka dan Infeksi

Daun sirih dapat melakukan penyembuhan pada luka dan infeksi. Dengan menghaluskan beberapa daun sirsak lalu terapkan pada luka atau infeksi. Kemudian letakkan daun sirih diatasnya dan bungkus dengan perban. luka akan sembuh dalam dua hari karena mencegah pertumbuhan mikroba yang merusak.

12. Meningkatkan Kewaspadaan

Jika Anda merasa lesu atau menderita kelelahan saraf, daun sirih bisa menjadi obat yang baik untuk meningkatkan kewaspadaan. Satu sendok teh jus daun sirih dicampur dengan madu dapat bertindak sebagai tonik. Ramuan ini dapat dikonsumsi dua kali sehari. Ramuan ini dapat meningkatkan fungsi mental dan juga memberikan energi tambahan, sehingga dapat menyembuhkan dari kelesuan mereka.

13. Mengobati Sakit kepala

Untuk orang yang menderita sakit kepala, daun sirih dapat menjadi obat yang efektif. Hal ini karena daun sirih memiliki sifat analgesik. Untuk mendapatkan khasiat untuk mengobati sakit kepala, anda dapat menerapkan daun sirih di dahi Anda untuk meringankan sakit kepala.

14. Mengatasi Jerawat dan Gangguan Kulit

Daun sirih merupakan obat yang ampuh untuk mengatasi jerawat, flek hitam, dll. Sifat antimikroba nya dapat membantu untuk mengobati ulserasi kulit, alergi, gatal-gatal, dan bau badan. Sifat antimikroba dan antiseptik nya juga dapat membantu untuk mengobati infeksi kulit.

Penggunaan:
Hancurkan beberapa daun sirih hingga mendapat ekstraksnya, lalu campurkan dengan sedikit kunyit dan terapkan pada bagian yang jerawat dan alergi. Daun sirih yang direbus dalam air juga dapat digunakan untuk mencuci wajah dan kulit untuk mengobati dan mencegah masalah kulit.

15. Mengobati Sakit Telinga

Sakit telinga bisa menyebabkan iritasi dan sangat menyakitkan. Ekstrak daun sirih merupakan obat yang manjur untuk masalah ini. Campurkan ekstrak daun sirih dan kelapa lalu gunakan dua tetes pada telinga.

16. Mencegah Bau Badan

Daun sirih dapat membantu mencegah bau badan. Anda dapat menambahkan ekstrak daun sirih ke dalam bak air mandi untuk tetap segar sepanjang hari. Hal ini dapat mencegah bau yang tidak enak dari keringat.

17. Mengatasi Mimisan

Daun sirih juga dapat menjadi obat yang baik untuk mengatasi mimisan. Dimana daun sirih dapat membantu untuk menghentikan aliran darah. Untuk mendapatkan khasiat daun sirih untuk mengatasi mimisan, gulunglah daun sirih segar kemudian masukkan kedalam hidung yang mimisan. Tunggu sampai setidaknya 30 menit.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa daun sirih memiliki banyak manfaat, terutama khasiat daun sirih untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Teh Hijau (Green Tea) Untuk Kesehatan dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…