10 Khasiat Kesehatan Yang Bisa Diperoleh Dari Daun Salam

Daun salam pada dasarnya merupakan bahan dasar untuk masakan. Tetapi daun salam juga memiliki banyak manfaat lain, seperti khasiat daun salam untuk kesehatan. Nama ilmiah daun salam adalah syzygium polyanthum, dan dikenal dalam bahasa inggris sebagai bay leaf.

10 Manfaat dan Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun salam mengandung vitamin dan mineral yang memberikan berbagai manfaat. Daun salam secara luas digunakan oleh orang Yunani dan Romawi yang dipercaya bahwa daun salam melambangkan kebijaksanaan, kedamaian dan perlindungan. Berikut khasiat daun salam untuk kesehatan.

1. Kesehatan Pencernaan

Daun salam memiliki efek yang sangat baik untuk sistem pencernaan, senyawa organik yang terdapat dalam daun salam sangat efektif untuk menyembuhkan sakit perut, bahkan Mengurangi gejala penyakit Celiac ‘ s .

Catatan:
Celiac adalah alergi makanan yang mencegah tubuh untuk menggunakan beberapa nutrisi. Alergi ini adalah terhadap kandungan protein yang disebut gluten. Gluten ditemukan di banyak biji-bijian seperti jenis gandum (hellosehat).

2. Kondisi Pernafasan

Ketika minyak atsiri dari daun salam diekstrak, dan dicampur ke dalam salep lalu diterapkan ke dada dapat membantu meringankan berbagai kondisi pernapasan.

3. Kesehatan rambut

Jika anda ingin meningkatkan kesehatan folikel rambut dan menghilangkan ketombe, rendam daun salam dalam air dan gosok pada kulit kepala Anda setelah keramas. Bahan kimia dan bahan-bahan yang mudah menguap di daun salam dapat membantu untuk mengatasi kulit kering dan ketombe seperti pada khasiat daun sirsak .

Catatan:
Folikel rambut adalah struktur kulit di mana rambut akan tumbuh. Terdapat folikel rambut di seluruh kulit, dengan pengecualian dari bibir, telapak tangan, dan telapak kaki.

4. Mengatasi Peradangan

Salah satu yang terpenting dari khasiat daun salam adalah kemampuan untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh karena daun salam mengandung phytonutrient, yang disebut parthenolide, yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi ketika dioleskan ke daerah yang terkena, seperti nyeri sendi atau daerah yang terkena arthritis.

5. Kesehatan jantung

Kandungan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Asam caffeic yang terdapat dalam daun salam dapat membantu menghilangkan kolesterol “buruk” dari sistem kardiovaskular.

6. Pencegahan Kanker

Kombinasi unik dari antioksidan dan senyawa organik dalam daun salam, termasuk fitonutrien, catechin, linalool, dan parthenolide dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas seperti pada khasiat tomat. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel sehat untuk bermutasi menjadi sel-sel kanker, dimana khasiat daun salam dapat mencegah kanker terjadi.

7. Mengatasi Kegelisahan dan Stres

Salah satu manfaat paling umum dari daun salam adalah memberikan efek penenang. Kandungan linalool dalam daun salam dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan dalam aromaterapi. Hormon stres berlebih bisa berbahaya bagi kesehatan jangka panjang, sehingga daun salam dapat membantu untuk menenangkan diri dan tetap santai.

8. Mencegah Diabetes

Daun salam telah berhubungan dengan peningkatan fungsi reseptor insulin dan pengaturan kadar gula darah. Untuk pasien yang berisiko diabetes, konsumsi rutin daun salam secara dapat menurunkan kemungkinan risiko diabetes secara signifikan.

9. Pengobatan Demam dan Infeksi

Daun salam sangat efektif dalam mengatasi gejala pilek, flu dan infeksi. Untuk mendapatkan khasiat daun salam dalam masalah pernapasan, rebuslah air dan tambahkan 2 sampai 3 daun salam. Rendamlah kain dalam air rebusan ini dan letakkan di dada Anda untuk meringankan flu, pilek dan batuk.

10. Pengobatan Masalah Ginjal

Seperti khasiat pisang, daun salam dapat membantu dalam mengobati infeksi ginjal, bahkan batu ginjal. Untuk mendapatkan khasiat daun salam dalam pengobatan masalah ginjal, didihkan 5 gram daun salam kedalam 200 ml air sampai 50 ml air tersisa. Saring dan minum dua kali sehari. Manfaat nya akan menghentikan pembentukan batu ginjal.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa konsumsi daun salam memiliki banyak manfaat / khasiat, terkhususnya khasiat daun salam yang baik untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul Khasiat Tomat Untuk Kesehatan dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

3 Comments