Buah-Buahan

10 Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan

Anda penyuka masakan pedas? Jika iya maka Anda pasti tau bahwa rasa pedas yang ditimbulkan berasal dari suatu jenis cabe, misalnya saja cabe rawit. Tidak hanya dapat membuat makanan menjadi lebih nikmat, ternyata cabe rawit juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Lalu apa saja manfaat cabe rawit untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

KANDUNGAN GIZI CABE RAWIT

Rasa pedas pada cabe rawit dihasilkan oleh senyawa yang disebut capsaicin. Tak hanya itu saja, cabe rawit juga memiliki beragam kandungan gizi lainnya seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, betakaroten, protein, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan karbohidrat. Dengan begitu tak mengherankan jika sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pengonsumsinya.

Manfaat Cabe Rawit

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 10 manfaat cabe rawit untuk kesehatan tubuh:

Mencegah Kanker

Manfaat cabe rawit yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini karena adanya kandungan yang bernama capsaicin di dalamnya, yang memiliki fungsi untuk menghancurkan sel-sel yang dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker.

Meningkatkan Nafsu Makan

Jika Anda sedang merasa nafsu makan berkurang, Anda dapat mengonsumsi cabe rawit sebagai solusinya. Hal ini karena terdapat suatu kandungan di dalam cabe rawit yang berfungsi untuk meningkatkan hormon endorphin dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Manfaat lain dari konsumsi cabe rawit yaitu membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh (Detoksifikasi). Saat mengonsumsi cabe rawit, rasa pedas yang ditimbulkan akan membuat keringat keluar dari dalam tubuh. Melalui keringat itulah, racun yang ada di dalam tubuh juga akan ikut keluar.

Melancarkan Proses Pencernaan

Cabe rawit cukup dikenal akan kemampuannya dalam melancarkan proses pencernaan dengan cara menstimulasi sistem pencernaan, serta meningkatkan produksi enzim dan asam lambung. Selain itu serbuk cabe juga dapat membantu dalam menstimulasi gerakan peristaltic perut, sehingga membantu proses asimilasi dan eliminasi.

Sebagai Antibiotik

Siapa sangka bahwa cabe rawit mengandung senyawa antioksidan. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan fito-kimia, antara lain solamine, solamidine, solamargine, solasomine, dan steoid saponin (kapsaisidin). Kandungan saponin inilah yang berkhasiat sebagai antibiotik.

Mengatasi Nyeri Sendi

Makan cabe rawit ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengatasi dan meredakan nyeri sendi yang Anda alami. Hal ini karena adanya senyawa kapsaisin yang berfungsi untuk meredakan otot yang tegang. Dengan begitu khasiat cabe rawit mampu mengatasi nyeri pada sendi.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cabe rawit memiliki berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tidak terkecuali adanya vitamin C. Dimana vitamin ini berfungsi dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Oleh karena itu kekebalan tubuh manusia dapat terjaga agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Cabe rawit ternyata juga berguna bagi kesehatan jantung Anda, karena manfaatnya yang dapat membantu mencegah serangan jantung yang mematikan. Hal ini karena karakteristik cabe rawit yang dapat membuka arteri di jantung.

Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya kaya akan vit C dan vit A, cabe rawit juga kaya akan antioksidan. Vi C dan vit A tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang akan berdampak buruk bagi tubuh. Sedangkan antioksidan dapat menghambat penuaan dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses radikal bebas. Kedua manfaat itulah yang akan membuat kulit Anda senantiasa terlihat awet muda.

Baik untuk Kesehatan Mata

Vitamin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata adalah vitamin B2, dimana vitamin ini juga terkandung di dalam cabe rawit. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak menyukai wortel dapat mengonsumsi cabe rawit sebagai alternatifnya. Tentunya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya agar tidak menimbulkan efek samping.

Demikian artikel kesehatan mengenai manfaat cabe rawit untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu tips mengecilkan perut dengan buah-buahan atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
Judul Artikel
10 Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Tidak hanya dapat membuat makanan menjadi lebih nikmat, ternyata cabe rawit juga memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaat cabe rawit untuk kesehatan? Berikut ulasannya.
Share
Tags: cabaicabe

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.