Herbal

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com – Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman. Namun tahukah Anda, Anda juga dapat memperoleh berbagai manfaat bunga telang untuk kesehatan bila mengonsumsinya dengan cara yang tepat.

Apa itu bunga telang?

Bunga telang atau dikenal dengan nama lain kembang telang (clitoria ternatea) adalah salah satu jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di antara semak-semak dan tanah kering. Meskipun begitu, tidak jarang orang-orang pun dengan sengaja menanam tanaman ini untuk mempercantik halaman rumah.

Umumnya bunga jenis ini memiki warna biru yang cantik, maka tak heran jika bunga ini seringkali digunakan sebagai pewarna makanan dan minuman. Tak hanya itu saja, khasiat bunga telang juga sejak lama sudah digunakan untuk obat herbal atau pengobatan tradisional untuk tujuan kesehatan.


Apa saja manfaat bunga telang untuk kesehatan?

Bunga telang memiliki kandungan senyawa aktif yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan tersebut antara lain:

  1. Menurunkan kadar gula darah

Bunga telang mengandung antioksidan tinggi, sehingga baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes. Tak hanya itu, konsumsi bunga ini juga dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil.

Sebagai catatan, agar gula darah tetap terkontrol, Anda juga perlu olahraga rutin, membatas konsumsi minuman dan makanan yang manis, serta menjalani pola hidup sehat.

  1. Menjaga kesehatan otak

Kandungan antioksidan pada bunga telang, seperti flavonoid dan antosianin, sangat baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk juga sel saraf.

Selain itu, bunga ini juga diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu senyawa kimia di otak yang berperan dalam menjaga konsentrasi dan proses mengingat.

Hal tersebut didukung dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Antioksidan juga dapat mencegah terjadinya demensia atau pikun parah.

Cara konsumsi bunga telang untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan cara dikonsumsi sebagai teh herbal atau suplemen.

Baca juga: Manfaat teh bunga sepatu

  1. Meredakan peradangan

Khasiat bunga telang juga telah lama dipercaya dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi demam dan nyeri akibat peradangan yang dirasakan di dalam tubuh.

Hal tersebut diperkuat dengan beberapa riset yang menunjukkan bahwa manfaat bunga telang diketahui memiliki efek antiradang atau anti inflamasi.

  1. Mengatasi gangguan kecemasan

Manfaat bunga telang yang lainnya adalah dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan.

Hal ini didukung dengan adanya sebuah penelitian dari jurnal Ancient Science of Life tentang penggunaan teh bunga telang. Dimana hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa minum teh ini yang dikombinasikan dengan teknik yoga memberikan hasil yang signifikan dalam proses penyembuhan gangguan kecemasan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Bunga telang memiliki sejumlah senyawa yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dimana senyawa tersebut dikatakan dapat menjaga kelembapan dan mempercepat penyembuhan bisul dan infeksi pada kulit.

  1. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Rebusan bunga telang yang diolah dengan benar dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan meredakan peradangan.

Tips agar mendapatkan hasil yang optimal untuk memperoleh manfaat ini adalah pastikan Anda minum air putih dan istirahat yang cukup.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat bunga telang yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Meskipun begitu, Anda tetap perlu mengimbanginya dengan konsumsi buah dan sayuran tinggi serat agar kesehatan pencernaan Anda menjadi lebih baik.


Hal yang perlu diperhatikan sebelum konsumsi bunga telang

Perlu diketahui bahwa meskipun bunga telang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, Anda tidak bisa menjadikannya sebagai pengobatan utama dalam menyembuhkan suatu penyakit ataupun saat Anda sedang konsumsi obat-obatan lain disaat yang bersamaan.

Dilansir dari beberapa sumber, bunga ini cukup aman dikonsumsi sesekali sebagai sumpelen dan teh herbal. Jadi pastikan juga produk herbal yang Anda beli sudah terdaftar di BPOM.

Baca juga:

Referensi

Clitoria ternatea benefits and side effects.
Evaluation of the antioxidant potential of Clitoria ternatea L.
5 Manfaat Bunga Telang sebagai Obat Herbal Alami.
Ringkasan
Judul Artikel
7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan
Deskripsi
Tahukah Anda, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat bunga telang untuk kesehatan bila mengonsumsinya dengan cara yang tepat.
Penulis
Share

Recent Posts

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…