10 Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Buah nangka merupakan salah satu dari jenis buah-buahan tropis, yang memiliki bentuk dan ukuran yang cukup unik, serta memiliki rasa manis jika dikonsumsi. Seperti buah-buahan tropis lainnya, seperti buah durian dan buah pisang, buah nangka juga kaya akan energi, serat, mineral, vitamin, dan bebas dari lemak jenuh, yang membuatnya memiliki banyak manfaat, tak terkecuali manfaat untuk kesehatan.

10 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari semua jenis sudah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang merugikan. Tak terkecuali konsumsi buah nangka. Berikut 10 manfaat buah nangka untuk kesehatan.

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Nangka merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, yaitu nutrisi yang dapat membantu dalam melindungi terhadap infeksi virus dan bakteri. Vitamin C membantu untuk memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel darah putih.

2. Mencegah Kanker

Selain mengandung vitamin C, nangka juga kaya fitonutrien yang memiliki sifat anti kanker dan anti aging. Fitonutrien ini dapat membantu menghilangkan penyebab kanker seperti radikal bebas dari tubuh dan memperlambat degenerasi sel-sel yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

3. Meningkatkan Energi

Nangka dianggap sebagai buah pembangkit energi, karena adanya kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang memberikan dorongan energi secara instan. Meskipun buah nangka dapat memberikan dorongan energi, tapi buah ini tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, sehingga menjadikannya buah yang menyehatkan.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Dengan jumlah tinggi akan kalium, nangka dapat mengurangi dan mengendalikan tekanan darah yang pada akhirnya dapat menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung, stroke , dan gangguan lain pada umumnya.

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Nangka memberikan kontribusi dalam meningkatkan sistem pencernaan ketika dikonsumsi secara teratur, karena nangka memiliki kandungan tinggi akan serat sehingga dapat meningkatkan gerakan usus. Hal ini juga dapat melindungi usus besar dengan menghapus bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

6. Menyembuhkan Insomnia

Gangguan tidur dapat disembuhkan dengan makan nangka, karena mengandung cukup magnesium dan zat besi yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Magnesium juga dapat membantu dalam mencegah anemia yang merupakan salah satu penyebab utama insomnia.

7. Kesehatan Tulang

Konsumsi nangka dapat menjadi suplemen kalsium yang baik untuk tulang sehat. Selain kalsium, juga mengandung vitamin C dan magnesium yang dapat membantu lebih lanjut dalam penyerapan kalsium.

8. Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan dalam buah nangka dapat meningkatkan penglihatan mata dan memberikan perlindungan terhadap katarak dan degenerasi makula. Nangka juga mengandung vitamin A yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.

9. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Nangka sarat dengan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, Niacin, Vitamin B6, Folate, asam pantotenat, tembaga, mangan dan magnesium yang diperlukan untuk pembentukan darah. Hal ini dapat juga meningkatkan kapasitas tubuh untuk menyerap zat besi, sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan anemia.

10. Ramah Terhadap Penderita Diabetes

Meskipun rasanya yang begitu manis, nangka aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena menyerap gula secara perlahan-lahan ke dalam aliran darah yang memungkinkan pasien diabetes dengan aman dapat mengkonsumsinya, dan tetap mendapatkan manfaat kesehatan lainnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa nangka memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat buah nangka untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Buah Pear Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

4 Comments