10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Air kelapa muda adalah cairan bening yang berasal dari buah kelapa hijau yang sudah dipanen sebelum mencapai usia tua. Air kelapa muda murni mengandung beberapa nutrisi yang sangat baik dikonsumsi untuk tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat air kelapa muda untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Sumber: pinterest.com

Kandungan gizi air kelapa muda

Mengutip dari fakta gizi, 100 gram air kelapa mengandung komposisi gizi sebanyak:

  • Karbohidrat: 3.8 g
  • Protein: 0.2 g
  • Lemak: 0.1 g
  • Energi: 17 Kalori (kal)
  • Kalium: 149 mg
  • Kalsium: 15 mg
  • Fosfor: 8 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Besi: 0.2 mg

Dari kandungan gizi tersebut, terlihat bahwa air kelapa muda mengandung kalium tinggi. Bahkan jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan Anda makan satu buah pisang.

Dilain sisi, kandungan mineral lain yang Anda dalam air kelapa seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, dan seng lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam buah jeruk.

Beragam Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Tidak hanya digunakan untuk melepas dahaga, air kelapa juga dapat memberikan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini merupakan beberapa manfaat air kelapa muda yang dapat Anda nikmati:

  1. Mencegah dehidrasi tubuh

Air kelapa kerap dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan akan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan. Meskipun demikian, minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya merupakan anjuran yang paling tepat untuk mencegah dehidrasi.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Tahukah Anda, air kelapa muda mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat melindungi tubuh manusia dari paparan radikal bebas penyebab beragam penyakit. Bahkan minuman air kelapa yang ditambah dengan perasan jeruk nipis dipercaya dapat meningkatkan khasiat air kelapa muda untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Meningkatkan stamina tubuh

Tidak hanya dapat memberikan efek menyegarkan, air kelapa ternyata juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan karbohidrat dalam air kelapa yang berfungsi sebagai sumber energi.

  1. Mencegah sakit batu ginjal

Terdapat sebuah studi yang menyebutkan bahwa air buah kelapa dapat membantu mencegah penumpukan kristal yang menempel pada organ ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini menjadikan air kelapa dipercaya efektif untuk mencegah penyakit batu ginjal.

  1. Mencegah penyakit jantung

Kandungan air kelapa dipercaya dapat memberikan efek untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hal ini tentu berguna untuk mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Air kelapa diklaim dapat menjadi obat untuk berbagai penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Umumnya, khasiat air kelapa muda sangat efektif untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, infeksi kandung kemih, serta konstipasi.

Selain beragam manfaat air kelapa untuk pengobatan tersebut, minuman air kelapa juga dipercaya dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Salah satu khasiat air kelapa muda bagi kesehatan pencernaan yaitu untuk meredakan asam lambung.

  1. Menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap hewan menunjukkan bahwa air kelapa muda dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

  1. Minuman terbaik setelah berolahraga

Elektrolit alami yang yang terkandung dalam air kelapa muda membuatnya sangat cocok untuk minuman selepas berolahraga. Penelitian yang dilakukan oleh International Society for Horticultural Science menunjukkan bahwa air kelapa bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa yang optimal, para peneliti menyarankan untuk menghindari minum air kelapa muda dengan tambahan gula karena dapat menghambat proses hidrasi dan meningkatkan asupan kalori yang tidak diperlukan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu faktor yang dapat menyebakan kulit kering adalah kurangnya tubuh terhidrasi. Untuk mengatasi hal ini, dengan minum air kelapa muda dapat berkontribusi pada kebutuhan hidrasi harian Anda sehingga kelembapan kulit pun dapat terjaga.

Pada jenis kelapa tertentu, kandungan vitamin C yang ada dalam air kelapa tersebut mampu secara alami merangsang sintetis kolagen. Terdapat sekitar 10 miligram vitamin C per 100 gram air kelapa yang dapat membuat kesehatan kulit Anda tetap terasa kencang dan tampak awet muda.

Baca juga: Manfaat vitamin C

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa muda lainnya yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang diterbitkan oleh West Indian Medical Journal, yang menyatakan air kelapa memiliki suatu kandungan yang baik untuk mengontrol tekanan darah.

Selain itu, kandungan kalium yang ada dalam air kelapa juga berperan penting untuk menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi.

Hal yang perlu diperhatikan ketika minum air kelapa

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa konsumsi air kelapa dapat memberikan beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Meskipun demikian, dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk mendapat manfaat air kelapa muda yang maksimal, sebaiknya Anda minum air kelapa murni tanpa tambahan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsinya. Hindari konsumsi air kelapa kemasan, hal ini karena kebanyakan produk air kelapa kemasan sudah tidak lagi murni dan telah diberi perasa atau gula tambahan. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Sebagai catatan, apabila Anda mengalami gejala mual, muntah, diare, atau sakit perut setelah minum air kelapa, segera konsultasikan keluhan Anda kepada dokter agar dapat segera dilakukan pemeriksaan dan penanganan.


Referensi:

www.alodokter.com/manfaat-air-kelapa-untuk-kesehatan
hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/berbagai-manfaat-air-kelapa-bagi-kesehatan/
www.kompas.com/sains/read/2022/02/18/113200123/5-manfaat-air-kelapa-menurut-sains?page=all
katadata.co.id/safrezifitra/berita/6107cb26bf4d8/berkhasiat-ini-12-manfaat-air-kelapa-muda-yang-sudah-terbukti
www.gramedia.com/best-seller/manfaat-air-kelapa-muda/
Ringkasan
10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan - Khasiatsehat.com
Judul Artikel
10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan - Khasiatsehat.com
Deskripsi
Manfaat air kelapa muda: 1. Mencegah dehidrasi tubuh 2. Menjaga daya tahan tubuh 3. Meningkatkan stamina tubuh 4. Mencegah batu ginjal 5...
Penulis