Diet

14 Macam Makanan untuk Mengecilkan Perut yang Paling Ampuh

Perut buncit terjadi karena adanya lemak perut yang terus menumpuk. Ternyata pada era saat ini tidak hanya kalangan dewasa saja yang memiliki kondisi ini, tetapi juga anak muda. Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri, seperti merasa kurang percaya diri dan risiko penyakit yang terkait kelebihan berat badan.

via illcure.org

Namun jangan kawatir, karena terdapat berbagai macam cara untuk mengatasi kondisi perut buncit ini. Misalnya saja dengan cara mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, yaitu mengonsumsi jenis makanan yang menyehatkan. Nah, inilah beberapa jenis makanan untuk mengecilkan perut buncit yang paling ampuh.

Makanan untuk Mengecilkan Perut

Berikut daftar makanan untuk mengecilkan perut buncit:

Buah Alpukat

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan, alpukat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Meskipun memiliki kandungan lemak tinggi, tetapi kandungan lemak yang ada dalam buah ini merupakan jenis lemak baik sehingga tidak akan meningkatkan berat badan.

Lemak baik yang terkandung dalam buah ini dapat berfungsi untuk menunda rasa lapar dan menetralisir gula darah, sehingga manfaat alpukat ini tidak hanya baik untuk membantu mengecilkan perut melalui program diet penurunan berat badan tetapi juga dapat untuk mencegah penyakit diabetes.

Kacang Almond

Kacang-kacangan jenis almond ini mengandung berbagai nutrisi seperti serat, antioksidan, vitamin E, lemak baik, zat besi, zinc, dan magnesium yang sangat baik untuk membentuk jaringan otot. Jika Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, Anda juga dapat mengonsumsinya sebagai cemilan sehat yang diolah menjadi smoothie. Sehingga disamping akan memiliki rasa yang enak, kacang almond juga dapat digunakan sebagai makanan sampingan yang sehat saat menjalani program diet.

Jamur

Siapa sangka bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Berkaitan dengan hal ini, jamur memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk mencegah terjadinya obesitas. Terutama jamur-jamuran yang tumbuh di bawah paparan sinar matahari.

Brokoli

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa jenis sayuran dengan warna hijau gelap, seperti sayur brokoli dapat menurunkan kadar lemak di dalam perut. Tidak hanya itu saja, senyawa yang terkandung di dalam sayuran hijau ini juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Yoghurt

Salah satu sumber probiotik alami yang baik yaitu jenis yoghurt yang mengandung lactobacillus. Terdapat suatu penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition yang menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi probiotik secara rutin dapat menurunkan berat badan dua kali lebih cepat. Hal ini tentu menjadikan yoghurt sebagai makanan yang cocok untuk membuat perut Anda menjadi lebih rata.

Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu jenis makanan favorit bagi orang yang sadar diet. Hal ini karena makanan jenis ini dapat mengurangi lemak berlebih yang ada di bagian perut. Selain itu oatmeal juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan baik untuk kesehatan pencernaan.

Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam omega 3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, jantung, dan fungsi otak. Selain itu daging salmon juga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh Anda, dengan pembakaran lemak tubuh menjadi lebih cepat dan lebih efisien.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan makanan yang bersifat anti mikroba dan anti inflamasi. Disamping hal itu, bawang putih juga merupakan makanan yang memiliki manfaat untuk mencairkan lemak. Dengan begitu, manfaat bawang putih tak hanya dapat membantu pembakaran lemak, tetapi juga dapat membantu detoksifikasi tubuh serta mengurangi perut kembung.

Semangka

Lembaga American Dietetic Association mengungkapkan bahwa semangka merupakan salah satu jenis makanan ideal untuk mengurangi lemak perut. Selain itu, semangka juga mengandung banyak kandungan gizi seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, potasium, dan magnesium. Sehingga menjadikannya sebagai buah yang baik untuk diet karena rendah kalori dan lemak.

Seledri

Kandungan seledri yang rendah kalori namun kaya akan serat membuatnya sebagai salah satu sayuran yang tepat untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang tidak suka mengonsumsinya dalam bentuk salad atau sup, Anda juga dapat mengolahnya menjadi sebuah minuman jus.

Selain 10 daftar makanan untuk mengecilkan perut yang telah disebutkan, masih terdapat beberapa jenis makanan lainnya yang perlu Anda coba. Beberapa macam makanan lainnya yaitu:

  1. Nanas
  2. Apel
  3. Tomat
  4. Mentimun

Tips Mengecilkan Perut Agar Efektif

Salah satu hal penting untuk menjaga berat badan tubuh agar terhindar dari perut buncit adalah dengan memperhatikan pola makan yang Anda jalani. Selain mengonsumsi jenis makanan yang telah disebutkan pada artikel ini, ada baiknya jika Anda mengimbanginya dengan olahraga secara rutin. Anda dapat memulai olahraga ringan, seperti sit up untuk mempercepat proses pembentukan otot perut. Dengan begitu, perut langsing yang Anda idam-idamkan pun dapat tercapai.

Demikian artikel kesehatan mengenai macam-macam buah untuk mengecilkan perut yang paling ampuh. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu buah sehat untuk ibu hamil atau kembali ke halaman utama Situs Kesehatan untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
Judul Artikel
14 Macam Makanan untuk Mengecilkan Perut yang Paling Ampuh - KhasiatSehat.com
Deskripsi
Mengonsumsi makanan yang menyehatkan merupakan langkah yang tepat. Nah, inilah beberapa jenis makanan untuk mengecilkan perut buncit yang paling ampuh.
Penulis
Penerbit
KhasiatSehat.com
Logo Penerbit
Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.