Khasiat

14 Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Lidah buaya adalah tanaman obat yang penuh akan manfaat gizi yang menyimpan air di bagian daun, yang tebal dan berdaging. Daun lidah buaya tersebut mengandung gel yang sangat bermanfaat, terkhususnya khasiat lidah buaya untuk kesehatan, kulit, dan rambut.

Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti memiliki kandungan vitamin & mineral, menjaga kesehatan mulut, mengatasi stres, memperlancar pencernaan, kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, sampai menurunkan risiko kanker yang dijelaskan lebih lanjut dibawah ini.

1. Kaya Akan Vitamin & Mineral

Aloe Vera atau lidah buaya mengandung banyak vitamin termasuk A , C , E , asam folat , kolin , B1 , B2 , B3 ( niasin ) , B6 . Aloe Vera juga merupakan salah satu dari beberapa tanaman yang mengandung vitamin B12 . Beberapa kandungan mineral yang ditemukan dalam lidah buaya antara lain: kalsium , magnesium , seng , kromium , selenium , sodium , zat besi, kalium , tembaga , mangan .

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Dengan membuat pasta gigi menggunakan gel lidah buaya dapat menyegarkan mulut, yang dapat memperbaiki kesehatan gigi, membantu melembabkan gusi Anda dan mengobati luka di mulut.

3. Mengatasi Stres

Diperkirakan bahwa kemampuan lidah buaya sebagai adaptogen dapat menyeimbangkan sistem tubuh , merangsang pertahanan dan adaptif mekanisme tubuh . Hal ini memungkinkan Anda kemampuan meningkat untuk mengatasi stres ( stres fisik , emosional dan lingkungan seperti polusi )

Catatan:
Lidah buaya merupakan adaptogen yang terkenal . Adaptogen adalah sesuatu yang meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan eksternal dan menolak penyakit .

4. Memperlancar Pencernaan

Pencernaan yang buruk berkaitan dengan banyak penyakit . Manfaat lidah buaya dikenal untuk membersihkan saluran pencernaan dan membantu meningkatkan fungsi pencernaan . Karena lidah buaya merupakan adaptogen , lidah buaya dapat membantu mengatasi sembelit atau diare.

5. Kesehatan Jantung

Belum banyak penelitian yang dilakukan pada efek lidah buaya pada kesehatan jantung , namun telah ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika ekstrak lidah buaya disuntikkan ke dalam darah , dapat meningkatkan kemampuan transportasi oksigen dan difusi sel darah merah . Selain itu dapat dapat menurunkan risiko penyakit jantung seperti pada khasiat tomat.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan polisakarida dalam jus lidah buaya merangsang makrofag , yang merupakan sel pada jaringan yang berasal dari sel darah putih yang disebut monosit . Manfaat lidah buaya juga meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan , yang membantu melawan senyawa tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas . Aloe juga merupakan antipiretik , yang digunakan untuk mengurangi atau mencegah demam .

7. Menurunkan Resiko Kanker

Dampak dari lidah buaya pada sistem kekebalan tubuh berhubungan erat dengan antitumor dan sifat antikanker nya. Khasiat lidah buaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti pada khasiat pisang, yang secara tidak langsung membantu tubuh melawan terhadap tumor.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan, lidah buaya juga memberikan khasiat yang cukup baik untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan kulit, seperti mencegah penuaan dini, melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyembuhkan luka eksternal, dan mengurangi stretch marks.

8. Mencegah Penuaan Dini

Keriput dan garis-garis halus muncul seiring bertambahnya usia Anda . Tapi , faktor lain mungkin mempercepat penuaan dini. Manfaat lidah buaya dapat membantu dalam mencegah tanda-tanda awal penuaan .

Penggunaan:
Siapkan 1 sendok teh gel lidah buaya, ½ sendok teh minyak zaitun, dan 1 sendok teh oatmeal instant. Tambahkan semua bahan dalam mangkuk, dan aduk sampai membentuk pasta. Oleskan pasta pada wajah Anda dan tunggu selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin .

9. Melembabkan Kulit

Gel lidah buaya telah diuji oleh banyak orang dan digunakan sebagai pelembab kulit. Hal ini dapat mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Gel lidah buaya dapat diperoleh dari ekstrak tanaman lidah buaya.

Penggunaan:
Siapkan daun lidah buaya. Kupas lapisan luar daun lidah buaya sampai mendapatkan gel-nya. Lalu sendok gel dan simpanlah dalam sebuah wadah. Untuk mendapatkan khasiat lidah buaya untuk melembabkan kulit, pijatlah secara lembut gel pada wajah Anda.

10. Mengatasi Jerawat

Gel lidah buaya dapat bermanfaat untuk mengurangi jerawat, membersihkan noda dan bekas luka. Lidah buaya dicampur dengan beberapa tetes jus lemon, dapat membantu dalam mengurangi jerawat dan bekas jerawat.

Penggunaan:
Siapkan 1 sendok makan gel lidah buaya, dan 2 sampai 3 tetes jus lemon. Tambahkan jus lemon ke gel lidah buaya dan campurkan bersama-sama. Pijat campuran gel lidah buaya tersebut pada wajah Anda. Hal ini baik digunakan pada malam hari.

11. Menyembuhkan Luka Eksternal

Aloe vera atau lidah buaya memiliki sifat anti – inflamasi, yang membuatnya efektif terhadap luka dan gigitan serangga. Gel lidah buaya dapat digunakan sebagai pengobatan untuk luka kecil, memar, dan gigitan serangga.

12. Mengurangi Stretch Marks

Selama kehamilan atau karena berat badan yang naik, elastisitas kulit akan rusak, yang menimbulkan stretch mark. Tanda-tanda ini dapat disembuhkan dengan penggunaan rutin sabun lidah buaya.

Catatan:
Stretch mark adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh letak lemak terkonsentrasi, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Khasiat lidah buaya untuk rambut baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi ketombe dengan penjelasan lebih lanjut dibawah ini:

13. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Lidah buaya tidak hanya bagus untuk kulit, namun juga memiliki sejumlah manfaat untuk rambut Anda. Pemakaian lidah buaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan pada rambut. Bila digunakan bersama dengan minyak jarak, lidah buaya dapat membantu pertumbuhan rambut.

14. Mengurangi Ketombe

Lidah buaya merupakan bahan dasar yang biasa digunakan dalam sampo komersial dan kondisioner. Hal ini karena lidah buaya dapat mengatasi ketombe dan masalah yang berhubungan dengan ketombe seperti kulit kepala gatal.


Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat / khasiat, seperti khasiat lidah buaya untuk rambut, manfaat lidah buaya untuk kulit, dan khasiat lidah buaya yang baik untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan dan kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

13 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Yoga adalah praktik kuno yang berasal dari India. Inti dari yoga bukanlah sekedar olahraga atau…

8 Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Telur bebek, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner dan tradisi masyarakat di berbagai belahan…

5 Manfaat Buah Jatake untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Buah jatake, atau yang juga dikenal sebagai gandaria, adalah buah tropis asli Asia Tenggara. Buah…

7 Manfaat Telur Ayam untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Telur ayam adalah salah satu bahan makanan paling serbaguna di dunia. Telur dapat dimasak dengan…

6 Manfaat Buah Kokosan untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Kokosan, si manis berwarna putih dengan kulit keras ini, adalah salah satu buah tropis yang…

9 Manfaat Buah Lerak: Si Hitam Ajaib dengan Banyak Kegunaan

Lerak, atau rerek, merupakan tanaman perdu yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman ini…