Khasiat

11 Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Sirsak merupakan buah-buahan yang berasal dari daerah tropis. Buah sirsak memiliki rasa manis asam yang membuatnya disukai banyak kalangan. Belakangan ini, sirsak telah mendapatkan perhatian dunia karena memiliki sifat membunuh sel kanker alami. Terlepas dari sifat anti kanker tersebut, khasiat daun sirsak memiliki dampat baik bagi kesehatan lainnya.

Daun sirsak adalah bagian yang paling penting dari pohon ini dalam memberikan manfaat. Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh The National Cancer Institute telah membuktikan bahwa daun sirsak secara efektif dapat menghancurkan sel-sel kanker. Selain itu, sirsak juga digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit lainnya.

Daun Sirsak, Image by from Pixabay

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Daun sirsak kaya akan beberapa senyawa termasuk protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A dan B dan sejenisnya. Dengan demikian, daun sirsak memiliki sifat obat yang membuatnya dapat digunakan sebagai bahan dalam beberapa produk kesehatan herbal. Manfaat kesehatan dari daun sirsak adalah sebagai berikut:

1. Pengobatan Kanker

Manfaat daun sirsak yaitu dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan lebih efektif daripada kemoterapi yang bisa menyebabkan beberapa efek samping. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10 ribu kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara .

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai pengobatan kanker, rebuslah 10 daun sirsak dalam takaran 3 gelas air sampai menjadi satu cangkir air saja, saring, kemudian dinginkan dan minum ramuan ini setiap pagi selama 3 sampai 4 minggu untuk mendapat khasiat air rebusan daun sirsak. Khasiat daun sirsak sebagai pengobatan kanker adalah salah satu obat yang paling ampuh sampai saat ini.

2. Pengobatan Asam Urat

Memakan daun sirsak dapat membantu dalam mengobati asam urat. Bahkan, banyak obat-obatan alternatif yang menggunakan daun sirsak sebagai bahan dasar untuk pengobatan asam urat.

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai pengobatan asam urat, ambil 6 sampai 10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau segar, lalu cuci sampai bersih. Rebus daun sirsak dalam takaran 2 gelas air dan didihkan sampai mendapatkan satu cangkir air rebusan daun sirsak. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu saat pagi dan sore hari untuk mendapatkan manfaat daun sirsak secara maksimal.

3. Pengobatan Nyeri Punggung

Nyeri punggung sering terjadi ketika beraktivitas, misalnya saja saat atau setelah berolahraga. Penggunaan obat kimia untuk sakit punggung dapat menyebabkan efek samping. Daun sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif.

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai pengobatan nyeri punggung, rebuslah 20 lembar daun sirsak dalam takaran 5 gelas air hingga hanya 3 gelas air rebusan daun sirsak yang tersisa. Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat rebusan daun sirsak.

4. Pengobatan Rematik

Penyakit rematik umumnya terjadi pada orang tua, menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak adalah pengobatan alami untuk sakit radang sendi.

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai pengobatan rematik, haluskan daun sirsak sampai menjadi halus dan oleskan pada area tubuh yang terkena nyeri akibat arthritis dan eksim secara teratur dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Pengobatan Diabetes

Batas kadar gula normal manusia yaitu berkisar 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi diabetes secara alami. Hal ini membuat daun sirsak bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Infeksi

Kandungan gizi daun sirsak dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi di dalam tubuh.

Penggunaan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi, rebuslah sekitar 4 atau 5 daun sirsak dengan takaran 4 gelas air sampai tersisa air satu gelas dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat daun sirsak.

7. Manfaat lain

Selain manfaat yang disebutkan di atas, inilah berbagai manfaat daun sirsak lainnya:

– Daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri,virus ,parasit dan perkembangan tumor.

– Sifat penyembuhan daun sirsak membuatnya mampu digunakan sebagai obat anti – kejang .

– Manfaat daun sirsak juga mampu mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi.

– Khasiat daun sirsak membantu dalam mengobati peradangan dan kaki bengkak.

– Membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan .

– Konsumsi daun sirsak secara teratur membantu dalam meningkatkan stamina dan membantu pemulihan penyakit secara lebih cepat.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kulit

Karena sifat sebagai obat, daun sirsak sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, daun sirsak digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit berbahaya dan mematikan. Selain beberapa manfaat tersebut, daun sirsak memberikan manfaat bagi kulit juga.

8. Pengobatan Bisul

Ulkus adalah gangguan kulit yang ditandai dengan nyeri yang sangat besar dan bahkan memiliki risiko terkena infeksi. Bisul dapat terjadi pada tubuh atau pada wajah, sehingga mengganggu kesehatan kulit dan mempengaruhi kecantikan. Daun sirsak adalah obat alami untuk menyembuhkan bisul .

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai untuk pengobatan bisul, pilihlah beberapa daun sirsak muda, haluskan, lalu tempatkan pada bagian tubuh yang terkena bisul.

9. Pengobatan Eksim

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya, daun sirsak bisa mengobati eksim secara alami.

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai untuk pengobatan eksim, hancurkan beberapa daun sirsak dan oleskan pada daerah yang terkena eksim dua kali sehari secara teratur. Hal ini akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim.

10. Mengatasi Komedo

Daun sirsak segar yang dihaluskan jika diterapkan pada kulit dapat sangat berguna dalam mencegah terjadinya komedo dan masalah kulit lainnya juga.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Rambut

11. Mengatasi Kutu

Semua orang ingin mendapatkan rambut yang sehat. Namun, gaya hidup yang tidak sehat ditambah dengan paparan bahan kimia berbahaya dan polutan lingkungan menyebabkan beberapa masalah rambut seperti ketombe, bercabang, rambut rontok, beruban, dll.

Bahan-bahan alami dan produk herbal dapat sangat efektif dalam mengatasi masalah ini. Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit. Penggunaan rebusan daun sirsak pada rambut dapat mengatasi kutu .


Dari artikel ini, dapat diketahui bahwa khasiat daun sirsak sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, seperti manfaat daun sirsak untuk kesehatan, manfaat daun sirsak untuk kulit, dan manfaat daun sirsak untuk rambut. Kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Ringkasan
Judul Artikel
11 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut
Penulis
Share

Recent Posts

Ikan Teri: Si Mungil Kaya Manfaat, Tak Perlu Mahal untuk Hidup Sehat

Ikan teri, si mungil kaya protein, merupakan salah satu sumber protein hewani yang murah dan…

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…