Categories: KhasiatSayuran

12 Khasiat Wortel Untuk Kesehatan

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak dikonsumsi di dunia, hal ini dikarenakan wortel cenderung mudah untuk ditanam dan diperoleh, serta banyak disajikan dalam berbagai masakan. Namun tahukan anda, manfaat wortel untuk kesehatan juga sangat beragam seperti yang akan dibahas berikut ini.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Berbagai khasiat wortel untuk kesehatan yaitu baik untuk kesehatan mata, mencegah kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker payudara, anti aging, kesehatan kulit dari dalam dan luar, mencegah infeksi, memperlancar pencernaan, kesehatan jantung, kesehatan mulut, mencegah stroke, meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat mengurangi risiko diabetes.

1. Mempertajam Penglihatan

Wortel kaya akan beta karoten seperti pada khasiat tomat, yang diubah menjadi vitamin A ketika di dalam hati. Vitamin A ditransformasikan ke dalam retina, untuk rhodopsin, yaitu pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan malam.

Beta karoten juga dipercaya untuk melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak senilis. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mendapat asupan beta – karoten yang cukup memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi sedikit.

2. Mencegah Berbagai Jenis Kanker

Penelitian telah membuktikan bahwa manfaat wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti baru saja menemukan falcarinol dan falcarindiol, yaitu kandungan yang terdapat pada wortel yang memberikan sifat antikanker.

Catatan:
Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Seangkan falcarindiol adalah senyawa yang bertanggung jawab atas rasa pahit wortel.

3. Mencegah Penuaan Dini

Tingkat beta karoten yang tinggi dapat bertindak sebagai antioksidan untuk kerusakan sel yang dilakukan untuk tubuh melalui metabolisme biasa. Seperti pada khasiat buah naga, wortel juga dapat membantu memperlambat penuaan sel.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit (Dari Dalam)

Kandungan vitamin A dan antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Selain itu vitamin juga dapat mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda, dan warna kulit tidak merata.

5. Membantu Mencegah Infeksi

Wortel dikenal dapat mencegah infeksi. Wortel dapat diterapkan pada bagian yang luka dengan cara direbus kemudian dihaluskan.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit (Dari Luar)

Wortel dapat digunakan sebagai masker wajah yang mudah dibuat dan sangat nyaman dipakai. Untuk membuat masker wajah hanya menggunakan wortel yang telah diparut kemudian dicampur dengan sedikit madu .

7. Mencegah Penyakit Jantung

Studi telah menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya terkena risiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya memiliki kandungan beta karoten, tetapi juga alpha karoten dan lutein. Selain buah alpukat , konsumsi wortel secara teratur juga dapat mengurangi kadar kolesterol.

Catatan:
Lutein adalah senyawa karotenoid yang terdapat pada tumbuhan serta hewan. Sama seperti karotenoid lainnya, senyawa ini paling efektif diserap tubuh saat dikonsumsi bersama makanan yang mengandung lemak. (alodokter)

8. Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Vitamin A dapat membantu hati dalam membilas racun dari tubuh. Hal ini dapat mengurangi empedu dan lemak di hati. Kandungan serat dalam wortel juga dapat membantu membersihkan usus besar dan mempercepat pembuangan kotoran.

9. Kesehatan Gigi dan Gusi

Manfaat wortel lainnya yaitu dapat membersihkan gigi dan mulut, dengan cara mengikis plak dan partikel makanan. Wortel dapat merangsang gusi dan memicu membuat banyak air liur, yang dapat menjadi alkali, yang dapat menyeimbangkan keluarnya bakteri pembentuk asam rongga mulut. Kandungan mineral dalam wortel dapat mencegah kerusakan gigi.

10. Mencegah Stroke

Manfaat wortel juga dapat mencegah terjadinya stroke, sebuah penelitian Harvard University, orang yang makan lima atau lebih wortel dalam seminggu memiliki kemungkinan untuk menderita stroke lebih rendah daripada mereka yang makan hanya satu wortel dalam sebulan atau kurang.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Wortel mengandung sejumlah kemampuan antiseptik dan antibakteri yang membuat wortel merupakan sumber ideal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, wortel merupakan sumber yang kaya vitamin C, yang dapat merangsang aktivitas sel darah putih dan merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

12. Mengurangi Risiko Diabetes

Wortel sangat baik untuk regulasi gula darah karena adanya karotenoid yang terkandung dalam sayuran ini. Wortel juga mengatur jumlah insulin dan glukosa yang sedang di metabolisme oleh tubuh, memberikan fluktuasi yang lebih banyak dan sehat untuk pasien penderita diabetes.

Fakta Menarik Tentang Wortel

  • Kelinci memang menyukai wortel, namun tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak oleh kelinci.
  • Wortel merupakan sayuran paling populer kedua di dunia, setelah kentang.
  • Wortel terbesar yang tercatat yaitu beratnya lebih dari 19 pon (8,62 kg) dan wortel terpanjang yaitu panjangnya lebih dari 19 kaki (5,79 meter)
  • Terdapat lebih dari 100 jenis wortel
  • Perempuan Inggris di tahun 1600-an lebih sering menggunakan daun wortel sebagai hiasan topi
  • Dalam bahasa inggris, nama wortel yaitu ” carrot ” berasal dari kata Yunani ” karoton “
  • Orang Amerika rata-rata makan sekitar 12 pon (5,44 kg) wortel dalam setahun

Dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa wortel termasuk jenis sayuran dan memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat wortel untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 11 Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…