Categories: Nutrisi

10 Khasiat Vitamin E untuk Kesehatan

Vitamin E merupakan kunci untuk memperoleh daya tahan tubuh yang kuat serta untuk kesehatan kulit dan mata. Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen vitamin E telah menjadi populer karena perannya sebagai antioksidan yang dapat memberikan beragam manfaat. Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai manfaat vitamin E untuk kesehatan dan risikonya.

Manfaat Vitamin E

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E maupun menggunakan suplemen vitamin E telah dinyatakan dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Dan berikut 10 manfaat vitamin E bagi kesehatan :

1. Mencegah Risiko Kanker

Vitamin E ini larut dalam lemak, yang berarti dapat membantu dalam stabilitas membran sel. Kandungan antioksidan dalam vitamin E dapat melindungi sel dari efek negatif yang disebabkan karena radikal bebas. Pada kasus ini, vitamin E memiliki kemampuan untuk membatasi produksi radikal bebas ini, sehingga dapat membantu Anda dalam mencegah kanker dan penyakit kronis lainnya.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin E memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat membantu dalam perbaikan DNA dan juga dalam memperbaiki proses metabolisme tubuh. Selain itu asupan vitamin E juga dapat membantu dalam menghentikan perkembangan nitrosamin (senyawa karsogenik penyebab kanker) dalam tubuh.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu dalam mencegah atau menunda timbulnya penyakit jantung. Vitamin E memiliki komponen penting seperti antioksidan, yang dapat membatasi oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan dengan demikian dapat membantu mencegah penyakit jantung.

4. Memperbaiki Kerusakan pada Kulit

Manfaat vitamin E untuk kulit. Vitamin E dapat memberikan manfaat pada kulit dengan memperkuat dinding kapiler dan meningkatkan kelembaban dan elastisitas, serta bertindak sebagai nutrisi anti-aging di dalam tubuh Anda. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa vitamin E dapat mengurangi peradangan baik di dalam tubuh dan kulit Anda, serta membantu menjaga kesehatan kulit.

Sifat antioksidannya juga sangat membantu ketika Anda terkena asap rokok atau paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari, sehingga dapat membantu Anda dalam melindungi dari kanker kulit. Asupan vitamin E dengan vitamin C dapat membantu Anda dalam melawan peradangan kulit, yang terjadi setelah terpapar radiasi UV dan juga bermanfaat dalam mengurangi tanda jerawat dan eksim.

Vitamin E juga dapat membantu proses penyembuhan pada kulit. Karena mempercepat regenerasi sel, vitamin E dapat membantu Anda untuk digunakan dalam mengobati bekas luka, jerawat pada wajah, dan keriput. Sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan awet muda.

5. Mempertebal Rambut

Karena vitamin E merupakan antioksidan yang sangat kuat, hal ini dapat membantu dalam menurunkan kerusakan yang terjadi pada rambut Anda. Minyak vitamin E dapat mempertahankan kelembaban alami pada kulit, yang membantu kulit kepala Anda terhindar dari kekeringan.

Minyak vitamin E juga dapat membuat rambut Anda terlihat lebih sehat dan segar. Anda hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak vitamin E pada rambut Anda, terutama ketika rambut Anda terlihat lebih kering dan juga kusam.

6. Menjaga Keseimbangan Hormon

Vitamin E dapat memainkan peran penting dalam menyeimbangkan sistem endokrin dan saraf Anda, yang secara alami bekerja untuk menyeimbangkan hormon. Gejala ketidakseimbangan hormon ini termasuk PMS, kenaikan berat badan, alergi, infeksi saluran kemih, perubahan pada kulit, kecemasan dan kelelahan.

Dengan menjaga keseimbangan hormon Anda, Anda akan merasa lebih mudah untuk mempertahankan berat badan yang ideal atau sehat, menjaga siklus menstruasi yang teratur pada wanita, dan membuat diri Anda merasa lebih energik.

7. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Vitamin E dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang terkait usia, yang merupakan penyebab umum akan kebutaan. Untuk memperoleh hasil yang efektif, perlu mendapat asupan vitamin C, beta karoten, dan juga seng yang memadai.

Kemudian juga telah dinyatakan dalam beberapa penelitian bahwa mendapat asupan vitamin E dan vitamin A dalam dosis tinggi secara rutin memiliki dampak dapat meningkatkan proses penyembuhan dan penglihatan pada orang-orang yang menjalani operasi mata laser.

8. Baik untuk Penderita Penyakit Alzheimer

Vitamin E dapat memperlambat terjadinya semakin memburuknya kondisi kehilangan memori dan penurunan fungsional pada orang-orang yang menderita penyakit Alzheimer atau gangguan neurodegeneratif lainnya yang terkait.

9. Meningkatkan Ketahanan Fisik dan Kekuatan Otot

Vitamin E dapat digunakan untuk meningkatkan ketahanan fisik Anda. Dimana vitamin E dapat meningkatkan energi Anda dan mengurangi tingkat stres oksidatif pada otot Anda setelah berolahraga. Vitamin E juga dapat meningkatkan kekuatan otot Anda. Selain itu, vitamin E dapat menghilangkan kelelahan dengan meningkatkan sirkulasi darah dan juga dapat memperkuat dinding kapiler Anda, dan memberi makanan untuk sel Anda.

10. Penting bagi Ibu Hamil

Vitamin E sangat penting selama kehamilan pada ibu hamil dan untuk membantu perkembangan yang tepat pada bayi dan anak-anak. Oleh karena itu, disarankan pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak hingga usia 2 tahun untuk memenuhi kebutuhan akan asupan vit E untuk memastikan tumbuh kembangnya cukup sehat sehingga dapat mencegah kelainan.

Risiko Kekurangan Asupan Vitamin E

Vitamin E merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pengembangan dan pemeliharaan tubuh manusia. Sehingga apabila tubuh kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kulit kering, risiko katarak, anemia ringan, masalah reproduksi dan kesuburan, kram kaki, dan lain-lain.

Makanan yang Kaya akan Vitamin E

Beberapa sumber makanan yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin E secara alami, meliputi :

  1. Biji Bunga Matahari
  2. Kacang Almond
  3. Kacang Hazelnut
  4. Buah Mangga
  5. Buah Alpukat
  6. Brokoli
  7. Sayur Bayam
  8. Buah Kiwi
  9. Tomat

Efek Samping dari Mengkonsumsi Vitamin E

Overdosis atau konsumsi suplemen vitamin E secara berlebihan dapat menyebabkan mual, sakit kepala, pendarahan, kelelahan, dan gejala lainnya. Selain itu, bagi orang-orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah atau obat lainnya, tidak diperbolehkan mengkonsumsi suplemen vitamin E tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan yang ahli atau dokter.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa vitamin E memiliki banyak manfaat, terkhususnya 10 manfaat vitamin E untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Olahraga serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat vitamin E untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/vitamins/health-benefits-of-vitamin-e-or-tocopherol.html

draxe.com/vitamin-e-benefits/

www.stylecraze.com/articles/best-benefits-of-vitamin-e-for-skin-hair-and-health/#gref

www.webmd.com/diet/supplement-guide-vitamin-e#1

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…