10 Khasiat Vanilla untuk Kesehatan

Vanilla merupakan bahan makanan yang sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia sebagai penyedap. Selain memiliki aroma yang khas dan biasa ditambahkan ke dalam berbagai olahan masakan, vanilla juga dapat memberikan sejumlah manfaat yang penting bagi kesehatan. Berikut artikel mengenai manfaat vanilla untuk kesehatan.

Manfaat Vanilla

Kandungan Gizi

Vanilla mengandung vitamin B penting seperti niacin, asam panthothenic, thiamin, dan riboflavin, serta sejumlah kecil mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, mangan, zat besi, dan seng. Sedangkan yang memberikan aroma khas pada vanilla adalah senyawa vanillin.

Manfaat Vanilla

Berikut 10 manfaat vanilla bagi kesehatan :

1. Membantu Mengobati Luka

Vanilla telah lama digunakan sebagai obat tradisional atau herbal untuk menyembuhkan luka bakar dan luka lecet. Ekstrak vanilla yang terkonsentrasi tidak perlu diterapkan secara langsung pada bagian luka bakar. Oleh karena itu, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan vanilla untuk mengobati luka bakar.

2. Mencegah Penuaan Dini

Vanilla kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Hal ini dapat membantu untuk memperlambat terjadinya tanda-tanda penuaan, seperti garis garis halus, keriput, dan flek hitam

3. Mengatasi Jerawat

Sifat antibakteri pada vanilla dapat membuatnya bermanfaat untuk mengobati jerawat. Melalui efek antibakterinya, vanili juga dapat membantu membersihkan kulit Anda, mencegah terjadinya jerawat maupun mengobati jerawat.

4. Kesehatan Kulit Secara Keseluruhan

Vanilla merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B, seperti niacin, thiamin, vitamin B6 dan asam pantotenat yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Sifat antioksidan pada vanilla dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi lingkungan dan racun.

5. Mengatasi Kecemasan dan Depresi

Sebuah studi telah membuktikan bahwa ekstrak vanilla dapat memberikan efek positif pada mereka yang menderita depresi dan gangguan kecemasan. Aroma yang dimiliki vanilla secara khusus dapat membantu dalam mengatasi hal ini.

Rempah-rempah aromatik ini bermanfaat bagi sistem saraf Anda. Penelitian yang dilakukan oleh Memorial Sloan-Kettering Hospital di New York menunjukkan bahwa aromaterapi vanilla telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala claustrophopia (takut pada ruang tertutup atau sempit).

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Studi tertentu telah menunjukkan bahwa ekstrak vanilla dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Dengan tetap menerapkan program diet dan olahraga, vanilla dapat membantu dalam menurunkan berat badan yang lebih efektif. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mendukung pernyataan ini.

7. Meredakan Mual

Salah satu manfaat ekstrak vanilla yaitu dapat membantu menenangkan rasa mual. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan beberapa tetes ekstrak vanilla pada segelas air, lalu minumlah secara perlahan-lahan. Aroma vanillanya akan membantu Anda untuk meringankan rasa mual.

8. Kesehatan Jantung

Penelitian mengenai bahan aktif yang terkandung dalam vanilla , telah menunjukkan bahwa vanilla dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini penting bagi orang-orang yang berisiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.

9. Mencegah Kanker

Salah satu fungsi yang paling penting dari antioksidan adalah menangkal radikal bebas dari dalam tubuh. Antioksidan yang hadir dalam ekstrak vanilla ini dapat mencegah efek negatif dari radikal bebas, seperti kanker dan berbagai penyakit kronis.

10. Bermanfaat untuk Anak-Anak

Ekstrak vanilla yang ditambahkan ke dalam segelas air hangat dengan ditambah gula sebanyak satu sendok teh dapat membantu mengurangi demam dan melawan infeksi pada anak-anak. Selain itu, rasanya juga mungkin akan disukai oleh Anak-Anak.

Baca juga artikel lain, seperti :

Peringatan dan Potensi Efek Samping Vanilla

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, memiliki kemungkinan akan merasakan kulit seperti terbakar atau mengalami iritasi kulit jika terkena atau menggunakan ekstrak vanilla. Selain itu juga memiliki kemungkinan mengalami pembengkakan dan peradangan yang diakibatkan karena intoleransi terhadap vanilla.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa vanilla memiliki banyak kegunaan, terkhususnya manfaat vanilla untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Biji Selasih serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat vanilla untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/vanilla.html

www.stylecraze.com/articles/benefits-of-vanilla-for-skin-hair-and-health/#gref

www.diethealthclub.com/health-food/vanilla-health-benefits.html

image by : www.elitefood.sg

Silahkan bagikan artikel ini melalui: