Tumbuhan

8 Khasiat Urang Aring untuk Kesehatan

Urang aring merupakan spesies tanaman yang telah digunakan dalam pengobatan selama bertahun-tahun dalam pengobatan tradisional Asia dan secara luas digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan hati. Berikut artikel mengenai manfaat urang aring untuk kesehatan.

Asal Usul Tanaman Urang Aring

Tanaman ini diyakini berasal dari anak benua India dan sekarang tumbuh di berbagai bagian dunia yang memiliki iklim tropis dan subtropis seperti Brazil, Thailand, China, dan Indonesia. Tanaman ini mempunyai bunga kecil yang dapat berwarna merah, biru atau kuning tetapi spesies putih yang paling sering dipanen untuk kepentingan kesehatan. Urang aring biasa diolah menjadi minyak urang aring dan digunakan sebagai obat penyubur rambut.

Manfaat Urang Aring

Berikut 8 manfaat urang aring bagi kesehatan :

1. Kesehatan Hati

Praktisi Aryuveda telah lama mengakui bahwa kemampuan urang aring menjaga kesehatan hati, dari beberapa penyakit seperti penyakit kuning dan hepatitis.

2. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Urang-aring memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang efektif untuk mencegah dan mengobati infeksi. Urang-aring dapat dengan cepat mengurangi ketidaknyamanan dan menetralisir bakteri untuk mengembalikan fungsi normal kandung kemih Anda.

3. Kesehatan Mata

Urang-aring mengandung karoten yang sangat tinggi, yaitu zat antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Karoten dapat menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan degenerasi makula dan pembentukan katarak.

4. Mencegah Risiko Kanker

Urang-aring telah digunakan pada pengobatan ayurveda untuk mengobati beberapa jenis kanker karena adanya ekstrak etanol dari urang-aring yang memiliki aktivitas antikanker tertentu. Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa urang-aring memiliki efek sitotoksik yang pada dasarnya efektif mampu menghancurkan sel-sel kanker.

5. Kesehatan Rambut

Urang-aring baik untuk kesehatan rambut Anda, dimana tumbuhan ini dapat mempertahankan kekuatan dan kesehatan rambut Anda. Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa urang-aring dapat merangsang folikel rambut dan memiliki berpotensi meningkatkan pertumbuhan rambut. Karena hal ini, manfaat urang aring untuk rambut biasa digunakan sebagai obat penumbuh rambut alami.

6. Mengobati Sakit Gigi

Penelitian telah menunjukkan bahwa urang-aring mampu mengurangi nyeri dan sakit gigi karena adanya kandungan alkaloidnya.

7. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Urang-aring memiliki sifat ekspektoran yang membuatnya berguna untuk mengobati batuk dan yang berkaitan dengan infeksi dingin, influenza dan maupun sesak nafas.

8. Kesehatan Sistem Pencernaan

Menurut pengobatan Ayurveda, urang aring dapat dikonsumsi secara oral untuk mengobati sakit perut. Ini telah berhasil digunakan untuk mengobati masalah pencernaan yang umum, seperti sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Menurut Ayurveda, tanaman ini dapat membantu mengembalikan keseimbangan pencernaan karena kandungan berbagai senyawa organik dan kimia yang kaya.


Perhatian dan Efek Samping Penggunaan Urang Aring

1. Bagi individu yang sensitif terhadap tumbuhan, maka reaksi alergi dapat terjadi ketika menggunakan urang-aring.

2. Ibu hamil dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi urang-aring.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa tanaman urang aring ini memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat urang aring untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Delima serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat urang aring untuk kesehatan :

id.wikipedia.org/wiki/Urang-aring

www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/eclipta-alba.html

healthyfocus.org/11-proven-benefits-of-eclipta-alba/

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.