10 Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Ubi jalar atau ketela rambat ( Ipomoea batatas L. ) merupakan salah satu dari beberapa spesies tanaman dari genus Dioscorea ( keluarga dioscoreaceae ). Tumbuhan ini banyak dikonsumsi sebagai bahan pokok di daerah Afrika, Asia, Amerika Latin, Karibia dan Oceania. Ubi jalar termasuk tumbuhan budidaya, dimana tumbuhan ini banyak dibudidayakan di daerah yang beriklim tropis. Berikut artikel mengenai manfaat ubi jalar untuk kesehatan.

Bagian yang dimanfaatkan ialah umbinya, tetapi tidak jarang juga yang memasak daun muda ubi jalar untuk sayur. Daging memiliki warna yang bervariasi, seperti putih, kuning, merah muda, dan ungu. Selain itu, ubi juga memiliki variasi rasa, mulai dari pahit, manis bahkan hambar. Ubi sering dengan cara direbus, kemudian tumbuk menjadi pasta atau adonan, tetapi juga dapat digoreng, dipanggang, atau digoreng kemudian dipanggang.

Kandungan Gizi Ubi Jalar

Sejak zaman dahulu, manusia telah bergantung pada beberapa tanaman, akar dan umbi-umbian sebagai sumber makanan dan obat herbal untuk mengatasi bermacam-macam penyakit. Salah satunya ialah ubi jalar. Hal ini dikarenakan ubi jalar mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan, seperti karbohidrat kompleks dan serat larut.

Disamping itu ubi jalar juga mengandung sejumlah antioksidan dan vitamin C yang menyediakan sekitar 20% dari Vitamin C yang diperlukan dalam tubuh per 100 gram. Tidak hanya itu, ubi jalar juga kaya akan mineral seperti tembaga, kalium, zat besi, magnesium, kalsium, fosfor dan masih banyak lagi. Berikut ini manfaat dari nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam ubi jalar.

10 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

Manfaat Ubi Jalar

Berikut 10 khasiat ubi jalar untuk kesehatan:

1. Menyembuhkan Penyakit Kulit dan Pernapasan

Ubi jalar telah digunakan sebagai obat tradisional di Cina, Korea dan Jepang sejak berabad-abad. Hal ini dikarenakan adanya allantoin yang dapat mempercepat proses penyembuhan bisul maupun penyakit kulit lainnya. Kemudian, rebusan ubi jalar juga dapat digunakan untuk merangsang dan meringankan iritasi bronkial, batuk dan masalah pernapasan lainnya.

2. Mendukung Sistem Endokrin

Ubi jalar sangat berguna bagi wanita menopause, dikarenakan ubi jalar berisi enzim yang memberikan alternatif alami untuk penggantian hormon pada wanita yang telah mencapai masa menopause.

3. Melindungi dari Radikal Bebas

Ubi jalar mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti inflamasi. Beta karoten dan vitamin C dalam ubi jalar berfungsi melindungi dari radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak tubuh dalam reaksi DNA, sehingga antioksidan bekerja untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Sebagai Makanan Sehat Rendah Glikemik

Penderita diabetes bisa mengkonsumsi ubi jalar tanpa pelu khawatir tentang kenaikan tingkat gula darah. Indeks glikemik makanan mencerminkan efek makanan terhadap kadar glukosa darah seseorang. Ubi jalar dapat melambatkan kenaikan tingkat gula dara dibandingkan dengan gula, sehingga sangat dianjurkan sebagai makanan sehat yang memiliki indeks glikemik rendah.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ubi jalar dapat mengurangi sembelit dan menurunkan kolesterol jahat. Hal tersebut dikarenakan adanya kalium yang membantu kesehatan pencernaan dan merangsang kontraksi otot polos di perut.

6. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Adanya senyawa antioksidan dalam ubi jalar dapat meningkatkan kemampuan belajar dan memori dalam otak manusia. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi ubi jalar selama 6 minggu secara teratur dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya secara signifikan.

7. Produksi Sel Darah Merah dan Meningkatkan Aliran Darah

Mineral dalam ubi jalar memainkan peran utama dalam tubuh. Tembaga sangat berguna untuk produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Kemudian besi berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

8. Menunda Tanda-tanda Penuaan Dini

Ubi jalar memiliki manfaat anti penuaan. Ubi jalar mengandung nutrisi yang baik bagi kulit, seperti beta karoten, vitamin C, vitamin B6 dan antioksidan yang dapat membantu mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan.

9. Kesehatan Rambut

Ubi jalar mengandung antosianin, beta karoten, dan vitamin A yang bermanfaat pertumbuhan sel, termasuk pertumbuhan rambut. Kekurangan beta karoten dapat menyebabkan rambut kering, kusam dan berketombe. Vitamin A dalam ubi juga membantu menghasilkan dan melindungi minyak di kulit kepala. Hal ini akan menjaga kulit kepala dari kekeringan dan akan mencegah rambut rontok.

10. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi pada ubi jalar berfungsi membantu sel-sel darah merah untuk membawa oksigen dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Rendahnya zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut dan kebotakan.


Efek Samping Mengkonsumsi Ubi Jalar

Ubi jalar juga mengandung oksalat. Jika Anda menderita penyakit ginjal atau kandung empedu hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengkonsumsi ubi jalar. Karena mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Beberapa orang yang sensitif terhadap makanan mungkin akan mengalami mual, muntah, sakit kepala atau bahkan diare apabila mengkonsumsi ubi jalar.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa ubi jalar memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat ubi jalar untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kacang Mete serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat ubi jalar :

  • www.britannica.com/plant/yam
  • globalfoodbook.com/benefits-of-yam-root/
  • www.stylecraze.com/articles/benefits-of-yam-for-skin-hair-and-health/