Categories: Buah-Buahan

13 Khasiat Timun Suri untuk Kesehatan

Timun suri merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mudah ditemui ketika bulan puasa. Hal ini dikarenakan timun suri sering digunakan sebagai campuran atau bahan utama pembuatan minuman penyegar untuk berbuka puasa. Terlepas dari hal tersebut, timun suri mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat timun suri untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Buah timun suri via mitalom.com

Timun suri, disebut juga dengan nama mentimun suri, timun betik, ataupun barteh, memiliki rasa yang cenderung manis dan gurih serta banyak dibudidayakan di Indonesia. Meskipun memiliki nama “timun”, secara morfologi dan sitologi timun suri tidaklah sama dengan mentimun seperti yang telah banyak dikenal. Baca juga artikel terkait yaitu manfaat mentimun.

Manfaat Timun Suri

Berikut 13 manfaat timun suri bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat timun suri yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan timun suri mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, buah ini juga dapat memperbaiki jaringan kulit dan sel tubuh yang rusak.

2. Menangkal Radikal Bebas

Khasiat timun suri memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta berbagai mineral lainnya. Semua kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan yang selanjutnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat timun suri juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan timun suri mengandung vitamin A. Selain itu, buah ini juga mengandung asam askorbat dan asam caffeic yang berperan untuk menurunkan tingkat retensi air dan dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada mata.

4. Menjaga Tekanan Darah

Timun suri, yang memiliki nama lain timun betik atau barteh, ini memiliki kandungan potassium (kalium), magnesium, dan serat yang dapat berperan dalam membantu menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi stabil atau normal.

5. Menjaga Kesehatan Sendi

Manfaat timun suri juga dapat digunakan untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan sendi. Selain melakukan olahraga rutin, mendapat asupan makanan yang tepat juga penting untuk menjaga kesehatan sendi. Salah satunya dengan mengkonsumsi timun suri. Hal ini dikarenakan timun suri mengandung senyawa silika yang dapat berperan dalam memperkuat jaringan ikat, yang selanjutnya dapat membuat persendian menjadi lebih kuat dan sehat.

6. Mencegah Kanker

Timun suri mengandung suatu senyawa yang disebut dengan saponin. Dimana saponin merupakan antioksidan alami yang berperan penting dalam melawan radikal penyebab kanker. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi timun suri secara rutin dapat membantu Anda dalam menurunkan risiko terkena kanker.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa senyawa asam linoleat yang terkandung dalam timun suri dapat berperan dalam menjaga kesehatan jantung dengan cara menggunakan lemak sebagai sumber energi dan mencegah terjadinya pembentukan lemak yang tidak terpakai oleh tubuh.

8. Detoksifikasi secara Alami

Timun suri mengandung air dan serat yang cukup tinggi, dimana hal tersebut dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi). Racun tersebut akan dibuang melalui sisa makanan, baik melalui urin ataupun feses.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kanker, vitamin C yang terkandung dalam timun suri juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dimana vitamin C dapat mendorong produksi kolagen, yang berfungsi untuk mempertahankan elastisitas dan kelembutan kulit.

10. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat yang terkandung dalam timun suri dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, serat juga dapat mengikat lemak yang ada di dinding usus dan membuangnya lewat feses. Dengan begitu, hal ini dapat membantu Anda dalam memperoleh sistem pencernaan yang lebih sehat.

11. Menjadi Sumber Energi

Manfaat timun suri yang selanjutnya juga dapat menjadi sumber makanan yang dapat menambah energi ke dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, timun suri merupakan salah satu jenis buah yang dapat meningkatkan stamina Anda agar tetap semangat dalam beraktivitas atau bekerja.

12. Menjaga Kesehatan Ginjal

Seperti yang telah ketahui bahwa ginjal merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia. Buah timun suri mengandung berbagai mineral, vitamin, dan gabungan lainnya yang dapat membuat ginjal Anda tetap sehat dan terlindungi dari berbagai serangan penyakit yang dapat mengganggu fungsi ginjal.

13. Pelepas Dahaga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa timun suri mengandung kadar air yang cukup tinggi. Oleh karena itu, buah timun suri sangat cocok digunakan atau dikonsumsi dalam bentuk olahan minuman penyegar saat waktu buka puasa untuk pelepas dahaga.

Artikel terkait:


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa mentimun suri memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat timun suri untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Ciplukan atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…