Categories: Buah-Buahan

21 Khasiat Terong Belanda untuk Kesehatan

Terong belanda atau terung belanda merupakan jenis tanaman terung-terungan yang telah dikembangkan di Bogor sejak tahun 1941. Meskipun memiliki nama terong, buah ini sama sekali tidak memiliki rasa dan bentuk yang sama seperti terong hijau atau ungu yang pada umumnya Anda ketahui. Terlepas dari hal itu, terong belanda ternyata mengandung berbagai nutrisi yang membuatnya sangat bermanfaat. Lalu apa saja manfaat terong belanda untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Gambar terong belanda via pixabay.com

Pada umumnya, terong belanda yang memiliki nama latin Solanum beteceum ini dapat langsung dengan cara dikupas terlebih dahulu bagian kulitnya. Namun karena buah ini memiliki rasa yang asam, buah ini lebih sering diolah menjadi jus terong belanda dan sop buah. Dengan begitu Anda dapat menikmatinya dengan rasa yang enak dan tetap memperoleh manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

Manfaat Terong Belanda

Berikut 21 manfaat terong belanda untuk kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat terong belanda yang pertama adalah dapat membantu mencegah penyakit anemia. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak, yaitu setiap 100 gr buah terong belanda mengandung 0,4 hingga 0,9 gr zat besi.

2. Menjaga Kepadatan Tulang dan Gigi

Khasiat terong belanda akan kandungan kalsium, fosfor, dan kaliumnya dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi. Oleh karena itu dengan mengonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu memperkuat tulang Anda dan terhindar dari tulang keropos.

3. Membuat Tubuh Anda Menjadi Lebih Bugar

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, buah ini memiliki rasa yang rasam dan sedikit kecut. Dimana rasa terong belanda yang kecut dan asam ini dapat merangsang tubuh Anda agar menjadi lebih bugar, terutama setelah melakukan berbagai aktivitas harian yang melelahkan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat terong belanda yang selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung kadar vitamin A yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A. Selain itu, manfaat vitamin A ini juga membuat terong belanda dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan mata dan mencegah terjadinya katarak.

5. Mengatasi Sariawan

Seperti pada buah jeruk, terong belanda juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu dalam proses penyembuhan sariawan yang Anda alami. Selain itu, manfaat vitamin C yang terkandung dalam terong belanda juga dapat mencegah munculnya sariawan pada rongga mulut.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat terong belanda juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung kadar serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mengurangi risiko terkena penyakit atau gangguan terkait dengan masalah pencernaan seperti sembelit.

7. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Seperti yang telah diketahui, untuk mencegah kanker Anda dapat mengurangi asupan makanan yang bersifat karsinogen. Selain cara itu, Anda juga dapat mengonsumsi jus terong belanda secara rutin untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan terong belanda mengandung likopen yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu timbulnya sel kanker dalam tubuh.

8. Menurunkan Kolesterol

Serat yang terkandung dalam terong belanda sangat berkhasiat dalam mengikis kolesterol jahat dan secara bersamaan dapat meningkatkan kolesterol baik. Oleh karena itu Anda dapat mengonsumsi jus terong belanda secara rutin agar pembuluh darah Anda tetap sehat.

9. Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Setiap 100 gr terong belanda, setidaknya terdapat 321 mg potasium. Jumlah tersebut cukup untuk membantu tubuh Anda dalam menjaga tekanan darah dan detak jantung agar tetap normal. Oleh karena itulah, salah satu khasiat terong belanda adalah sebagai pengobatan hipertensi secara alami.

Artikel terkait: Manfaat Terong

Selain 9 khasiat dan manfaat terung belanda yang telah disebutkan sebelumnya, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari terong belanda yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat lainnya dari buah terong belanda:

10. Mengobati Panas Dalam

11. Mengatasi Sakit Tenggorokan

12. Mencegah Penuaan Dini

13. Meregenari Sel DNA yang Rusak

14. Menjaga Kesehatan Jantung

15. Mencegah Diabetes

16. Membantu Menurunkan Berat Badan

17. Mencegah Penyakit Alzheimer

18. Meredakan Sakit Maag

19. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

20. Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

21. Menjaga Kelembapan Kulit


Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat terong belanda untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Menteng atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…