Rempah-Rempah

27 Khasiat Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam kelompok rempah jahe-jahean dari Indonesia, terkhususnya pulau Jawa, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Temulawak via solusisehatku.com

Temulawak selama ini memang telah dikenal secara luas sebagai obat herbal asli Indonesia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dimana bagian yang sering digunakan yaitu akar, atau bisa juga disebut rimpang. Akar inilah yang kemudian diolah menjadi obat herbal dan minuman tradisional, seperti jamu temulawak yang menyehatkan.

Manfaat Temulawak

Berikut 27 manfaat temulawak bagi kesehatan:

1. Melancarkan Proses Pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama adalah melancarkan proses pencernaan. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung senyawa yang diketahui dapat merangsang produksi empedu, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan.

2. Mengatasi Radang Sendi

Khasiat temulawak yang mengandung kurkumin dapat membantu mengurangi radang sendi pada tubuh Anda. Dimana kurkumin ini dapat berperan untuk menghambat per[indahan sel-sel leuksit pada daerah yang terkena radang ataupun menghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang disebut prostaglandin.

3. Menjaga Kesehatan Fungsi Hati

Manfaat temulawak yang berikutnya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan fungsi hati. Hal ini dikarenakan temulawak mengandung katagoga yang berperan dalam memproduksi empedu dalam hati serta merangsang pengosongan empedu.

4. Mencegah Kanker

Selain dapat membantu dalam menjaga kesehatan fungsi hati, khasiat temulawak juga dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko terkena kanker. Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut, namun secara umum temulawak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh pasien penderita kanker.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstrak temulawak memiliki khasiat untuk kesehatan lainnya, seperti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Dimana khasiat temulawak yang dapat membantu menurunkan kolesterol atau lemak darah ini tentu berdampak baik untuk menjaga kesehatan jantung serta sistem kardiovaskular dalam tubuh.

6. Melancarkan ASI pada Ibu Menyusui

Manfaat temulawak untuk ibu menyusui yaitu dapat meningkatkan serta melancarkan produksi ASI (Air Susu Ibu). Dimana temulawak mengandung antioksidan tinggi yang dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi ASI seperti protein dan asam lemak.

Seperti yang telah diketahui bahwa jika terjadi oksidasi nutrisi, maka produksi ASI pada wanita menyusui dapat berkurang. Selain itu, kualitas ASI juga dapat menurun. Untuk mencegah dan mengatasi hal ini, wanita menyusui dapat mengkonsumsi jamu temulawak secara rutin.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Efek minyak atsiri yang terdapat dalam temulawak yang sifatnya karminativum, dapat membantu Anda dalam menambah nafsu makan. Oleh karena itu, temulawak ini sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang mempunyai masalah pada nafsu makan.

8. Membantu Mengobati Sakit Ginjal

Manfaat jamu temulawak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan pada temulawak terdapat beberapa nutrisi yang dapat mengobati penyakit ginjal. Anda hanya perlu mengkonsumsi ramuan jamu temulawak ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

9. Meredakan Peradangan

Khasiat jamu temulawak ternyata telah dijadikan ramuan tradisional di India sejak ribuan tahun yang lalu untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Temulawak, atau dapat disebut juga dengan sebutan curcuma ini memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan seperti oesteoarthritis.

10. Meredakan Kelelahan pada Otot

Ramuan dari jamu temulawak ini juga sangat efektif untuk membantu meredakan masalah kelelahan pada otot, terutama bagi Anda yang seorang pekerja kantoran yang sering mengalami otot pegal dan bagi Anda yang melakukan aktivitas berat seperti sedang menjalani fitnes.

11. Membantu Melancarkan Buang Air Besar

Temulawak mengandung serat dan kurkumin yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah susah buang air besar, disarankan untuk mengkonsumsi temulawak secara rutin.

Artikel terkait:

Selain 11 manfaat temulawak untuk kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya, temulawak juga memiliki khasiat yang dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan lainnya. Berikut beberapa manfaat temulawak lainnya:

12. Detoksifikasi

13. Mempercepat Pemulihan Kesehatan Tubuh

14. Membantu Proses Metabolisme

15. Meredakan Penyakit Asma

16. Mengobati Penyakit Bisul

17. Meredakan Mual

18. Sebagai Antioksidan

19. Meredakan Sakit Kepala dan Masuk Angin

20. Mengatasi Komedo

21. Memperbaiki Suasana Hati atau Mood

22. Mengatasi Insomnia

23. Meredakan Batuk

24. Mengatasi Sembelit

25. Mengatasi Batu Empedu

26. Memperlancar Haid pada Wanita

27. Meredakan Nyeri Saat Haid pada Wanita


Pertimbangan dalam Mengkonsumsi Temulawak

Jika Anda mengkonsumsi temulawak dalam bentuk kemasan seperti kapsul atau bentuk obat jadi lainnya, disarankan untuk membatasi dosis pemakaian, terutama jika produkan obat kurang dikenal. Hal ini dikarenakan Anda tidak dapat mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam obat tersebut secara persis. Dengan begitu, Anda dapat mencegah terjadinya efek samping yang berbahaya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa rempah-rempah seperti temulawak memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat temulawak untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jamu Mete atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

12 Manfaat Daun Keji Beling: Tanaman Serbaguna dengan Beragam Manfaat

Daun keji beling, secara ilmiah dikenal sebagai Strobilanthes crispus, adalah tanaman berdaun hijau tua yang…

9 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Berjemur di pagi hari merupakan kebiasaan sederhana yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh…

11 Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit Wajah

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3 atau nicotinamide, adalah bentuk vitamin B yang larut dalam…

10 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Menikmatinya

Buah lontar, yang berasal dari pohon Cocos nucifera var. lontar, merupakan buah yang kaya akan…

9 Manfaat Flimty Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Flimty adalah produk suplemen makanan yang diformulasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu…

9 Manfaat Susu Pediasure Untuk Anak-Anak

Pediasure adalah merek susu nutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Produk ini diformulasikan untuk memberikan…