Categories: Minuman

8 Khasiat Teh Kayu Manis untuk Kesehatan

Teh kayu manis merupakan minuman yang lezat dan mudah untuk dihidangkan. Hidangan teh kayu manis menjadi salah satu cara termudah dalam mendapatkan manfaat kesehatan dari kayu manis. Manfaat teh kayu manis untuk kesehatan yaitu meliputi mengontrol tingkat gula darah, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat teh kayu manis, hanya perlu mempersiapkan beberapa potong kayu manis dan didihkan dalam air selama 15-20 menit. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 10 menit (atau bahkan bisa didiamkan lebih lama), kemudian anda dapat meminumnya.

Manfaat Teh Kayu Manis

Berikut 8 manfaat teh kayu manis bagi kesehatan :

1. Mengontrol Tingkat Gula Darah

Bagi penderita diabetes tipe II, teh kayu manis dapat memberikan suatu manfaat. Satu cangkir teh ini dapat membantu dalam menstabilkan kadar gula darah. Dalam kasus ini, saat yang terbaik untuk minum teh kayu manis yaitu saat puasa dan setelah makan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya, dengan mengurangi tingkat gula darah, juga berkaitan dengan mengurangi jumlah insulin yang dihasilkan, yang berarti bahwa tubuh akan menyimpan sedikit lemak dan secara bertahap dapat menurunkan berat badan. Anda hanya perlu mengkonsumsi sekitar satu atau dua cangkir teh kayu manis per hari untuk merasakan hasilnya.

3. Sistem Kekebalan Tubuh

Sejumlah senyawa organik yang dapat ditemukan dalam teh kayu manis memiliki sifat antivirus, antijamur, dan antiseptik. Hal ini membuat kayu manis menjadi salah satu ramuan yang terbaik untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Baca juga : Manfaat Kayu Manis

4. Mencegah Penyakit Kronis

Kayu manis memiliki konsentrasi antioksidan yang kuat dan senyawa penting lainnya. Antioksidan ini sangat ideal untuk menetralisir radikal bebas, yang berbahaya terhadap metabolisme sel, dan mencegah stres oksidatif pada seluruh tubuh. Hal ini berarti bahwa teh kayu manis bahkan dapat memiliki efek pencegahan pada beberapa jenis kanker, serta penyakit kronis.

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kayu manis memiliki efek merangsang pada cairan lambung dan asam lambung, yang membuat pencernaan lebih efisien dan efektif, yang mengarah ke masalah sembelit, kembung, kram dan masalah umum lainnya. Peradangan pada perut, disebabkan oleh Irritable bowel syndrome (IBS) dan kondisi lain, juga dapat dihindari dengan asupan rutin teh kayu manis.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian telah menemukan bahwa kayu manis tidak hanya penting bagi tubuh, tetapi juga bagi pikiran. Khususnya di generasi tua, kayu manis dikenal dapat meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan konsentrasi dan fokus, dan bahkan merangsang pertumbuhan jalur saraf baru, sehingga membuat teh kayu manis merupakan herbal yang penting untuk pengobatan Alzheimer dan kondisi saraf degeneratif lainnya.

7. Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan gejala umum dari berbagai kondisi, dan dapat menyulitkan kegiatan sehari-hari. Pada kasus ini, teh kayu manis telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan nyeri dalam banyak kasus, sehingga membuat teh kayu manis menjadi pengobatan yang cukup efektif dalam mengatasi berbagai macam kondisi.

8. Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi pada Wanita

Kayu manis mengandung sejumlah efek analgesik dan antikoagulan, yang berarti bahwa hal itu dapat mengurangi rasa sakit dan kram saat menstruasi pada wanita.


Perhatian dan Efek Samping Mengkonsumsi Teh Kayu Manis

Meskipun teh kayu manis mempunyai manfaat yang mengesankan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsinya. Salah satu bahan aktif dalam kayu manis, disebut coumarin, bisa sangat berbahaya bagi hati, dan bahkan dapat menyebabkan gagal hati jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup besar.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa teh memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat teh kayu manis untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Teh Ginseng serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat teh kayu manis untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/cinnamon-tea.html

steptohealth.com/hidden-benefits-cinnamon-tea/

Share

Recent Posts

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…