12 Khasiat Teh Ginseng untuk Kesehatan

Teh ginseng telah menjadi minuman yang populer di seluruh dunia sebagai minuman herbal. Menurut American Academy of Family Physicians, teh ginseng memiliki sejumlah properti anti-karsinogenik yang bermanfaat. Manfaat teh ginseng meliputi membantu diet, mencegah risiko kanker, meningkatkan fungsi otak, kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

Manfaat Teh Ginseng

Negara India, Cina, Jepang, dan bahkan beberapa negara Barat dikenal dalam mengolah teh ginseng untuk memperoleh manfaatnya untuk kesehatan. Kondisi cuaca di AS dan Kanada juga mendukung dalam budidaya ginseng, yang nantinya akan diekspor dari AS ke berbagai negara Asia.

Manfaat Teh Ginseng

Berikut manfaat teh ginseng bagi kesehatan :

1. Masalah Menstruasi

Teh ginseng Amerika dikenal memiliki efek pendinginan, sehingga dianjurkan untuk wanita yang menderita kram saat mens. Teh ginseng juga dapat meminimalkan rasa sakit pada perut yang berkaitan dengan menstruasi pada wanita.

2. Masalah Tekanan Darah Rendah

Teh ginseng Asia sangat efektif untuk orang yang memiliki kondisi tekanan darah rendah. Minuman berenergi ini dapat menjaga anda tetap aktif sepanjang hari serta dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan energi anda.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan, teh ginseng dapat membantu anda dalam program diet, karena teh herbal ini populer sebagai penekan nafsu makan yang alami. Mengkonsumsi teh ginseng juga dapat membuat tubuh lebih langsing dengan cara meningkatkan tingkat metabolisme dan membakar lemak pada tingkat yang lebih tinggi.

4. Mencegah Risiko Kanker

Ginseng juga kaya akan sifat antikanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang minum teh ginseng memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Para ahli medis juga menyarankan pada orang-orang untuk minum teh herbal tersebut untuk membantu dalam menghilangkan risiko pertumbuhan kanker dalam tubuh. Baca juga : Manfaat Ginseng

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Teh ginseng diyakini dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Karena teh ginseng berfungsi sebagai stimulan untuk sel-sel otak, sehingga dapat meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan kognitif.

6. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Jika anda memiliki masalah pencernaan, cobalah untuk minum secangkir teh ginseng. Teh ginseng dapat mengurangi sembelit dan perut kembung.

7. Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi teh ginseng Korea dapat membantu dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Teh ini merupakan sumber yang kaya akan antioksidan yang dapat menghentikan pembentukan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Radikal bebas bertanggung jawab atas tanda-tanda awal penuaan seperti keriput, garis-garis halus, dan bintik-bintik usia.

8. Menstabilkan Tingkat Gula Darah

Menurut penelitian, kandaungan ginsenosides dalam teh ginseng Amerika dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, mempertahankan berfungsinya pankreas, dan juga meningkatkan kekuatan respon tubuh terhadap insulin.

9. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh ginseng Siberia memiliki sifat anti-inflamasi. Ahli pengobatan tradisional merekomendasikan teh ginseng untuk digunakan dalam membantu menyembuhkan kondisi yang berkaitan dengan peradangan seperti arthritis dan nyeri kronis lainnya.

10. Mencegah Stoke

Teh ginseng Asia memiliki manfaat yang efektif dalam mencegah stroke. Kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada ginseng dapat membantu dalam pencegahaan terhadap stroke. Baca juga : Manfaat Teh Hijau

11. Membantu Mengurangi Tingkat Stres

Kemampuan ginseng dalam menenangkan saraf dan meningkatkan sirkulasi darah di otak dapat membantu dalam perubahaan suasana hati yang disebabkan karena stres, sehingga dapat membuat anda lebih bahagia dan sehat. Oleh karena itu, cobalah minum secangkir teh ginseng panas setelah bekerja yang melelahkan.

12. Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi teh ginseng dapat meningkatkan regenerasi sel kulit dengan meningkatkan oksigenasi pada sel-sel kulit. Teh ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan dapat mendetoksifikasi darah yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.


Peringatan dan Efek Samping Mengkonsumsi Teh Ginseng

Meskipun teh ginseng adalah minuman herbal, laporan medis juga menunjukkan bahwa konsumsi teh ini secara berkepanjangan dapat menyebabkan sulit tidur dan penyakit jantung. Oleh karena itu, cara yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter yang kompeten sebelum anda mulai rutin minum teh ginseng ini.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa teh ginseng memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat teh ginseng untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Minyak Ikan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat teh ginseng untuk kesehatan :

www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/health-benefits-of-ginseng-tea.html

www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-uses-of-ginseng-tea/#gref

medlicker.com/1026-ginseng-tea

3 Comments