5 Khasiat Teh Basi untuk Kesehatan Rambut

Teh basi merupakan teh tawar yang telah dibiarkan selama semalaman, sehingga warna dari teh tersebut mengalami perubahan dan terdapat endapan di dasar air teh. Perlu diperhatikan bahwa teh basi yang dimaksud merupakan teh yang tidak bercampur dengan gula atau garam sehingga dapat memberikan beragam manfaat. Lalu apa saja manfaat teh basi untuk rambut? Berikut ulasannya.

Manfaat Teh Basi untuk Rambut
Teh basi via everblossom.net

Manfaat Teh Basi untuk Rambut

Berikut berbagai manfaat teh basi untuk kesehatan rambut:

1. Melembabkan Rambut

Manfaat teh basi untuk rambut yang pertama yaitu dapat digunakan untuk melembabkan rambut. Dimana penggunaan teh basi atau teh yang sudah didiamkan semalaman dapat digunakan untuk membilas rambut, sehingga rambut dapat terbebas dari masalah terkait, seperti rambut kering, rambut kusut, dan rambut yang susah diatur.

2. Mengatasi Ketombe

Seperti yang telah diketahui bahwa masalah ketombe diakibatkan karena kulit kepala yang kering dan kurang ternutrisi dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membilas rambut Anda dengan menggunakan teh basi dan lakukan pijatan halus pada bagian kulit kepala, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Mengatasi Rambut Rontok

Masalah rambut rontok ini jika dibiarkan tentu dapat menimbulkan kebotakkan. Oleh karena itu, Anda perlu mengatasinya sejak dini. Salah satu cara mengatasi rambut rontok ini adalah dengan menggunakan teh basi yang dioleskan pada seluruh bagian rambut.

4. Menghitamkan Rambut Beruban secara Alami

Uban yang terlihat tentu dapat mengganggu penampilan Anda, karena tidak hanya terjadi pada lansia, kalangan muda juga bisa saja mengalami rambut beruban. Untuk mengatasinya, gunakan teh basi yang telah didiamkan semalaman dengan cara menyiramkannya ke sela-sela rambut secara merata. Biarkan selama beberapa saat lalu bilaslah hingga bersih.

5. Melembutkan Rambut

Tidak hanya melembabkan rambut, manfaat teh basi untuk rambut juga dapat digunakan untuk melembutkan rambut. Teh basi atau teh yang telah didiamkan semalaman dapat menutrisi akar rambut, sehingga dapat membuat rambut Anda menjadi lebih lembut.

Artikel terkait: Manfaat Teh Basi untuk Wajah


Cara Menyiapkan Teh Basi

  1. Sediakan teh celup atau teh kering dan air panas.
  2. Seduh teh tersebut dengan menggunakan air panas yang telah disiapkan.
  3. Setelah diseduh, diamkan selama semalaman atau satu hari penuh dengan kondisi tertutup rapat. Hal ini dilakukan agar teh tersebut tidak terkontaminasi dengan kotoran atau zat lain. Sementara proses mendiamkan teh bertujuan untuk mengoptimalkan perubahan zat kimia yang terjadi.
  4. Teh basi siap digunakan untuk perawatan rambut Anda.

Demikian artikel kesehatan mengenai berbagai manfaat teh basi untuk rambut. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Anggur Merah atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Silahkan bagikan artikel ini melalui: