8 Khasiat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Susu kedelai, yang terbuat dari perendaman, penggilingan, dan perebusan kacang kedelai dengan air, merupakan minuman yang dikemas dengan berbagai nutrisi. Nutrisi ini dapat memberikan berbagai manfaat dan menjaga tubuh tetap berfungsi secara optimal. Dan berikut artikel mengenai berbagai manfaat susu kedelai untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh.

Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai dapat menjadi minuman alternatif pengganti susu sapi, selain susu almond. Susu kedelai mengandung sejumlah senyawa yang sangat penting untuk kesehatan baik bagi laki-laki maupun wanita. Terutama kandungan akan isoflavon, protein, serta berbagai vitamin dan mineral yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Susu Kedelai

Berikut 8 manfaat susu kedelai bagi kesehatan :

1. Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai merupakan sumber yang baik dari fitoestrogen, yaitu hormon tanaman yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Dengan mengurangi kadar testosteron secara signifikan dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker prostat.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat susu kedelai untuk diet. Susu kedelai secara alami cenderung mengandung gula yang lebih rendah dibanding susu biasa. Susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula per cangkir dibandingkan dengan susu kedelai yang hanya 7 gram. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai juga dapat menghambat penyerapan lemak pada usus Anda.

3. Kesehatan Jantung

Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika telah menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 25 gram protein kedelai per hari, sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi kolesterol dalam darah.

4. Memperbaiki Profil Lipid

Komponen yang paling penting dari susu kedelai adalah kemampuannya untuk memperbaiki profil lipid darah Anda. Tidak seperti produk susu lainnya, yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, lemak pada susu kedelai sebagian besar tidak jenuh dengan nol kolesterol.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kedelai secara teratur, secara signifikan dapat membantu Anda dalam menurunkan konsentrasi trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

5. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Pada jurnal “The Journal of Nutrition” edisi Desember 2010, melaporkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kedelai dalam jumlah sedang sepanjang hidupnya, memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kedelai.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Susu kedelai dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko mengalami gangguan mental, hal ini dikarenakan kedelai mengandung sejumlah mikronutrisi seperti magnesium, vitamin B, serta kandungan yang tinggi akan vitamin D yang berperan dalam menjaga kesehatan mental.

7. Mencegah Sindrom Pascamenopause

Selama menopause, produksi estrogen pada wanita akan berkurang hingga seminimal mungkin. Pengurangan estrogen secara tiba-tiba dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita pasca-menopause. Seperti memiliki risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas yang lebih tinggi. Wanita pascamenopause juga lebih rentan terhadap depresi, perubahaan suasana, insomnia, dan gangguan psikologis lainnya.

Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai merupakan pengganti estrogen yang efektif. Sehingga dengan mendapat asupan kedelai secara teratur merupakan cara yang bagus untuk mencegah dan meringankan sindrom pascamenopause ini.

8. Mencegah Osteoporosis

Osteoporisis adalah penyakit lainnya yang terkait dengan usia dan hormon. Fitoestrogen pada kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk hasil yang optimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.

Baca juga artikel lain, seperti :

Peringatan dan Efek Samping Susu Kedelai

Meskipun susu kedelai begitu bermanfaat, masih terdapat beberapa laporan yang menyatakan bahwa terdapat efek samping ketika mengkonsumsi susu kedelai. Terutama bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kedelai, sehingga perlu menghindari dari mengkonsumsi susu kedelai.

Beberapa jenis susu kedelai yang mengandung gula tambahan juga kurang baik untuk kesehatan. Gula tambahan dapat meningkatkan asupan kalori dengan gizi yang lebih rendah, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, ketika akan beli susu kedelai pilihlah yang mengandung sedikit gula atau tanpa gula tambahan.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kedelai memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 8 manfaat susu kedelai untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Jambu Air serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat susu kedelai untuk kesehatan :

healthyeating.sfgate.com/health-benefits-soy-milk-men-4417.html

www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/healthy-eating/6-health-benefits-of-soy-milk.html

www.healthfitnessrevolution.com/health-benefits-of-soy-milk/

www.livestrong.com/article/425074-soy-milk-advantages-and-disadvantages/

image by : asociatiaveg.ro

Silahkan bagikan artikel ini melalui:
2 Comments