8 Khasiat Susu Kambing untuk Kesehatan

Susu kambing merupakan salah satu minuman menyehatkan yang cukup populer, misalnya saja susu kambing etawa. Dengan tekstur dan bermacam-macam nutrisi yang terkandung di dalamnya, susu kambing dapat menjadi pengganti suplemen yang kita konsumsi setiap hari. Berikut artikel mengenai manfaat susu kambing untuk kesehatan.

Manfaat Susu Kambing

Selain itu, susu kambing ternyata lebih banyak disukai bagi mereka yang sudah mencoba membandingkan dengan susu sapi karena susu kambing lebih mudah dicerna dan tidak menyebabkan masalah kesehatan pada umumnya seperti sakit perut atau berbagai gejala alergi yang sering terjadi ketika mengkonsumsi susu sapi, hal inilah yang menjadi kelebihan susu kambing.

Manfaat Susu Kambing

Berikut 8 manfaat susu kambing bagi kesehatan :

1. Kesehatan Tulang

Susu kambing memiliki jumlah kalsium yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan membantu mencegah masalah tulang yang berkaitan dengan usia, seperti osteoporosis.

2. Anti-inflamasi

Salah satu alasan beberapa orang cenderung lebih menyukai susu kambing adalah bahwa mereka dapat menikmati susu kambing tanpa mengalami peradangan umum dan sakit perut. Hal ini disebabkan oleh kandungan enzim pada susu kambing yang dapat menenangkan peradangan di usus.

3. Meningkatkan Metabolisme

Susu kambing jauh lebih padat nutrisi dibandingkan susu sapi. Secangkir susu kambing menyediakan hampir 40% dari kebutuhan harian kalsium, 20% dari asupan vitamin B, serta kalium dan fosfor. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan tembaga dalam saluran pencernaan kita, yang penting bagi orang-orang yang menderita anemia dan kekurangan gizi lainnya.

4. Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Kandungan kalium yang tinggi dalam susu kambing dapat membantu menurunkan tekanan darah. Potasium merupakan vasodilator yang melemaskan pembuluh darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.

Baca juga : Manfaat Susu

5. Meningkatkan Sistem Imunitas

Kandungan selenium dalam susu kambing dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat kita lebih mampu melindungi diri dari penyakit dan mencegah berbagai infeksi.

6. Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh

Susu kambing kaya akan protein, yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Protein dapat memperbaiki sel, jaringan, otot, dan tulang. Dengan memastikan aliran protein, kita dapat melindungi proses metabolisme dan meningkatkan pertumbuhan kesehatan secara keseluruhan.

7. Kesehatan Kulit

Susu kambing juga dapat digunakan untuk kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis. Kandungan nutrisi dalam susu kambing akan memberikan kelembutan pada kulit dan membuat kulit menjadi tampak lebih sehat.

8. Mengurangi Risiko Alergi Laktosa

Susu kambing mengandung asam lemak cukup tinggi yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat pada pembuluh darah arteri. Meskipun susu kambing hanya menghasilkan 7% lebih sedikit laktosa dibandingkan susu sapi, akan tetapi susu kambing tidak menghasilkan lendir yang menyebabkan alergi laktosa.


Peringatan dalam Mengkonsumsi Susu Kambing

Tidak dianjurkan untuk segera memberikan susu kambing pada anak Anda setelah mereka berhenti minum ASI. Sebagai nutrisi perkembangan tubuh susu kambing memang bermanfaat, akan tetapi sebagai permulaan akan lebih bijaksana apabila mengkonsumsi susu sapi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi susu kambing.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa susu memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat susu kambing untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Ikan Mujair serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat susu kambing untuk kesehatan :

beveragesandhealth.com/health-benefits-of-goat-milk/

www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/goat-milk.html

countrysidenetwork.com/daily/livestock/goats/discover-goat-milk-benefits/

One Comment