9 Khasiat Susu Almond untuk Kesehatan

Susu almond merupakan susu nabati yang paling populer di Amerika Serikat. Susu almond kaya akan beberapa nutrisi sehat yang membuatnya dapat menjadi pengganti dari susu sapi bagi Anda yang mengalami intoleransi laktosa. Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat susu almond untuk kesehatan sebagai berikut.

Manfaat Susu Almond

Manfaat Susu Almond

Berikut 9 manfaat susu almond bagi kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu almond tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Selain itu, susu almond juga rendah akan sodium dan tinggi akan lemak sehat (seperti asam lemak omega, yang biasanya ditemukan pada ikan), yang dapat membantu Anda dalam mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Mesti tidak menyediakan kalsium sebanyak susu sapi, susu almond tetap dapat menyediakan 30 persen dari jumlah harian kalsium yang disarankan, serta 25 persen dari jumlah yang disarankan akan vitamin D. Dua nutrisi tersebut dapat bekerja sama dalam menjaga kesehatan tulang dan pembentukan tulang.

3. Kesehatan Kulit

Susu almond mengandung sekitar 50 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan akan vitamin E, yang mengandung sifat antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit Anda, seperti melindungi kulit Anda terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4. Tidak Meningkatkan Kadar Gula Darah

Susu almond (tanpa zat aditif) dapat menjadi minuman yang rendah karbohidrat, yang berarti tidak akan secara signifikan meningkatkan kadar gula darah Anda, sehingga mengurangi risiko diabetes. Karena indeks glikemik yang rendah, tubuh Anda akan menggunakan karbohidrat sebagai energi, sehingga gula tidak disimpan sebagai lemak.

5. Penting bagi Perkembangan Otot dan Penyembuhan

Meskipun susu almond hanya mengandung 1 gram protein per porsi, tetapi susu almond mengandung banyak vitamin B seperti riboflavin dan zat besi, yang keduanya penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot serta proses penyembuhan.

6. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Susu almond kaya akan berbagai vitamin, termasuk vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata sehingga dapat berfungsi dengan baik. Dengan meningkatkan asupan vitamin A yang dapat Anda peroleh dari susu almond, dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mata.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Susu almond mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu Anda dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Dimana sistem kekebalan dapat melindungi tubuh dari kuman dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan berbahaya bagi tubuh.

Oleh karena itu, seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk sangat rentan terhadap masalah kesehatan dan penyakit. Dengan mendapat asupan susu almond dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh Anda dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Kaya Akan Vitamin D

Sama seperti susu biasa, susu almond juga mengandung vitamin D. Hal ini membuat susu almond yang diperkaya dengan sumber vitamin D, dapat membantu Anda dalam mencegah defisiensi atau kekurangan vitamin D bila dikonsumsi secara teratur.

9. Dapat Menjadi Pengganti ASI

Susu almond mengandung vitamin dan mineral yang mirip dengan ASI (Air Susu Ibu). Hal ini dikarenakan susu almond mengandung sejumlah besar vitamin C, vitamin D, serta zat besi, yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kemudian juga kaya akan protein, yang membuatnya menjadi pengganti makanan yang sempurna, seperti makanan sehat lainnya.

Baca juga artikel lain, seperti :

Cara Membuat Susu Almond

Secara umum, jika Anda ingin beli susu almond dapat Anda peroleh di supermarket. Namun, Anda pun dapat membuat susu almond sendiri di rumah dengan mudah. Yang Anda butuhkan yaitu sebuah blender, air mineral, dan kacang almond secukupnya.

Pertama, hilangnya bagian kulitnya. Anda dapat menghilangkannya dengan cara merendam almond dalam air selama 8-12 jam atau semalam. Dengan merendam kacang almond dapat melembutkan kulitnya, yang memungkinkan Anda untuk mengelupasnya dengan mudah ketika almond dibilas.

Selanjutnya, ambil kacang almond secukupnya dalam blender dengan empat gelas air, blender hingga halus. Anda dapat menambahkan pemanis secukupnya. Jika sudah halus, Anda dapat menyaring ampasnya, lalu susu almond siap untuk dikonsumsi.

Peringatan dan Efek Samping Susu Almond

Susu kacang almond dapat memberikan banyak manfaat, tetapi bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kacang pohon perlu menghindari asupan susu almond. Gejala yang mungkin dapat terjadi yaitu kesulitan bernafas, tidak sadarkan diri, serta bintik-bintik merah pada kulit, dan juga gatal.

Selain itu, jika Anda ingin membeli produk susu almond, pastikan untuk memeriksa label kadaluarsa dan belilah susu almond yang mengandung paling sedikit bahan pengawet dan aditif makanan atau bahan tambahan makanan lainnya.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa kacang almond memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 9 manfaat susu almond untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Sawi Putih serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat susu almond untuk kesehatan :

www.lifehack.org/articles/lifestyle/benefits-almond-milk.html

www.organicfacts.net/health-benefits/almond-milk.html

authoritynutrition.com/benefits-of-almond-milk/

image by : www.playbuzz.com

One Comment