Categories: HerbalTumbuhan

15 Khasiat Sereh untuk Kesehatan

Serai atau sereh ( Cymbopogon citratus ) merupakan tumbuhan rumput-rumputan budidaya yang berasal dari India. Serai digunakan sebagai obat di India dan sebagai bumbu kuliner di Asia dan Amerika. Tumbuhan ini dapat tumbuh hampir dimana saja asalkan berada pada cuaca hangat dan semi-tropis. Berikut artikel mengenai manfaat sereh untuk kesehatan.

Tumbuhan ini memiliki bentuk panjang, ramping, halus-kasar, dan batangnya merah. Serai dapat tumbuh sepanjang tahun dan dapat dipanen dengan hanya memotong daun dari batangnya (hal ini dilakukan agar serai dapat segera tumbuh kembali) atau ditarik keluar dari tanah hingga akarnya.

Asal Usul Serai atau Sereh

Pada awalnya serai ditanam di Bandarawela (India Selatan) untuk tujuan penelitian. Beberapa budidaya skala besar serai telah ada di Sri Lanka di beberapa dekade lalu, Serai banyak digunakan sebagai minyak. Minyak serai telah ditemukan di Filipina pada abad ke-17, kemudian diperkenalkan ke Jamaika pada tahun 1799, kemudian ke Haiti dan Amerika Serikat pada tahun 1917.

Budidaya serai pertama kali di Florida, Amerika Serikat dan Haiti pada tahun 1947, sedangkan kini serai telah menjadi tumbuhan budidaya yang banyak ditanam di Asia khususnya di Indonesia karena kandungan-kandungan zat bermanfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat serai bagi kesehatan.

Manfaat Sereh

Berikut 15 manfaat sereh atau serai untuk kesehatan.

1. Mengontrol Tingkat Kolesterol

Sereh memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi sereh secara rutin dapat mempertahankan tingkat kesehatan trigliserida dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Hal ini akan membantu mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

2. Kesehatan Pencernaan

Efek diuretik dalam serai dapat membantu dalam meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, sehingga akan membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan, menghilangkan lemak jahat, dan menjaga kesehatan sistem tubuh.

3. Mengobati Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa sereh mengandung citral (zat anti-kanker), yang bermanfaat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker selama fase awal dan mencegah setiap produksi lebih lanjut dari sel-sel kanker tersebut.

4. Melindungi Tubuh dari Biofilm

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak serai memiliki kemampuan anti-biofilm dan membantu menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus. Minyak sereh ini berisi fenol yang memiliki kemampuan untuk menyebar dengan cepat melalui jaringan tubuh dan mencegah biofilm yand ada di dalam tubuh.

5. Mengatasi Gangguan Perut

Penelitian telah menunjukkan bahwa serai memiliki sifat anti-mikroba dan anti-bakteri yang membantu dalam mencegah infeksi yang disebabkan oleh berbagai patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli.

Hal ini akan bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan seperti maag lambung, membantu dalam merangsang fungsi usus, dan meningkatkan pencernaan. Sifat anti-inflamasi dari serai juga bermanfaat untuk mengobati sembelit, diare, mual dan sakit perut.

6. Mencegah Insomnia

Penelitian telah menunjukkan bahwa sereh memiliki mangandung zat penenang yang dapat membantu dalam meningkatkan durasi dan kualitas tidur.

7. Mencegah Gangguan Pernafasan

Kandungan vitamin C yang ada di dalam serai dapat membantu menyembuhkan penyumbatan di hidung, flu dan gangguan pernafasan lainnya seperti asma bronkial.

8. Membantu Mengatasi Demam

Efek anti-piretik yang ada dalam sereh berfungsi untuk mengeluarkan keringat. Hal ini dapat bermanfaat untuk menyembuhkan demam dengan menginduksi keluarnya keringat.

9. Mengobati Infeksi

Serai berfungsi sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi seperti kurap, luka, kudis, dan infeksi saluran kemih karena adanya sifat antimikroba dan anti-jamur.

10. Kesehatan Sistem Saraf

Sereh telah terbukti dapat menjadi tonik yang sangat baik untuk sistem saraf. Hal ini akan merangsang pikiran dan membantu mencegah kejang, gugup, vertigo dan berbagai gangguan saraf seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson.

11. Membantu Mengobati Diabetes Tipe-2

Serai telah terbukti bermanfaat untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian telah menunjukkan bahwa citral di dalamnya dapat membantu mempertahankan tingkat optimal insulin dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.

12. Perawatan Kulit

Serai dapat menjadi tonik untuk kulit dan membersihkan kulit yang berminyak atau berjerawat karena  adaya zat antiseptik. Selain itu, serai juga membantu memperkuat jaringan kulit dan mengencangkan pori-pori.

13. Sebagai Aromaterapi

Sereh terdiri dari bahan-bahan yang bermanfaat seperti nerol, sitronelol, myrcene, dipentene, geraniol dan metil heptenone yang memiliki sifat anti-jamur, insektisida dan sifat antiseptik. Sereh dapat digunakan sebagai aromaterapi yang dapat membantu dalam merevitalisasi dan menyegarkan tubuh.

14. Mencegah Obesitas

Serai mengandung citral yang telah terbukti efektif mencegah obesitas. Serai dapat mencegah penumpukan lemak di perut dan meningkatkan energi yang tersimpan dalam tubuh. Hal ini juga akan membantu metabolisme dan meningkatkan oksidasi asam lemak di dalam tubuh.

15. Mengatasi Bau Badan

Serai digunakan dalam pembuatan deodoran karena memiliki sifat pembersih dan antibakteri yang membantu mengatasi bau badan yang tidak sedap dan mencegah infeksi jamur.


Efek Samping Serai

Meskipun dianggap aman, akan tetapi serai juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk atau olahan dari serai, khususnya bagi wanita hamil, wanita yag sedang menyusui, dan seseorang yang sedang menjalani perawatan medis.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa sereh atau serai memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat sereh untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Buah Rambutan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel manfaat sereh :

  • www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-lemongrass.html
  • en.wikipedia.org/wiki/Cymbopogon
  • www.exportagridept.gov.lk/web/index.php?option=com_content&view=article&id=135&Itemid=159&lang=en
  • www.herbs-info.com/lemongrass.html
Share

Recent Posts

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…

Jangan Dikupas! 8 Kulit Buah ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Tahukah Anda, bagian kulit buah tertentu ternyata mengandung zat gizi dan mineral yang lebih kaya…