Categories: Buah-BuahanKhasiat

10 Khasiat Semangka Untuk Kesehatan

Semangka merupakan tanaman tropis maupun subtropis yang membutuhkan suhu yang lebih tinggi dari (sekitar) 25 derajat Celcius untuk dapat berkembang. Secara umum, buah semangka yang ada di Indonesia memiliki bentuk bulat agak lonjong dengan warna kulit hijau, dan warna merah / kuning untuk bagian dalam. Terlepas dari hal itu, manfaat semangka pun sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran dari semua jenis telah lama dikaitkan dengan penurunan berbagai kondisi kesehatan terkait gaya hidup. Tak terkecuali konsumsi buah semangka, yang akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Mencegah Gangguan Ginjal

Buah semangka mengandung banyak kalium, seperti susu, yang dapat membantu dalam membersihkan atau mencuci deposisi beracun di ginjal. Selain itu, membantu dalam mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal di organ itu.

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, yang dapat menginduksi sering buang air kecil, sehingga dapat membantu untuk membersihkan ginjal. Antioksidan yang juga hadir dalam kandungan semangka, dapat memastikan kesehatan ginjal yang lebih baik di masa mendatang.

2. Kesehatan Jantung

Kandungan likopen yang tinggi pada buah semangka sangat efektif dalam melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, hal ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di Purdue University.

Begitu juga dengan konsentrasi buah dari sitrulin dan arginin yang baik untuk jantung anda. Arginin dapat membantu meningkatkan aliran darah dan membantu mengurangi akumulasi kelebihan lemak. Sebuah studi lain juga telah menemukan bahwa ekstrak semangka dapat mengurangi hipertensi dan tekanan darah.

3. Mencegah Kanker

Semangka dan jambu biji memiliki kandungan likopen, yaitu senyawa phytonutrisi karotenoid yang semakin terkait dengan pencegahan kanker. Seperti beberapa studi yang telah dilakukan, likopen terbukti dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker prostat, kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

4. Kesehatan Mata

Tidak perlu khawatir tentang kesehatan mata dan masalah degenerasi makula jika anda konsumsi semangka yang cukup, karena antara kandungan beta karoten, vitamin C, lutein, dan zeaxanthin akan melindungi mata anda dengan baik.

Kandungan tersebut akan memastikan perlindungan mata anda dari kebutaan yang berkaitan dengan usia dan degenerasi, selain itu antioksidan ini juga dapat melindungi mata anda dari penyakit yang berkaitan dengan usia lainnya seperti glaukoma.

5. Menyembuhkan Disfungsi Ereksi

Kandungan arganine yang hadir dalam buah semangka dapat juga bermanfaat dalam menyembuhkan impotensi atau disfungsi ereksi, serta dapat meningkatkan libido, mengurangi frigiditas (hilangnya libido seorang wanita untuk melakukan hubungan seksual), hingga memperlancar kehidupan asmara rumah tangga anda.

6. Pencegahan Asma

Risiko akan berkembangnya asma akan lebih rendah kepada orang yang mengkonsumsi nutrisi tertentu dengan jumlah tinggi. Salah satu nutrisi ini adalah vitamin C, yang dapat ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran termasuk semangka.

7. Melancarkan Pencernaan

Manfaat semangka juga dapat memperlancar pencernaan, karena buah semangka mengandung banyak air dan serat, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit dan dapat memperlancar keteraturan untuk saluran pencernaan yang lebih sehat.

8. Menjaga Hidrasi

Buah semangka terdiri dari 92% air dan penuh dengan kandungan elektrolit penting, dimana buah semangka dapat menjadi makanan ringan yang baik untuk di konsumsi saat cuaca panas serta selama musim panas untuk mencegah dehidrasi.

9. Mengatasi Nyeri Otot

Manfaat semangka dan jus semangka telah terbukti dapat mengurangi nyeri otot dan dapat meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan yang dilakukan. Para peneliti percaya, hal ini mungkin saja disebabkan karena asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka.

10. Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah semangka juga bagus untuk kulit anda, karena buah semangka mengandung vitamin A, yaitu sebagai nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang dapat membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab, dan juga mendorong pertumbuhan yang sehat dari sel kolagen dan elastin.

Risiko Kesehatan Dari Mengkonsumsi Semangka

Buah semangka jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, seharusnya tidak menimbulkan efek samping yang serius. Tetapi jika konsumsi semangka secara berlebihan, akan mengakibatkan masalah karena terlalu banyak likopen maupun kalium. Menurut American Cancer Society, jika konsumsi lebih dari 30 mg likopen sehari dapat berpotensi menyebabkan mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembung.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa buah semangka memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat semangka untuk kesehatan. Baca artikel sebelumnya berjudul 10 Khasiat Nanas Untuk Kesehatan serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Share

Recent Posts

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.

18 Buah Buahan Paling Menyehatkan di Bumi

Apakah kamu tahu, terdapat jenis buah buahan yang lebih menyehatkan dibanding jenis buah lainnya lho.…

10 Macam Sayuran Paling Menyehatkan di Bumi

Khasiatsehat.com - Sayuran telah dikenal masyarakat luas akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh…