8 Khasiat Sawi Putih untuk Kesehatan

Sawi putih, atau dikenal juga sebagai sawi cina, merupakan salah satu jenis sayuran yang terkenal di seluruh dunia karena manfaatnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh manusia. Salah satunya yaitu sawi putih mengandung antioksidan yang begitu bermanfaat. Dan pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai manfaat sawi putih untuk kesehatan sebagai berikut.

Manfaat Sawi Putih

Asal Usul

Dikatakan bahwa, sayur sawi putih ini pertama kali dibudidayakan di Cina pada abad kelima belas. Bahkan di Korea sendiri, budidaya sawi putih telah dilakukan selama berabad-abad yang lalu dan biasa digunakan sebagai bahan baku kimchi. Kemudian diperkenalkan di Amerika Serikat dan bagian lain dari benua Amerika pada abad ke sembilan belas. Kini, kubis telah dibudidayakan dan banyak ditemui di seluruh dunia.

Manfaat Sawi Putih

Berikut 8 manfaat sawi putih bagi kesehatan :

1. Kaya akan Vitamin K

Dalam 100 gr sawi putih, mengandung sekitar 38 persen vitamin K dari total kebutuhan asupan harian akan vitamin K. Vitamin K penting untuk metabolisme tulang dan pembekuan darah. Selain itu, vitamin K dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer dan mengurangi risiko terjadinya kerusakan sel neuron di otak manusia.

2. Sumber akan Kalsium

Selain mengandung vitamin K, sawi putih merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Dalam 100 gr sawi putih, mengandung sekitar 105 mg kalsium. Hal ini sama dengan 10,5 persen dari total kalsium yang dibutuhkan manusia dalam sehari.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sawi putih mengandung zat anti oksidan dan anti inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu juga dapat membantu Anda dalam mencegah dampak dari karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi sawi putih secara rutin dapat membantu Anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Sumber akan Vitamin A

Vitamin A yang terkandung dalam sawi putih dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan beberapa zat seperti polifenol dan flavonoid juga berperan penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga kondisi mata tetap sehat, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sawi putih.

5. Sebagai Anti Inflamasi

Sawi putih kaya akan nutrisi yang bekerja secara efisien sebagai zat anti-inflamasi yang dapat melindungi tubuh terhadap peradangan. Secara tidak langsung, hal ini dapat membantu Anda dalam mencegah beberapa penyakit yang disebabkan karena peradangan, seperti arthritis.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Sawi putih terdiri dari sejumlah besar vitamin B9 yang memiliki peran untuk meningkatkan fungsi jantung pada manusia. Yaitu dengan cara mengurangi homosistein yang dapat menjadi penyebab utama terjadinya serangan jantung pada usia dini.

7. Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam sawi putih memiliki peran penting sebagai antioksidan ang bermanfaat dalam mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan karena paparan sinar matahari, polusi, dan asap rokok. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan kolagen untuk mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit.

8. Mengatasi Gangguan Emosional

Sawi putih mengandung vitamin B6 yang bertanggung jawab untuk mengatasi sejumlah gangguan emosional. Kekurangan vitamin ini dapat mempengaruhi pembentukan hormon dan ketidak seimbangan akan kadar hormon, yang akhirnya mengarah kepada terjadinya gangguan emosi. Dengan demikian, mendapat asupan yang cukup akan vitamin B6 merupakan hal yang penting untuk mengontrol dan mengatasi gangguan emosional.

Baca juga artikel lain, seperti :

Tips Memilih dan Menyimpan Sawi Putih

Ketika akan membeli sayur sawi yang segar, ada hal yang perlu diperhatikan, seperti hindari memilih sawi putih yang daunnya sudah layu. Sawi putih organik lebih disarankan untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia. Untuk penyimpanannya, Anda dapat menyimpannya pada suhu yang dingin atau di dalam kulkas.

Seringkali, sayuran yang masih mentah mengandung pestisida untuk menghindari serangan hama. Oleh karena itu perlu dibersihkan dahulu sebelum dikonsumsi dengan cara cuci dengan air mengalir, di rendam dalam air garam selama sekitar 30 menit, dan cuci kembali dengan air bersih.

Perhatian dan Efek Samping Sawi Putih

Sawi putih mengandung senyawa kimia tertentu yang dikenal sebagai goitrogen, sehingga mengkonsumsi sayuran ini secara berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid, yang lebih dikenal sebagai gondok. Oleh karena itu, bagi beberapa individu dengan disfungsi tiroid disarankan untuk membatasi dalam mengkonsumsi sayur sawi.


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa sawi memiliki banyak kegunaan, terkhususnya 8 manfaat sawi putih untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Kulit Manggis serta kunjungi selalu situs khasiatsehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat sawi putih untuk kesehatan :

drhealthbenefits.com/food-bevarages/vegetables/health-benefits-napa-cabbage

www.healthbenefitstimes.com/napa-cabbage/

www.nutrition-and-you.com/napa-cabbage.html

image by : pinterest.com

One Comment