Sayuran

8 Khasiat Sawi Hijau untuk Kesehatan

Sawi hijau, dikenal pula sebagai bok choy, merupakan salah satu jenis sayuran yang popoler di daratan China, Filipina, Vietnam, dan wilayah Asia Timur lainnya. Sayur sawi hijau ini sangat rendah akan kalori tetapi tinggi akan nutrisi dengan berbagai manfaat kesehatan yang bisa ditawarkan. Hal tersebutlah yang menarik perhatian dunia, karena tidak hanya dapat diolah menjadi makanan yang enak, tetapi juga sangat bergizi. Dan pada artikel ini akan membahas tentang manfaat sawi hijau untuk kesehatan dan efek sampingnya.

Sawi hijau berasal dari China dimana teah dibudidayakan selama berabad-abad lalu, tetapi kini sawi hijau dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Dalam dunia kuliner, sawi hijau sering digunakan sebagai tambahan pada salad, sup, maupun hanya sebagai penghias pada makanan.

Manfaat Sawi Hijau

Berikut 8 manfaat sawi hijau bagi kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Salah satu manfaat sawi hijau adalah untuk kesehatan tulang. Kombinasi mineral penting, seperti zat besi, magnesium, dan kalsium yang terkandung dalam sawi hijau dapat membantu Anda dalam mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang (1).

2. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu komponen vitamin utama dari sawi hijau adalah vitmain A, yang terdiri dari berbagai karotenoid, termasuk beta karoten dan alfa karoten. Hal ini berarti bahwa dengan mengkonsumsi sawi hijau dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda, yang selanjutnya dapat membantu mencegah degenerasi makula dan stres oksidatif di retina (1).

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa komponen yang dapat ditemukan dalam sawi hijau, terutama asam folat dan vitamin B6, terkait langsung dengan peningkatan kesehatan jantung. Komponen tersebut juga dapat mengurangi kadar homosistein dalam darah, yang merupakan indikator kuat penyebab penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya (1).

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Dalam secangkir sawi hijau, terdapat sekitar 20 persen jumlah potassium harian yang direkomendasikan. Hal ini sangat penting untuk kesehatan jantung, karena kalium bekerja sebagai vasolidator untuk mengurangi ketegangan pada pembuluh darah, dan dengan demikian dapat menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular (1).

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Terdapat beberapa vitamin dalam sawi hijau, termasuk vitamin C. Hal ini berarti bahwa sayur sawi hijau ini dapat membantu tubuh Anda dalam memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C tidak hanya merangsang produksi sel darah putih, tetapi juga berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat mencegah stres oksidatif dan berbagai penyakit kronis (1).

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam sawi hijau juga berperan penting dalam produksi kolagen, sehingga dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini berarti dengan mengkonsumsi sayur sawi hijau ini dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu peremajaan kulit Anda (1).

7. Membantu Menurunkan Berat Badan bagi yang Sedang Diet

Dalam 100 gr sawi hijau hanya mengandung sekitar 13 kalori. Hal ini berarti sawi hijau dapat menjadi makanan pendamping yang ideal bagi yang sedang menjalani program diet, yang bila dikonsumsi tidak akan menambah kalori ekstra bagi tubuh tetapi memudahkan pembakaran kalori (lemak) dan dengan demikian dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan (2).

8. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Sawi hijau memiliki senyawa yang mengandung sulfur unik yang dapat mengurangi risiko kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan lain-lain. Zat ini dapat membantu tubuh dalam menghilangkan karsinogen serta mencegah sel berubah menjadi kanker (3).

Artikel terkait :


Peringatan dan Efek Samping Sawi Hijau

Karena kadar vitamin K dalam sawi hijau yang cukup tinggi, penderita yang sedang mengkonsumsi obat pembekuan darah perlu berkonsultasi dengan yang ahli atau dokter terlebih dahulu, sebelum mulai mengkonsumsi sayur sawi hijau ini (1).

Sayur sawi hijau mengandung senyawa kimia tertentu di dalamnya yang dikenal dengan gaitrogen, yaitu zat yang berpotensi dapat menimbulkan penyakit gondok. Oleh karena itu, disarankan pada beberapa orang dengan kondisi disfungsi tiroid perlu membatasi dalam konsumsi sayuran jenis ini (2).


Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa sawi hijau atau bok choy memiliki banyak manfaat, terkhususnya 8 manfaat sawi hijau untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Manfaat Susu Kolostrum atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Referensi artikel khasiat sawi hijau untuk kesehatan :

(1) www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/bok-choy.html

(2) www.nutrition-and-you.com/bok-choy.html

(3) healthyeating.sfgate.com/health-benefits-bok-choy-1551.html

(4) id.wikipedia.org/wiki/Bok_choy

(5) image by : www.eatthis.com

Share

Recent Posts

7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Khasiatsehat.com - Bunga telang seringkali hanya dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman.…

8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Pakainya

KhasiatSehat.com - Pada dasarnya terdapat banyak jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan…

6 Jenis Jamu Tradisional Yang Cocok Di Minum Saat Masa Pandemi

Khasiatsehat.com - Jamu merupakan salah satu jenis minuman warisan tradisional masyarakat Indonesia yang terbuat dari…

8 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Saffron adalah salah satu jenis rempah termahal di dunia karena diperlukan teknik khusus untuk menanam…

9 Manfaat Buah Grapefruit untuk Kesehatan

Manfaat Buah Grapefruit - Grapefruit adalah salah satu buah buahan tropis kategori buah citrus yang…

8 Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

Mentega memiliki 8 manfaat bagi kesehatan, dari memperkuat tulang dan sendi hingga mencegah kanker.